Sisi Terang
Sisi Terang

12 Kiat untuk Mengatasi Berbagai Masalah Mengganggu yang Kita Hadapi Setiap Hari

Kalau suatu saat kamu mengalami masalah kuku patah yang mengganggu, cobalah trik kami untuk menambalnya lagi cuma dengan memakai kantong teh celup dan cat kuku transparan. Atau cobalah tips kami untuk menghentikan cegukan, ketika kamu tidak berhasil mengatasinya, meskipun sudah berusaha keras. Berbagai masalah sehari-hari ini bisa berdampak kepada kita, tapi jangan khawatir, kami punya jalan keluarnya!

Untuk membantu mengatasi berbagai masalah keseharian, Sisi Terang telah mengumpulkan sejumlah tips penting. Tips-tips ini menawarkan solusi genius bagi masalah mengganggu di semua sektor kehidupanmu, dari kesehatan dan kecantikan sampai perawatan dan kebersihan rumah.

1. Hentikan kejutan listrik statis yang mengganggu dan terkadang menyakitkan.

Kita semua mengalami kejutan statis ini dari waktu ke waktu, seperti ketika sedang meraih kenop pintu atau mungkin menjabat tangan seseorang. Kejutan statis ini bisa disebabkan oleh pakaian yang kita kenakan, karena kejutan itu sering terjadi karena friksi kain.

Untuk mencegah kejutan statis ini, kamu bisa mencoba berganti alas kaki: alas kaki yang bergesekan dengan kain lain bisa menimbulkan muatan listrik statis sepanjang harimu, yang menyebabkan terjadinya kejutan listrik. Cobalah juga untuk memakai lebih sedikit bahan-bahan sintetis dan kurangi lapisan, karena bisa menyebabkan kejutan yang tidak nyaman.

2. Julurkan lidahmu untuk menghentikan cegukan tak terkendali.

Cegukan bisa membuat malu dan menyebalkan, terutama kalau terjadi pada waktu yang tidak semestinya. Cegukan disebabkan oleh otot diafragma yang berkontraksi di luar ritmenya. Diafragma bertanggung jawab untuk mengendalikan ritme napas kita.

Guna menghentikan cegukan, disarankan untuk menjulurkan lidahmu sejauh mungkin. Ini bisa membantu menghentikan cegukan dengan menarik saraf di antara lidah dengan diafragma, yang akan meredakan kejang otot diafragma yang menimbulkan cegukan.

3. Memperbaiki kuku patah secara ajaib dengan memakai kantong teh celup.

Jika kukumu patah atau terbelah, kamu bisa memperbaikinya di rumah dengan trik DIY ini. Yang kamu butuhkan cuma kantong teh celup, yang akan memperkuat dan menutup retakannya.

Cukup bersihkan cat kukunya dan oleskan lapisan dasar sebelum memotong kantong segi empat untuk menutup kukumu. Oleskan satu lapisan dasar di atas kantong dan biarkan kering sebelum mengikir untuk membentuknya dan mengoleskan lapisan dasar kedua untuk benar-benar membuatnya kuat. Akhirnya, oleskan cat kukumu di atasnya untuk merestorasi total manikurnya!

4. Tangani penipisan rambut dengan mengonsumsi lebih banyak zat besi dan zinc.

Mengalami penipisan rambut selama hidup adalah wajar, terutama saat kita sudah berumur. Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut serta mengurangi dampak penipisan, peran pola makanmu sangat penting. Khususnya, mengonsumsi lebih banyak zinc dan zat besi dalam dietmu akan menutrisi folikel rambutmu, yang menjaga kesehatan rambut.

Cobalah konsumsi makanan yang tinggi kandungan zinc dan zat besi, seperti daging, polong-polongan, kacang-kacangan, biji utuh, dan kerang-kerangan untuk membantu menutrisi rambutmu.

5. Makan lebih banyak kacang akan membantumu tidur lebih nyenyak.

Tidak mampu tidur malam yang nyenyak setelah hari yang melelahkan tentu membuat kita putus asa. Untuk membantumu tidur lebih nyenyak di penghujung hari, cobalah makan lebih banyak kacang sepanjang hari. Kacang-kacangan seperti almon sangat pas karena mengandung melatonin kimia yang muncul secara alami.

Melatonin bertanggung jawab mengatur jam biologismu untuk bangun atau tidur, hormon yang sangat penting untuk tidur malam yang nyenyak. Almon juga mengandung kadar magnesium tinggi, yang dikaitkan dengan kualitas tidur karena khasiat antiradangnya.

6. Sesap air hangat dengan lada merah untuk mengurangi perut kembung.

Kita semua pernah merasa tidak nyaman karena makan lebih banyak daripada yang semestinya, terutama ketika liburan. Kalau kamu merasa kembung, cobalah minum air hangat dengan lada merah untuk mengurangi ketidaknyamanannya.

Karena senyawa bernama kapsaisin yang terkandung dalam cabai, cara ini bisa meningkatkan enzim pencernaan di dalam lambungmu. Karena itu ramuan ini bisa menjadi solusi tepat untuk menghentikan kembung karena kebanyakan makan dengan cepat.

7. Mengurangi kelelahan dengan menurunkan karbohidrat dari dietmu.

Kita semua pasti pernah merasa lesu, meski berapa pun banyaknya kopi yang kita minum dan tetap saja terasa capek. Untuk mengurangi kelelahan, pola makan sehat menjadi kunci dalam hal menstabilkan level energimu.

Misalnya, mengonsumsi lebih sedikit makanan yang kaya karbohidrat, seperti pasta dan piza, bisa meningkatkan flora usus dan membantu usus besarmu memproduksi lebih banyak vitamin B penting. Ini bisa mengurangi kelelahan yang kamu alami dan membantumu melanjutkan aktivitas hari itu.

8. Setelah mengecat kuku, langsung celupkan ke dalam air untuk mengeringkannya.

Mengotori kuku setelah mengecatnya sangatlah menyebalkan, karena sekeras apa pun kamu mencoba menghindarinya, hal itu tetap akan terjadi. Trik berguna ini akan membantumu mengeringkan kukumu tanpa repot, sambil membersihkan jarimu dari cat yang berlebih.

Cukup benamkan jari-jarimu ke dalam air dingin selama 3 menit setelah mengoleskan cat kuku. Ini akan membantu cat mengeras bebas noda, sehingga memungkinkan kamu melanjutkan aktivitasmu hari itu.

9. Menghilangkan lalat buah yang mengganggu dari rumahmu dengan cuka apel.

Trik praktis ini akan menghilangkan gangguan lalat buah dari rumahmu, yang tertarik kepada buah masak dan busuk, juga produk-produk fermentasi dari dapurmu.

Karena lalat buah betina bertelur sampai 500 butir, yang menetas dalam waktu 24 jam, bisa jadi sulit menyingkirkannya. Cukup jebak lalat buah dengan stoples atau gelas berisi cuka apel, tutup bagian atasnya dengan plastik pembungkus yang berlubang-lubang, dan jebak lalat buah ke dalamnya.

10. Mencegah jendela kamar mandimu berkabut setelah mandi air hangat.

Untuk mencegah berkabutnya kembali cermin kamar mandimu setelah mandi air panas, cobalah tips mengejutkan yang berguna ini. Yang harus kamu lakukan cuma mengoleskan sedikit wax mobil biasa pada cermin dan biarkan kering. Begitu kering, laplah dengan kain kering agar berkilau. Kamu bisa mengulangi ini sesering yang kamu inginkan, ketika lapisannya tampak sudah memudar.

11. Mengharumkan rumahmu secara alami hanya dengan memakai oven dan vanila.

Entah itu teman-temanmu yang sedang berkunjung atau adanya bau yang tertinggal, kiat ini memastikan rumah tetap harum dan segar. Cari wadah tahan panas (keramik, terakota, dan kaca adalah pilihan terbaik) dan isi dengan 2 sendok makan ekstrak vanila. Letakkan di rak tengah oven dan panaskan selama 20 menit pada suhu 150 ºC.

Rumahmu akan dipenuhi aroma manis, dan kalau terlalu kuat, kamu bisa mengalirkannya keluar dengan membuka jendela.

12. Hilangkan komedo dengan scrub wajah alami.

Komedo adalah noda wajah umum yang seringnya disebabkan oleh kumpulan kotoran dalam pori-pori terbuka. Untuk membantumu membersihkan wajah secara tuntas, cobalah scrub wajah alami ini dengan sebuah pisang (dihancurkan), 2 sendok makan oat (dihaluskan), dan 1 sendok makan madu.

Campur bahan-bahan jadi satu dalam mangkuk sebelum menggosok wajahmu dengan gerakan memutar memakai campuran itu. Biarkan 5-7 menit agar meresap, lalu cuci dengan air hangat. Untuk menyelesaikannya, gunakan pelembap wajah guna menutup pori-pori yang telah terbuka dalam proses itu.

Adakah kiat-kiat bagus lainnya untuk mengatasi masalah keseharian yang mengganggumu serta membuat hidup lebih mudah? Apa kamu punya trik andalan atau mungkin kamu punya trik-trik alternatif untuk mengatasi masalah ini? Kalau ada, tolong bagikan kepada kami, ya!

Kredit foto pratinjau remy2424 / Reddit
Sisi Terang/Tips & trik/12 Kiat untuk Mengatasi Berbagai Masalah Mengganggu yang Kita Hadapi Setiap Hari
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya