Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

14 Kiat Bersih-Bersih Rumah yang Tidak Diketahui Cinderella

Orang bilang, penyebab rumah berantakan bukanlah lemari yang tidak tertata, melainkan isi kepala kita sendiri. Meski begitu, rumah yang berantakan memang bisa memengaruhi suasana hati kita dan bahkan menyebabkan stres. Akan tetapi, kamu tidak butuh waktu seharian atau bahkan berjam-jam untuk membersihkan rumah.

Kali ini, Sisi Terang mempelajari trik-trik apa yang bisa membantumu menjaga rumah tetap bersih tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu dan uang. Daftar yang kami buat bukan cuma berisi barang berguna yang wajib kamu miliki, tapi juga sejumlah cara pintar untuk menata ruangan di rumahmu.

1. Tempat menggantung alat makan dari magnet

Tempat penyimpanan berupa magnet untuk peralatan dapur lebih higienis dibandingkan dengan yang terbuat dari kayu. Penyebabnya, tempat penyimpanan dari kayu akan menyerap kelembapan sehingga menciptakan lingkungan yang cocok bagi bakteri untuk berkembang biak. Kamu bisa menggunakan strip magnet yang bisa dipasang di mana saja, baik di atas wastafel ataupun di atas meja. Ruang yang kamu butuhkan untuk menyimpan peralatan dapur pun jadi berkurang dan membuat dapurmu terlihat lebih rapi.

2. Pot untuk menyimpan peralatan dapur

Bukan cuma untuk menaruh bunga, pot juga bisa digunakan untuk mempercantik dapurmu. Buah yang ditaruh di dalam pot yang terbuat dari kawat logam akan terlihat lebih menarik, sementara tempat penyimpanan berbentuk pot bunga sangat cocok untuk menyimpan alat makan atau spons cuci piring. Dapurmu pun dijamin tidak terlihat berantakan lagi.

3. Kait kamar mandi untuk digunakan selain di kamar mandi

Kait-kait seperti ini punya lebih banyak fungsi daripada yang kamu pikirkan. Kamu bisa memasangnya di lemari untuk menggantung dasi, syal, ikat pinggang, atau tas. Jika digantung di dapur, kamu bisa mengubahnya menjadi tempat gantungan panci atau kain lap. Kait seperti ini juga mudah diganti sehingga dapat menambahkan aksen baru yang unik ke interior rumahmu.

4. Tempat penyimpanan mungil untuk barang-barang kecil di setiap ruangan

Kartu nama, selebaran berisi kode promo dari toko favoritmu, ikat rambut, daftar belanjaan, dan barang kecil lainnya bisa membuat ruanganmu super berantakan. Mengembalikannya ke tempat asal setiap kali habis dipakai pun memakan banyak energi, tapi ada cara simpel untuk menyelesaikan masalah ini. Taruh wadah kecil atau kotak indah di tiap kamar dan simpan semua barang kecil tersebut di dalamnya.

5. “Aturan 5 barang”

Kalau kamu tinggal di rumah yang kecil atau kalau kamu tidak suka melihat kotak dan laci di mana-mana, terapkanlah “aturan 5 barang”. Setiap harinya, cari barang-barang yang tidak pada tempatnya di rumahmu dan letakkan di tempat yang semestinya. Sebagai contoh, taruh sepatumu di rak sepatu dan buku di rak buku. Melakukannya setiap hari hanya butuh beberapa menit. Dalam sekejap, rumahmu akan tertata rapi dan seluruh interior rumahmu terlihat lebih baik.

6. Menyimpan alat pembersih di ruangan yang berbeda-beda

Kalau kamu menyimpan alat bersih-bersih di tempat alat ini akan digunakan, peluang menjaga rumahmu tetap bersih dan rapi akan jauh lebih besar. Dengan begini, kamu tidak perlu terburu-buru ke ruangan lain untuk mengambil deterjen saat mau mencuci baju atau untuk membersihkan noda yang tidak sengaja tertumpah di sofa, karena semua barang yang kamu butuhkan ada di ruangan yang sama.

Simpan zat pembersih untuk kompor di dapur, sampo untuk membersihkan karpet di ruang keluarga, dan tisu untuk membersihkan layar di ruangan tempat kamu menaruh komputer. Yang penting, carilah sudut yang nyaman dan wadah yang terlihat indah untuk menyimpannya, sehingga keberadaannya tidak merusak pemandangan.

7. Menyimpan perhiasan di wadah kerajinan atau kotak obat

Menyimpan perhiasan dalam posisi digantung memang lebih mudah, tapi perhiasanmu bisa lebih cepat berdebu. Untuk mencegahnya, kamu bisa menyimpannya di dalam wadah alat kerajinan yang biasanya dijual di toko dekat rumah. Kamu bisa menaruh anting di wadah yang kecil dan gelang manik-manik di wadah yang lebih besar.

8. Meja putar atau tatakan bertingkat untuk menyimpan bumbu

Kotak berisi bumbu atau vitamin bisa ditaruh di tatakan kecil atau di atas meja putar. Keduanya akan menghemat ruang karena kamu menyimpan semua yang diperlukan di satu tempat. Perlu diingat, lemari sudut di dapur adalah tempat yang tepat untuk tatakan dan meja putar seperti ini.

9. Lampu di lemari

Kesulitan mencari baju yang mau kamu pakai? Semua bisa dipecahkan dengan memasang lampu tersembunyi di bagian dalam langit-langit lemari. Lampu ini bisa diatur agar hanya menyala saat pintu dibuka atau dengan menggunakan sakelar. Saat lampu menyala, kamu akan lebih mudah memilih pakaian yang tepat dan bisa memilah pakaian yang sudah lama tidak dipakai.

10. Menyatukan tempat mengecas ponsel, tempat menyimpan kosmetik, dan barang lainnya di meja samping kasur

Kamu tidak perlu repot-repot membongkar laci jika kamu telah mengatur ulang penataannya sebagai berikut. Taruh kertas warna-warni di bagian bawah lacimu dan atur tiap lacinya: kamu bisa menyimpan barang elektronik di satu tempat dan barang kosmetik atau buku catatan di tempat lainnya.

11. Melipat taplak dan handuk secara vertikal untuk menghemat ruang

Kalau kamu punya banyak sekali taplak meja dan handuk sampai hampir tidak muat di lemari, kamu bisa melipatnya secara vertikal, mengikuti Metode KonMari. Taplak dan handukmu akan jauh lebih sedikit memakan ruang jika dilipat seperti ini, dan kamu lebih mudah mencari handuk atau taplak yang kamu butuhkan karena tidak perlu membongkar seluruh isi lemari.

12. Menghemat waktu dengan nampan sepatu, terutama saat cuaca buruk

Agar tidak perlu mengepel lantai setiap kali kamu masuk rumah, taruh saja nampan sepatu di dekat pintu. Cukup taruh sepatumu di nampan ini saat masuk rumah setelah menembus hujan. Airnya akan mengalir ke nampan dan kebersihan lantaimu tetap terjaga. Selain itu, kalau kamu menaruh beberapa kerikil di dalamnya, sepatumu akan selalu kering.

13. Keranjang atau kotak untuk menyimpan sandal

Kamu tidak perlu repot-repot mencarikan sandal untuk tamu kalau punya wadah sandal spesial di pintu depan. Bukan cuma membuat rumahmu lebih rapi, wadah seperti ini juga menambahkan aksen yang indah dan nyaman ke interior rumah.

14. Menyimpan sarung tangan di dalam tas kain

Sarung tangan dan barang kecil tapi penting lainnya selalu hilang dalam lautan pakaian dan aksesori lain di lemari! Kamu bisa meminimalkan kejadian seperti ini dengan menggunakan tas belanja dari kain. Pasanglah tas ini menggunakan kait di belakang pintu lemari atau di hanger.

Trik apa saja yang kamu punya agar rumahmu tetap rapi?

Kredit foto pratinjau depositphotos, depositphotos
Bagikan Artikel Ini