7 Hal Tak Menyenangkan yang Tidak Disukai Banyak Tamu Tapi Jarang Dibahas

Antara aturan etika klasik dan aturan yang kita ikuti di bioskop, perpustakaan, restoran, dan di pesawat, ada banyak hal yang kita harus ingat setiap hari. Namun, kita sering kali melewatkan satu hal penting: aturan menerima tamu. Kita semua ingin tamu kita senang saat mereka berkunjung, tapi pada kenyataannya, kita sering kali membuat kesalahan sederhana yang mungkin mengecewakan tamu kita.

Hari ini, kami di Sisi Terang memutuskan untuk membahas kesalahan menjadi tuan rumah yang malah membuat orang tidak mau bertamu ke rumah kita. Dan setelah menganalisis pengalaman kami, kami telah belajar untuk tak mengulanginya lagi.

Tidak membersihkan perabot

Kamu mungkin setuju, sangat tidak menyenangkan rasanya saat kamu mengunjungi seseorang, duduk di sofa sambil menikmati segelas teh, lalu berdiri sejam kemudian dan mendapati pakaianmu ditutupi bulu. Kamu mungkin ada rencana untuk menemui orang lain setelahnya tapi tak bawa pakaian ganti.

Tentu saja, tak mudah menjaga rumah tetap bersih sambil memelihara hewan di rumah. Tapi, sebelum ada tamu yang mampir, lebih baik bersihkan semua permukaan perabotmu dengan sikat.

Tidak menanyakan pilihan minuman mereka

Sebagian dari kita minum teh tanpa gula, sebagian lagi ada yang suka kopi dengan krim, dan yang lainnya tidak minum yang hangat-hangat. Sangat aneh saat tamu yang berkunjung disuguhi minuman yang tidak mereka sukai. Mereka pun tak bisa menolak karena tak ingin bersikap tidak sopan. Untuk menghindari situasi seperti ini, lebih baik bertanya kepada tamumu apa yang ingin mereka minum.

Menawari makanan

Salah satu hal yang tak menyenangkan adalah saat tuan rumah bersikeras agar kamu menyantap makanan yang mereka tawarkan. Ketika kamu selesai makan, mereka menawarkanmu lebih banyak makanan dan bahkan memintamu membawa makanannya untuk dibawa pulang. Tapi tak semua orang punya selera dan kebiasaan diet serta jadwal makan yang sama. Penting sekali untuk mengingat jika satu hal dapat diterima oleh satu orang, tidak berarti semua orang juga seperti itu.

Tidak menjaga lantai tetap bersih

Ini sangat penting terutama jika anak-anak datang ke rumahmu. Anak-anak sering bermain di lantai, mereka merangkak dan berbaring di sana. Bisa jadi tak menyenangkan bagi ibu mereka saat menyadari pakaian anak mereka dipenuhi rambut dan kotoran. Jika anak kecil datang ke rumahmu, pastikan lantainya benar-benar bersih.

Tidak mengurus kamar mandi

Sangat tak menyenangkan saat kamu menyadari kalau kenop penyiram di toilet tidak berfungsi atau tidak ada cukup air untuk mencuci tanganmu. Atau mungkin tisu toiletnya habis! Sebagian orang akan setuju, kalau ini tidak menyenangkan. Itulah sebabnya kamu harus memberi tahu masalah apa pun yang ada di kamar mandi juga toilet, agar tidak membuat tamumu merasa tidak nyaman. Juga pastikan kamar mandinya bersih.

Meminta untuk membantumu memasak

Bayangkan kamu pergi ke tempat seseorang, kamu mulai mengobrol, dan mereka memintamu untuk... membersihkan ikan. Terdengar lucu memang, tapi hal seperti ini benar-benar terjadi. Dan tamu yang pulang belakangan mungkin juga diminta untuk membersihkan meja dan mencuci piring bersama si tuan rumah. Ini sama sekali tak sopan, jadi lebih baik untuk menghindari situasi seperti ini.

Menyimpan semua makanan yang diberikan tamu

Tidak sopan untuk datang berkunjung ke rumah seseorang tanpa membawa apa pun. Itulah sebabnya kita mampir untuk membeli kue terenak sebagai buah tangan buat si tuan rumah. Mereka akan berterima kasih atas kue yang kamu bawa dan menyimpannya di kulkas tanpa menawarkanmu barang sepotong pun! Memang takkan ada yang protes, karena kuenya merupakan hadiah. Tapi tentu saja, ada saatnya kamu sebagai tuan rumah sudah merencanakan menu makanan untuk disajikan dan buah tangan sang tamu justru akan mengacaukan kombinasinya. Kalau situasinya seperti ini, kamu perlu menjelaskan hal ini kepada tamumu.

Apa kamu pernah berada dalam situasi yang tidak nyaman sebagai tamu? Silakan ceritakan di kolom komentar di bawah!

Bagikan Artikel Ini