Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

8 Manfaat Kantong Teh dalam Hidup Sehari-hari

----
429

Sulit membayangkannya, tetapi nenek moyang kita sejak 1.500 SM sudah minum teh. Dan kini, berabad-abad kemudian, tidak heran bahwa meminum berbagai jenis teh memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, yang tidak diketahui kebanyakan orang adalah mengambil kantong teh dari dapur dapat berguna untuk beberapa keadaan darurat di rumah.

Sisi Terang menemukan beberapa manfaatnya dan sekarang kami ingin berbagi pengetahuan itu denganmu.

1. Membantu menyingkirkan komedo dan jerawat

Teh hijau kaya akan khasiat antimikroba dan antiinflamasi, serta sangat cocok untukmu jika memiliki masalah komedo dan jerawat. Kamu bisa mencampurkan isi 2 kantong teh dengan air hangat dan madu untuk membuat masker wajah alami. Diamkan di wajah selama 20 menit untuk menghilangkan kemerahan dan iritasi.

2. Meredakan sakit gigi

Salah satu cara mudah menyingkirkan sakit gigi yang menyiksa adalah dengan menggunakan teh pepermin hangat. Karena memiliki efek antibakteri dan membuat mati rasa, satu kantong teh yang sedikit hangat dapat ditempelkan ke gigi yang sakit sampai rasa sakitnya hilang.

3. Membantu meredakan kram perut saat menstruasi

Kram perut saat menstruasi bisa menjadi musuh terbesar perempuan, tapi kabar baiknya, kamomil adalah penenang otot alami. Kamu bisa meminumnya hangat-hangat dalam bentuk teh, atau jika kamu memiliki bak rendam, berendamlah dengan air kamomil.

4. Meredakan puting yang perih setelah menyusui

Menyusui bisa menjadi momen ikatan ajaib antara ibu dan bayinya, tapi tidak selalu tanpa rasa sakit. Dalam hal ini, teh pepermin juga bisa menjadi obat yang baik untuk puting yang perih dan pecah-pecah: cukup buat kompres kantong teh hangat dan oleskan dengan lembut.

5. Mengurangi sembap dan mata merah

Saat kurang tidur, wajar jika kamu bangun dengan mata sembap dan merah. Tapi kompres dingin teh hijau bisa membantumu merasa segar kembali.

6. Membantu tanaman tumbuh lebih sehat

Jangan buang teh celup bekas, itu dapat meningkatkan kesehatan tanah dan tanamanmu. Campur dengan sampah organik lain yang kamu hasilkan secara alami di rumah, lalu tambahkan semuanya ke dalam pot.

7. Membantu menyembuhkan gigitan nyamuk

Karena memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka, kamomil juga dapat bantu menyembuhkan gigitan serangga yang menyakitkan. Untuk melakukannya, buat teh kamomil dan biarkan dingin dalam lemari es selama 30 menit. Lalu, oleskan dengan lembut pada bekas gigitan selama 10 menit. Ulangi proses tersebut jika perlu.

8. Membantu mengobati luka ringan

Jika kamu memiliki anak di rumah, memar dan luka bisa terjadi setiap hari. Untuk membantu mengatasi kemerahan, bengkak, dan nyeri, kamu bisa mengoleskan kantong teh hitam dingin pada luka.

Teh apa yang selalu ada di lemari dapurmu?

----
429
Bagikan Artikel Ini