15 Kiat yang Bisa Kamu Pakai untuk Akhirnya Membuat Taman Impian Sendiri

Terkadang, merawat taman bisa menyenangkan, bisa pula bikin pusing. Sering kali, kita harus banyak coba-coba sampai menemukan cara yang tepat dan akhirnya mewujudkan taman yang kita impi-impikan. Tapi sebenarnya, ada banyak tips dan trik keren yang bisa kita pelajari dari orang lain yang juga gemar merawat taman — sebagai contoh, apa kamu ingin kucing tetangga berhenti memakai tamanmu sebagai kotak kotoran pribadinya atau kamu ingin tamanmu terasa lebih besar? Kalau itu yang kamu cari, silakan baca terus artikel ini.

Ada 15 trik merawat taman dengan pintar yang tim Sisi Terang sudah temukan dan bagi menjadi dua bagian — yang pertama adalah trik yang akan menjaga kesuburan tanamanmu dan satu lagi yang akan membantumu memperindah desain tamanmu.

Pertama, pastikan tanamanmu tumbuh bahagia.

1. Rendam benihmu di air hangat sebelum disemai.

Momen ketika benihmu mulai tumbuh menjadi bibit disebut germinasi. Dengan merendamnya semalaman, benihmu akan tumbuh lebih cepat, sehingga seluruh proses pertumbuhannya berjalan makin cepat.

2. Gunakan starter bibit.

Dengan memulai pertumbuhan pertama kecambah di dalam ruangan, kamu bisa memulai proses pertumbuhan dengan lebih cepat dibanding dengan penyemaian langsung. Jumlah jenis tanaman yang tidak bisa dipindahkan dari wadah ke tanah hanya sedikit sekali. Kami sarankan, kamu memakai wadah starter organik, seperti contong es krim atau kulit telur karena bisa langsung ditaruh di tanah dan akhirnya terurai. Kamu juga bisa membuat pot dari kertas karena kertasnya bisa dengan mudah dikelupas sebelum kecambah ditanam di luar.

3. Jaga kesehatan kecambahmu dengan rumah kaca mini.

Kamu bisa dengan mudah membuat rumah kaca miniatur dengan memotong bagian bawah wadah plastik apa pun. Wadah ini memberi lingkungan yang hangat dan nyaman bagi tanamanmu untuk mulai tumbuh dan terlindung dari kondisi lingkungan yang keras.

4. Jauhkan kucing dari tanaman kesayanganmu dengan trik yang simpel dan aman ini.

Sayangnya, terkadang, kucing tetangga melihat taman hijaumu yang indah sebagai kotak kotoran raksasa pribadinya. Kami jamin tamanmu akan kurang menarik bagi si kucing kalau kamu memasukkan garpu-garpu plastik ke dalam tanah. Hewan berbulu itu akan segera paham bahwa tamanmu bukanlah tempat yang ramah kucing dan kamu bisa mencabut garpu-garpu ini lagi setelah selesai “melatih” si kucing untuk tidak datang lagi.

5. Kamu tidak perlu membeli tanaman mahal.

Kalau penghalang utamamu mulai merawat taman adalah aspek finansial, kami punya kabar baik! Ada banyak tanaman yang bisa kamu tanam dengan menggunakan biji dari buah dan sayuran yang sehari-hari kamu makan. Silakan tonton video ini untuk melihat apa saja yang bisa kamu pakai.

6. Tingkatkan jumlah nutrisi!

Cangkang telur bukan hanya baik untuk dipakai sebagai starter benih, tapi juga kaya akan nutrisi, dengan kata lain, juga bagus untuk pupuk. Jadi, saat kamu makan telur dadar besok pagi, pastikan simpan cangkangnya untuk tanaman kesayanganmu.

7. Kopi dan limau gedang bisa mengusir siput dan bekicot.

Siput adalah musuh alami tumbuhan. Kopi dan limau gedang adalah contoh solusi alami yang bisa kamu pakai untuk mengusir mereka tanpa merusak tanamanmu sendiri.

8. Gunakan pagar miring untuk tempat menumbuhkan labu lalu “tangkap” buahnya memakai tempat tidur gantung dari stoking.

Labu tumbuh di atas tanah, sehingga pastinya bisa memperindah tamanmu. Satu-satunya masalah labu adalah kalau tanahnya terlalu lembap, labumu bisa membusuk sebelum masa panen. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan pagar miring seperti gambar di atas. Apa yang harus kamu lakukan jika labumu sudah terlalu berat? Kalau begitu, kamu bisa membuat tempat tidur gantung kecil untuk menopangnya.

Nah, saatnya berpikir kreatif untuk desain tamanmu.

9. Rencanakan jauh-jauh.

Tanaman punya musimnya masing-masing. Pikirkan baik-baik dulu jenis tanaman apa yang bisa kamu tanam di tamanmu agar indah di segala musim.

10. Buat seluruh anggota keluarga ikut senang.

Punya taman yang juga bisa dinikmati seluruh anggota keluarga tentu menjadi impian kita semua. Kalau kamu punya anak yang masih kecil, mungkin akan sangat seru kalau mereka dibuatkan tempat kecil sendiri di taman. Variasinya ada banyak, mulai dari area bermain kecil di tanah sampai rumah pohon keren.

11. Sesuaikan furnitur tamanmu dengan tanaman yang ada.

Taman yang indah bukan cuma terdiri dari tanaman indah. Pemilihan kursi dan meja yang tepat juga akan menjadikan tamanmu tempat yang menarik untuk bersantai dari pagi sampai sore.

12. Kreatiflah dalam memanfaatkan ruang yang ada.

Kalau area tamanmu agak kecil, kamu mungkin harus berpikir keras tentang cara memanfaatkan ruang yang ada sebijak mungkin. Ada beberapa teknik desain cerdik yang bisa kamu gabungkan untuk memanfaatkan setiap ruang kecil semaksimal mungkin. Misalnya, gunakanlah ruang vertikal atau beli pot gantung.

13. Pasang cermin agar tamanmu terlihat lebih besar.

Trik pintar lain agar tamanmu terlihat lebih besar adalah dengan memasang cermin di dekatnya. Cermin akan membantu memantulkan cahaya ke sudut-sudut gelap dan memberikan ilusi yang membuat tamanmu terlihat lebih luas. Di Internet, kamu bisa mencari beragam jenis cermin yang khusus dibuat untuk luar ruangan, jadi, kamu tidak perlu khawatir cerminnya berkarat.

14. Daun pinus dan jamur bisa mengubah warna hortensiamu.

Warna hortensia di taman bukanlah hasil dari berbagai pigmen berbeda, seperti halnya bunga lain. Warna hortensia tergantung pada tingkat pH tanah. Kalau tanahnya asam, hortensia akan membiru, dan kalau tanahnya basa, warnanya menjadi pink. Dengan begini, daun pinus akan membuat bunga menjadi biru, sementara kompos jamur akan mengubah warna bunga menjadi pink.

15. Makin simpel, makin berkesan.

Begitu tanaman pertamamu mulai tumbuh subur, kamu bisa terbawa suasana dan terlalu bersemangat untuk menambah jumlah tanaman yang mau kamu tanam. Jangan lupa, semua tanaman yang ada di sana membutuhkan perawatan jangka panjang yang sama. Dengan begitu, terkadang, punya jumlah tanaman yang lebih sedikit adalah cara yang lebih baik dan lebih mudah agar kerapian tamanmu terus terjaga sepanjang tahun.

Selamat merawat taman! Tips mana yang paling kamu suka? Apa kamu juga punya tips-tips merawat taman yang ingin dibagikan kepada kami? Tulis di bawah, ya!

Bagikan Artikel Ini