Sisi Terang
Sisi Terang

14 Fakta seputar Benda Sehari-hari yang Aneh tapi Nyata

Rasanya kita selalu haus akan kiat-kiat, kebiasaan, dan tips kehidupan. Kita bisa saja menemukan fakta tentang benda yang kita pakai sehari-hari, dan tiba-tiba semuanya mulai masuk akal. Benda-benda biasa yang kita miliki di dapur, garasi, atau kantor memiliki cerita tak terduga, lengkap dengan fakta-fakta menarik yang tidak kita ketahui.

Kami di Ssi Terang memutuskan untuk memberikan sedikit pencerahan tentang beberapa fakta menarik dan juga menyiapkan sederet kegunaan pintar dari berbagai benda sehari-hari yang bisa lebih mempermudah hidupmu.

1. Makan makanan mentah bikin berat badan cenderung turun. Tapi kalau dimakan matang, berat badanmu cenderung naik.

Ada perbedaan kalori antara makanan yang dimasak dan makanan mentah. Berdasarkan penelitian, makanan yang sudah dimasak mengandung lebih banyak kalori daripada makanan mentah. Ini bisa dijelaskan oleh fakta bahwa makanan matang telah terurai lebih dulu sehingga memudahkan tubuh menyerap nutrisinya. Di sisi lain, tubuh membakar beberapa kalori ketika menyerap makanan mentah, karena prosesnya berlangsung lebih lama.

2. Seharusnya kamu mengguncang biji popcorn melalui lubang kecil.

Akui saja, menemukan biji jagung yang belum jadi popcorn di bagian bawah kantong popcorn yang dimasukkan ke microwave itu benar-benar menyebalkan. Namun, ada cara mudah untuk mencegahnya—yang harus kamu lakukan cuma membuka sedikit kantong popcorn yang sudah di-microwave, lalu kocok di atas mangkuk untuk memisahkan biji jagung mentah dari popcorn yang sudah jadi.

3. Kamu bisa menaruh sepatu dalam mesin pengering dengan menggantung memakai talinya.

Sepatu juga bisa dikeringkan dalam mesin pengering tanpa menjadi rusak atau menimbulkan bunyi yang mengganggu. Solusinya mudah dan cukup praktis: gantung sepatu menggunakan talinya di dalam mesin dengan menjepit tali sepatu ketika menutup pintu mesin pengering. Nyalakan mesin dan tunggu sepatumu kering.

4. Lubang tambahan pada sepatu lari dinamakan “heel lock” dan ini membantu mencegah lecet.

Sepatu lari profesional memiliki lubang tambahan di bagian atas, dan lubang ini disebut “heel lock”. Untuk mengikat sepatu dengan heel lock, masukkan tali ke lubang tambahan pada sisi yang sama dengan lubang sebelumnya, sehingga terbentuk simpul. Ini adalah teknik yang efektif untuk mencegah tumitmu naik turun bergesekan di bagian belakang sepatu dan membuat telapak kakimu tetap “terkunci”.

5. Mesin cuci piring memiliki filter yang seharusnya kamu bersihkan sebulan sekali.

Jika kamu mulai melihat bekas makanan masih menempel pada peralatan makan yang keluar dari mesin cuci piring, kemungkinan sudah waktunya membersihkan filtermu. Kamu harus melepas dan membersihkan filter itu dengan lembut menggunakan air hangat, dan jangan lupa bersihkan kotoran di area di dekat filter. Lebih baik susun jadwal untuk membersihkan filtermu supaya piringmu bersih sempurna.

6. Sayuran beku bisa lebih sehat daripada sayuran segar.

Sayuran beku cukup sehat dan kadang-kadang bahkan bisa lebih baik daripada yang segar. Alasan di balik ini adalah sayuran yang khusus diproduksi untuk “dibekukan” dipetik saat nilai kesegaran dan nutrisinya sedang optimal. Lalu, sayuran ini dimasak dengan cara yang mengawetkan nilai nutrisinya, membunuh bakteri dan mencegah pembusukan, semuanya dilakukan sebelum membekukannya, kata ahli gizi.

7. Jika kopimu terlalu pahit, tambahkan sedikit garam sebagai solusinya.

Menambahkan garam ke dalam kopi mungkin terkesan aneh, tapi garam lebih bisa mengurangi rasa pahit ketimbang susu atau bahkan gula. Menurut ahli sains makanan, “Untuk tiap satu cangkir air dan 2 sendok teh kopi giling, kamu harus menambahkan setengah sendok teh garam untuk menetralkan rasa pahit kopi.”

8. Kamu bisa memakai mug untuk menambah volume ponsel.

Jika kamu tak punya speaker Bluetooth atau tak ingin memakainya, ada cara untuk membuat suara ponselmu sedikit lebih keras. Cukup taruh ponselmu di dalam gelas atau mug. Teknik ini sangat sederhana dan efektif—hanya saja, pastikan mugmu kosong tanpa cairan apa pun di dalamnya.

9. Memakai microwave lebih membantu mengawetkan nilai nutrisi makananmu daripada metode memasak lainnya.

Tidak mengejutkan bahwa microwave sangat membantu kehidupan kita, tapi banyak orang masih sangat skeptis tentang penggunaannya karena kita telah mendengar betapa berbahayanya microwave bagi kesehatan. Akan tetapi, telah dibuktikan bahwa microwave lebih baik untuk mempertahankan vitamin dan berbagai nutrisi lain pada makanan. Itu karena metode memasak terbaik adalah yang memasak dengan cepat, memanaskan makanan dalam waktu paling singkat, dan memakai sesedikit mungkin cairan.

10. Tutup bolpoin berlubang di bagian atas untuk mencegah tersedak jika sampai tertelan.

Lubang di atas tutup bolpoin bukan fitur yang didesain sembarangan, lubang itu sebenarnya ada untuk mengurangi risiko sesak napas jika bolpoin tidak sengaja tertelan. Jadi, meskipun tutup bolpoin tidak sengaja memasuki tenggorokanmu, kamu masih bisa tetap bernapas melalui lubang kecil di tutup itu. Ini adalah cara mengatasi kecerobohan manusia yang inovatif dan menakjubkan.

11. Tanda panah kecil memberi tahu kamu di sisi mana lokasi tutup tangki bahan bakar.

Mungkin kamu sudah tahu di sisi mana lokasi tutup tangki bahan bakar mobilmu, tapi semuanya bisa jadi membingungkan jika kamu memakai mobil lain. Dalam kasus ini, cukup periksa indikator bahan bakar, karena kamu akan menemukan anak panah yang menunjuk ke sisi letak tutup tangki bahan bakar berada. Solusi ini dibuat di tahun 1986 oleh desainer trim interior Ford, Jim Moylan, yang pernah merasa putus asa kebingungan mencari letak tutup tangki bahan bakar ketika mengendarai mobil perusahaan.

12. Jika memesan makanan takeout, kamu bisa membuka kemasannya dan menjadikannya sebagai piring.

Ketika memesan makanan untuk dibawa pulang, biasanya kita lebih suka makan dari kotaknya, daripada mencari piring saji. Kotak kemasan makanan seperti dalam gambar bisa menyelesaikan masalah ini dalam sekejap, karena kamu bisa membuat ’piring’ dengan membuka sisi kotak takeout ke bawah, dan ’piring’ pun siap dipakai.

13. Gelas Starbucks sebenarnya didesain untuk ditaruh di atas tutupnya guna mencegah noda mengganggu di meja.

Ada kiat hebat yang diungkapkan para pencinta Starbucks untuk mencegah munculnya lingkaran noda kopi lengket yang biasanya tertinggal di meja. Lepas tutup minumanmu dan pakai sebagai tatakan. Dengan cara itu, permukaan meja tetap bersih tanpa noda ketika kamu menikmati minuman.

14. Lubang di dalam sendok pastamu dimaksudkan untuk menakar satu porsi spageti.

Bagi pencinta pasta, ada cara mudah untuk mengetahui seperti apa tampilan satu porsi spageti. Alih-alih memasak spageti terlalu banyak atau kurang, kamu bisa mengambil sendok pasta yang berlubang di tengahnya untuk membantumu mengatasi masalah itu. Yang harus kamu lakukan cuma memasukkan segenggam spageti kering melalui lubang tersebut untuk menakar satu porsi spagetimu.

Adakah kiat menarik lain yang bisa kita gunakan dan bisa kamu tambahkan ke dalam daftar ini? Kami ingin mendengarnya!

Sisi Terang/Tips & trik/14 Fakta seputar Benda Sehari-hari yang Aneh tapi Nyata
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya