Sisi Terang
Sisi Terang

7 Bukti bahwa Gula Bisa Menjadi Andalan untuk Setiap Situasi

Kita semua tahu bahwa gula memiliki rasa yang enak. Namun, gula sebenarnya bahan yang serbaguna dan penggunaannya tidak terbatas di dapur saja. Mulai dari menambahkan rasa pada manisan dan minuman hingga digunakan untuk keperluan sehari-hari, karbohidrat manis ini memiliki cara tersendiri untuk bisa menonjol.

1. Mengurangi rasa sakit akibat gigitan serangga dan sengatan lebah

Gula dapat mengeluarkan racun dari gigitan serangga dan sengatan lebah. Cukup gosokkan gula pada bagian kulit yang gatal, lalu bilas setelah kurang lebih 5 menit. Ini dapat bantu memperlambat pembengkakan dan mencegah gatal.

2. Menghilangkan noda

Jika kamu baru saja memotong rumput dan terkena noda, kamu bisa menggunakan gula untuk menghilangkan noda tersebut dari pakaianmu. Campurkan air hangat dan gula hingga campuranya berbentuk seperti pasta. Lalu gosokkan pasta tersebut pada noda dan biarkan selama sekitar satu jam. Setelah itu, cuci dengan detergen.

Kamu juga bisa menghilangkan noda kopi dan teh dari cangkir dengan menggunakan trik ini. Cukup masukkan 1 sendok makan gula ke dalam cangkir, lalu ambil kain yang sudah dibasahi dengan air panas untuk menghilangkan noda pada cangkir. Cangkirmu akan kembali bersih dan bersinar seperti baru.

3. Menyingkirkan minyak di tangan

Tambahkan 1 sendok makan gula pasir ke dalam air sampai berbentuk seperti pasta yang dapat menghilangkan minyak dari tanganmu. Namun, sebelum mencuci tangan, gunakan sikat gigi untuk menghilangkan campuran tersebut dari tanganmu. Setelah itu, cuci tangan dengan sabun dan air.

  • Sabun cuci piring cair dan 2 sendok gula bekerja dengan sangat baik. Aku dulu sering menggigit kuku dan semua produk-produk pembersih yang dijual masih meninggalkan sisa di tangan meskipun sudah dibilas. Dan itu akan terasa di lidah dan aku tidak menyukainya sampai saat ini. — athwolf / reddit

4. Menghilangkan bau tidak sedap di tangan

Jika kamu baru saja selesai memotong bawang atau ikan mentah saat memasak makan malam, kamu tentu ingin menghilangkan bau tidak sedap yang menempel di tanganmu. Cukup taruh 1 sendok makan gula di tanganmu, basahi dengan 1 sendok makan sabun, dan gosok kedua tangan seperti saat kamu mencuci tangan. Setelah itu, bilas tanganmu dengan air dan kamu siap menyajikan makan malam!

5. Menghalau lebah

Lebah biasanya memiliki kecenderungan untuk datang dan mengganggu kita saat sedang piknik keluarga atau berada di luar ruangan. Kamu bisa membuat jebakan yang mencegah mereka mendekatimu dengan mengisi botol plastik dengan air dan menambahkan gula di dalamnya. Lalu, setelah membuat beberapa lubang di tutup botol, lebah akan mencium bau gula dan memilih untuk terbang ke arah botol.

6. Meringankan rasa sakit dari lidah yang terbakar

Gula bisa menjadi obat pereda nyeri yang bagus ketika kamu mengunyah sesuatu yang terlalu panas sehingga membuat lidahmu terbakar. Tuangkan sedikit gula ke lidah yang terbakar dan biarkan larut dengan sendirinya. Kamu mungkin akan merasakan sebuah keajaiban terjadi dalam seketika. Namun, jangan mengonsumsi terlalu banyak gula karena itu tidak baik untuk gigimu.

  • Jika lidahmu terbakar, segera konsumsi gula pasir. Gula akan mengurangi rasa panas di lidah dan lidahmu akan sembuh dengan sangat cepat. — fl_sunnygirl / reddit

7. Dapat mengurangi rasa sakit sebelum disuntik

Bayi yang berusia hingga 12 bulan dapat diberikan setengah sendok teh zat gula untuk mengurangi tangisan dan mencegah rasa sakit setelah imunisasi. Reaksi mereka mungkin tidak akan separah bayi yang tidak mengonsumsi gula. Namun, pastikan untuk memberi mereka sedikit gula 2 menit sebelum suntikan pertama, lalu beberapa tetes lagi setiap sebelum disuntik untuk mencegah kerusakan pada gigi kecil mereka.

Apakah kamu pernah menggunakan gula selain sebagai bumbu dapur? Kamu memakainya untuk apa?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com
Sisi Terang/Tips & trik/7 Bukti bahwa Gula Bisa Menjadi Andalan untuk Setiap Situasi
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya