Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Menyadari Ada yang Mengikuti di Belakang Mobilmu

Bukan hanya selebritas yang punya penguntit. Sayangnya, sekitar 15% wanita dan 6% pria di AS pernah diikuti seseorang setidaknya satu kali. Diikuti orang tak dikenal saat berkendara bisa membuat kita ketakutan setengah mati dan kita bisa dengan mudah mengambil langkah yang salah.

Sisi Terang telah mengumpulkan semua hal yang bisa kamu lakukan untuk melindungi dirimu dalam situasi yang mengerikan ini.

1. Pastikan kalau kamu diikuti.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan pastikan kamu tidak berpikir berlebihan. Ambil rute memutar yang tak mungkin orang lain juga melewatinya secara kebetulan. Misalnya, belok kanan empat kali sehingga kamu akan muncul di tempat yang sama. Atau, kalau kamu sedang berkendara di jalan tol, arahkan mobil ke pintu tol terdekat, tapi bukannya keluar, kamu segera kembali ke jalan tol.

Kamu juga bisa pindah ke jalur lambat. Mobil di belakangmu akan harus menyalipmu. Jika setelah melakukan semua ini mobil yang sama masih ada di belakangmu, kemungkinan besar kamu tidak mengada-ada, dan orang itu sedang menguntitmu.

2. Terus berkendara!

Pilihan paling aman untukmu adalah terus berkendara. Jangan coba-coba keluar dari mobil karena seseorang bisa menyerangmu. Pastikan untuk mengunci pintu dan menutup jendela—hanya butuh beberapa detik bagi seseorang untuk masuk ke mobil yang tak dikunci.

3. Jangan pulang ke rumah.

Ada kemungkinan orang yang mengikutimu tidak tahu banyak tentangmu. Kamu pasti tidak mau menunjukkan tempat tinggalmu kepada orang yang menguntitmu, jadi, tetaplah di jalan yang ramai.

Pilihan terbaiknya adalah menuju kantor polisi dan menunggu di mobil hingga polisi keluar dari gedung. Mereka akan mengawalmu masuk dengan aman.

4. Cobalah untuk melarikan diri.

Lebih mudah melarikan diri dari penguntit di jalan yang ramai dan banyak rambu berhenti. Cobalah berbelok mendadak karena si penguntit kemungkinan tidak bisa melanggar peraturan lalu lintas dan menarik perhatian pengendara lain.

Saat berhenti di lampu merah, bersiaplah untuk melakukan manuver menghindar. Jaga jarak dengan mobil di depanmu, agar kamu bisa cepat dan mudah berpindah jalur, lalu bersembunyi dari penguntitmu.

5. Jangan tunjukkan kalau kamu menyadari sedang diikuti.

Meskipun sulit untuk berpikir jernih, cobalah agar tidak memprovokasi si penguntit dan jangan tunjukkan kalau kamu tahu sedang diikuti. Jangan sering melihat ke kaca spion, teruslah bersikap dan berkendara seperti biasanya. Akan lebih baik jika mereka tidak berpikir tindakannya sudah ketahuan.

6. Bersiaplah untuk menghubungi polisi.

Tanpa menunjukkan kalau kamu memperhatikan mobil di belakangmu, cobalah untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin seperti penampilan si pengemudi, model mobil, pelat nomornya, lokasimu, kemudian hubungi polisi.

Apa kamu pernah diikuti seseorang saat berkendara? Menurutmu apa yang harus diingat dalam situasi seperti itu?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini