Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

7 Tips untuk Menyingkirkan Rambut Kusut yang Bahkan Rapunzel pun Tidak Tahu

Perempuan menghabiskan hampir satu jam sehari fokus pada perawatan rambut. Itu kira-kira dua minggu penuh menata rambut selama setahun! Dengan ratusan ribu helai di kepalamu, mencoba menyisir rambut dan bersiap-siap bisa cukup makan waktu — terutama saat kamu berhadapan dengan rambut kusut. Merapikannya memang sangat merepotkan, tapi ada cara untuk mencegah rambutmu kusut.

Kami di Sisi Terang telah menemukan beberapa cara untuk merapikan rambut agar kamu bisa menyisir rambutmu dari akar sampai ujung tanpa berhenti!

1. Sisir rambut per bagian.

Mengurai rambut kusut bisa sangat merepotkan dan bahkan menyakitkan. Saat berhadapan dengan rambut kusut, sebaiknya kerjakan per bagian. Sama seperti potong rambut, bagi rambut menjadi beberapa bagian sebelum menyisirnya. Jika rambutmu sangat kusut, coba gunakan jari atau sisir jarang agar tidak terlalu sakit.

2. Sisir rambutmu dari bawah ke atas.

Cara paling umum untuk menyisir rambut adalah dari akar ke ujung — tapi saat berhadapan dengan rambut kusut, sebaiknya mulai dari dekat ujung rambut untuk mengurai kekusutannya dan sisir ke atas. Mulai di ujung rambut, tempat biasanya rambut menjadi kusut, lalu bergerak ke tengah rambut. Memegang rambut di satu sisi, saat menyisir rambut dengan tangan satunya lagi, membantumu agar tidak kesakitan dan mempermudah mengurai rambut kusut. Begitu rambut terurai, kamu bisa lanjutkan dengan menyisir rambut dari akar ke ujung.

3. Pijat sampomu.

Saat menggunakan sampo, sebaiknya fokus pada kulit kepala. Gunakan ujung jari untuk menggosok sampo sambil memijat perlahan kulit kepalamu. Hindari langsung menuangkan sampo di tengah dan ujung rambut karena sampo menghilangkan minyak dari rambut dan kulit kepala yang membuat rambut rentan kering. Lagi pula, saat kamu lanjut untuk membuat busa dan membilas, sampo akan menyebar ke bagian lain rambutmu. Untuk hasil terbaik, gunakan sampo alami dan bebas sulfat.

4. Keringkan rambut secara perlahan.

Rambut rentan patah saat basah. Menggosok rambut dengan kasar dan membungkusnya dengan kencang dalam handuk sebenarnya bisa membuat rambut makin kusut. Sebaiknya perlahan remas dan tepuk-tepuk rambut dengan handuk, lalu biarkan kering alami atau bantu dengan kipas.

5. Hindari menyisir saat rambut basah.

Karena rambut paling lemah saat basah, sebaiknya hindari menyisir rambut tepat setelah mandi. Saat kamu menyisir rambut yang basah, kemungkinan besar rambutmu akan patah sehingga pada akhirnya membuat kusut di berbagai area. Sebagai gantinya, kamu bisa memakai jari untuk menyisir rambutmu agar lembut dan menghilangkan kusut.

6. Beri pelembap dan rawat secara teratur.

Sampo dan penataan rambut cenderung membuat kering rambut, yang membuatnya lebih rentan kusut. Untuk melindunginya, memberi nutrisi pada rambut dengan minyak sehat adalah hal penting untuk menghindari rambut kusut. Merawat rambut bukan berarti menuangkan banyak kondisioner yang ada di toko. Ada banyak produk lebih alami dan sehat untuk menggantikan kondisioner biasa seperti serum rambut, minyak kelapa, minyak alpukat, dan masker rambut.

7. Tidur di bantal dengan sarung bantal rendah gesekan.

Percaya atau tidak, jenis bantal yang kamu tiduri bisa menjadi penyebab rambut kusut saat kamu bangun. Bahan yang menyebabkan gesekan seperti poliester dan katun bisa membuat rambut kering dan kusut. Untuk menghindari ini, kamu bisa mengikat atau mengepang rambut sebelum tidur, atau kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sarung bantal sutra.

Bonus

Ikat rambutmu saat kamu beraktivitas.

Perlu diingat bahwa gerakan berlebihan dan angin juga bisa menyebabkan rambut kusut. Jadi, jika kamu berencana jalan-jalan naik mobil dengan jendela dibuka atau jika kamu ingin melakukan aktivitas fisik, ikat rambutmu. Jika kamu punya rambut panjang, sebaiknya tata rambutmu menjadi bun atau sanggul, daripada membuat ekor kuda rendah, yang masih akan membuat kusut.

Kamu menggunakan tips ini dalam rutinitas perawatan rambut sehari-harimu? Apa ada tips atau trik lain untuk membuat rambut tidak kusut?

Bagikan Artikel Ini