15 Tanaman yang secara Alami Bisa Mengusir Nyamuk dan Serangga

Lupakan pengusir serangga beracun yang bisa membahayakan kesehatan keluargamu. Kami menemukan berbagai tanaman dan bunga yang bukan hanya membersihkan udara dan membantumu tertidur, tapi juga bisa mengusir serangga dan nyamuk dari rumahmu. Sebagian di antaranya beraroma tajam, dan yang lain mengandung senyawa kimia yang hanya bisa dicium oleh serangga, tapi semuanya indah dan bisa menjadi hiasan sekaligus bermanfaat bagi kita.

Sisi Terang menyelidiki tanaman apa saja yang bisa digunakan sebagai pengusir serangga, sehingga bisa kamu tambahkan ke dalam daftar belanja berikutnya.

1. Seruni

Chrysanthemum seruni, serunai, aster atau krisan bukan hanya berbunga indah, tapi juga berfungsi sebagai pengusir serangga yang ampuh. Tanaman ini menghasilkan zat bernama piretrin, yang tidak disukai serangga. Kamu bisa menanam bunga serunimu di dekat tanaman lain sebagai pengendali hama, atau memetik bunganya, memasukkannya ke dalam air panas, untuk dipercikkan pada pakaian atau permukaan guna mengusir nyamuk.

2. Mint

Mint sering dipakai untuk tujuan kuliner, tapi bisa juga mendatangkan keajaiban dalam mencegah semut memasuki rumahmu. Cukup percikkan sedikit mint kapan saja kamu temukan semut dan lihat mereka menjauh. Aroma kuat yang dilepaskan tanaman ini akan mengusir serangga yang tidak diinginkan. Minyak esensial peppermint juga bisa dipakai.

3. Lavender

Lavender mengandung senyawa bernama linalool yang sangat dikenal sebagai insektisida bagi pinjal, lalat buah, dan kecoak. Kamu bisa mengambil segenggam daun lavender, masukkan ke dalam botol semprot berisi air, dan semprotkan pada kulit serta perabotanmu.

4. Catnip

Meskipun kucing menyukai catnip, tapi nyamuk tidak. Tanaman ini mengeluarkan nepetalakton yang kekuatannya sangat efektif dalam mengusir nyamuk. Tinggalkan saja catnipmu di kebun atau di dalam rumahmu dan saksikan efeknya.

5. Bee balm

Bergamot, juga dikenal sebagai bee balm, monarda, atau horsemint, menarik burung kolibri dan lebah, tapi akarnya juga berperan penting sebagai pestisida. Akarnya mengandung timol, yang bisa menjauhkan hama bawah tanah.

6. Tanaman sage

Sage mengandung senyawa alami kariofillen yang bisa mengusir nyamuk dan serangga. Senyawa ini lebih aktif ketika panas, sehingga kamu bisa melemparkan beberapa cabang herba ini ke dalam api dan perhatikan serangga pergi.

7. Rosemary

Entah itu untuk memasak atau hiasan, punya tanaman rosemary di rumahmu selalu baik. Dan untuk mendapatkan manfaat lebih darinya, bunganya berkhasiat mengusir nyamuk yang mengganggumu. Cukup tambahkan secangkir rosemary kering ke dalam ~940 ml air, rebus sampai mendidih, dinginkan, dan masukkan campuran itu ke dalam botol semprotan. Kamu bisa menyemprotkannya langsung ke kulitmu atau hewan peliharaanmu.

8. Lemon balm

Lemon balm beraroma harum berkat senyawa sitronelal yang dikandungnya, dan serangga tidak begitu suka aroma ini. Hancurkan daunnya sehingga aromanya menjadi kuat, lalu gosokkan pada kulitmu untuk mengusir nyamuk dan serangga.

9. Tanaman borage

Kalau kamu menanam tomat atau kubis di kebun, tanaman borage atau bunga bintang bisa menjadi sahabat terbaikmu. Kamu bisa meletakkannya di dekat tanaman sayuran, karena bisa mengusir serangga dan ulat tanduk yang berbahaya.

10. Selasih

Aroma selasih begitu kuat sehingga bisa menjadikan mulutmu mengeluarkan air liur dan sekaligus mengusir serangga. Daunnya mengandung 4 senyawa pengusir, dan cukup kamu oleskan daunnya agar keluar aromanya. Letakkan sedikit selasih di ambang jendela untuk menghentikan nyamuk memasuki rumahmu.

11. Bunga marigold

Seperti seruni, marigold, bunga kenikir, atau tahi kotok ini juga mengandung piretrin dan bisa dipakai sebagai pengusir serangga. Blender segenggam bunga kenikir dengan air dan biarkan campuran itu selama 2 hari di tempat dingin dan gelap, dengan dikocok sekali-sekali. Setelah itu gunakan serbet untuk menyaring dan mendapatkan cairannya. Masukkan cairan itu ke dalam botol semprot dan siap digunakan.

12. Oregano

Kebanyakan kita punya oregano kering untuk ditambahkan ke dalam bumbu di rumah. Tapi memiliki tanaman yang sebenarnya juga bagus, karena serangga tidak suka aroma minyak herba ini. Tumbuk 4 sampai 5 cangkir daun oregano untuk mengeluarkan cairan tanaman itu. Setelah itu, masukkan cairan ke dalam wadah ditambah air, letakkan di area yang terkena sinar Matahari dan biarkan semalam. Tambahkan sabun cuci piring cair ke dalam campuran itu, saring dan masukkan air ke dalam botol semprot.

13. Wormwood

Jika kamu punya anjing atau kucing, wormwood adalah tanaman yang baik dimiliki. Tanaman ini terkenal sebagai pengendali pinjal alami dan kamu bisa menyemprotkan rendaman tanaman ini pada sahabat berbulu atau perabotmu. Tapi berhati-hati untuk tidak memakainya secara berlebihan sebab baunya bisa cukup tajam bagi hewan.

14. Tansy

Dengan bunga-bunga kuning cerah, tanaman tansy terkenal sebagai pengusir lalat. Kamu bisa menggosokkan daunnya pada kulitmu atau mengguncangkannya di udara dalam rumahmu. Suatu aroma akan dilepaskan dan lalat tidak akan masuk rumah.

15. Bunga floss

Bunga floss, atau Ageratum, sering dipakai dalam parfum, tapi juga dianjurkan sebagai pengusir nyamuk. Bunga ini mengandung senyawa yang disebut kumarin, dan kamu bisa menanamnya di kebun atau memasukkannya di dalam vas untuk mengusir serangga.

Berapa jenis tanaman yang kamu punya? Yang mana favoritmu?

Kredit foto pratinjau chefb0y_rd / reddit, Daito_02 / reddit
Bagikan Artikel Ini