Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

7 Item Rumah Tangga Ini Bisa Diganti Dengan yang Lebih Keren dan Ramah Lingkungan

----
141

Di zaman sekarang, saat membeli produk, kita sering bertanya-tanya apakah kemasannya dapat didaur ulang, apakah item tersebut bisa digunakan lagi, dan yang paling penting, apakah benda ini memiliki alternatif yang lebih alami. Penting untuk memikirkan hal-hal tersebut, karena ternyata ada banyak benda yang biasa kita gunakan sehari-hari, yang bisa digantikan dengan item yang memiliki karakteristik yang sama, dan terkadang malah lebih bermanfaat.

Kami di Sisi Terang, tidak diragukan lagi, sangat mendukung pilihan yang ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan. Dan kini, kami telah menyiapkan artikel berisi daftar pengganti barang sehari-hari yang lebih ramah lingkungan.

1. Korek kuping yang dapat digunakan kembali sebagai pengganti korek kuping sekali pakai.

Alternatif pembersih telinga ini sama persis dengan yang sekali pakai, yang sering kita gunakan. Keunggulannya, satu batang bisa digunakan berkali-kali. Ujung korek kuping yang dapat digunakan kembali ini terbuat dari silikon kelas medis. Setelah digunakan, kamu hanya perlu mencucinya dengan sabun dan air, lalu korek kuping ini siap digunakan kembali. Tangkai silikonnya tidak bisa menyerap, misalnya, air dari lubang telinga seperti yang berbahan kapas, tetapi tetap bisa menjaga kebersihan telinga dengan baik.

2. Sedotan logam untuk minum sebagai pengganti sedotan sekali pakai.

Kita terbiasa menggunakan sedotan untuk minum di mana saja, seperti di kafe dan di rumah, karena praktis dan murah. Tetapi, sedotan jenis ini tidak ramah lingkungan. Sedotan logam anti karat yang dapat digunakan ulang bisa menjadi alternatif. Sedotan jenis ini akan awet dipakai selama bertahun-tahun dan membantu mengurangi limbah plastik.

3. Benang gigi dari bambu sebagai pengganti benang gigi biasa.

Tidak seperti benang gigi berbahan nilon atau Teflon, benang berbahan bambu dapat terurai. Benang ini mulai terurai setelah 60 hingga 90 hari. Untuk membuangnya, kamu hanya perlu membuat lubang kecil di tanah, lalu letakkan benang-benang bekas di dalamnya. Selain itu, seperti yang sudah kamu tahu, menumbuhkan bambu untuk produksi benang gigi sangatlah cepat dan hanya butuh sedikit air dan energi, jika dibandingkan dengan produksi benang sejenis dari plastik.

4. Deodoran kristal sebagai pengganti deodoran biasa.

Ini adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin beralih dari antiperspiran biasa ke yang lebih ramah lingkungan. Deodoran kristal tidak melapisi kulit dan tidak menyumbat kelenjar keringat, karena tidak sepenuhnya berfungsi untuk menghilangkan produksi keringat (ini merupakan proses alami). Produk ini memiliki sifat antimikrob, yang membunuh bakteri penyebab bau. Jadi, kamu akan tetap berkeringat, tetapi kamu tidak perlu mengkhawatirkan baunya.

5. Sumpit logam sebagai pengganti sumpit berbahan kayu.

Masakan Asia telah melekat kuat di hidup kita, dan banyak orang menyimpan sumpit kayu di rumah. Beberapa di antara mereka mendapatkannya dari layanan pesan antar, dan sisanya sengaja membeli dan sering menggunakannya. Tetapi coba pikirkan, di Tiongkok saja, 3,8 juta pohon ditebang setiap tahun untuk membuat sumpit. Sedangkan, sumpit berbahan logam bisa dipakai selama bertahun-tahun tanpa perlu diganti. Kamu bahkan dapat membawanya ke restoran dan memberi tahu pelayan bahwa kamu tidak memerlukan sumpit sekali pakai.

6. Sabun dan sampo alami dalam kemasan kertas.

Untuk menghindari membeli produk kecantikan dalam kemasan plastik, kamu bisa beralih ke sabun dan sampo batangan. Akhir-akhir ini, ketersediaan pilihannya meningkat drastis, dan sekarang, kamu bisa menemukan sampo batangan di mana saja dengan komposisi dan harga yang sesuai selera dan kemampuanmu. Jika untuk beberapa alasan kamu tidak cocok dengan sabun dan sampo jenis ini, di beberapa toko grosir, kamu bisa menemukan bagian yang bisa mengisi ulang kontainer yang kamu bawa dengan produk yang kamu inginkan.

7. Soap nut sebagai pengganti detergen.

Soap nut adalah buah dari soap tree Sapindus mukorossi, yang mengandung saponin (zat yang membentuk busa). Ini merupakan pengganti yang 100% alami dan ramah lingkungan untuk sabun pencuci pakaian. Soap nut bersifat hipoalergenik (pada dasarnya, ini bukan kacang dan cocok bahkan bagi orang yang alergi kacang). Satu buah bisa digunakan hingga 6 kali, tidak memiliki bau, dan dapat digunakan pada suhu panas maupun dingin.

Benda apa yang ingin kamu tambahkan ke dalam kompilasi kami? Apa kamu sudah menggunakan produk dari daftar di atas?

Kredit foto pratinjau nelladel / depositphotos
----
141
Bagikan Artikel Ini