Sisi Terang
Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

8 Tanda Ada Hama di Rumahmu (dan Cara Mengidentifikasinya)

----
244

Setiap tahunnya, rayap menyebabkan kerusakan senilai lebih dari Rp570 miliar di seluruh dunia dan memengaruhi lebih dari 600.000 rumah di Amerika Serikat. Karena itulah penting sekali memberantas hama secepatnya, sebelum hewan ini terlalu lama berkembang biak tanpa kita sadari dan merusak rumahmu. Tanda-tanda adanya serangga meliputi cat yang mengelupas, lubang di karpetmu, dan sarang laba-laba di lemari dapurmu.

Sisi Terang ingin menunjukkan kepadamu cara terbaik kalau kamu tinggal bersama para tamu tak diinginkan ini, dan apa saja tanda-tanda awal adanya serangan hama.

1. Noda kuning di kertas.

Hama: Gegat

Tanda utama: Lubang di buku dan tumpukan debu kuning di sekitar area makan hewan ini. Kamu juga menemukan sisa-sisa kulit hewan ini yang meluruh di seluruh rumah.

2. Cat yang mengelupas.

Hama: Rayap

Tanda utama: Serpihan kayu yang luruh dan bunyi kayu yang kosong adalah cara lain mengidentifikasi jika kamu mengalami masalah serangga. Mungkin saja kamu mendengar bunyi-bunyi di dalam dinding, ketika rayap sedang mengunyah. Kamu juga bisa melihat gumpalan serbuk dari rayap yang menggunduk dan bermunculan di mana-mana. Bentuknya pun seperti tumpukan garam atau merica.

3. Kumpulan lubang di karpet.

Hama: Kumbang karpet

Tanda utama: Kumbang ini akan mencari benda yang terbuat dari hewan. Ini berarti kamu harus mencari kerusakan pada kain seperti wol, sutra, bulu burung, dan bulu hewan. Berbeda dari lubang ngengat di pakaian, lubang yang diakibatkan kumbang karpet membentuk klaster dan garis. Kalau kamu perhatikan secara saksama, kamu bisa melihat semua tempat kumbang ini meluruhkan kulitnya.

4. Sarang laba-laba di sekitar kantong tepungmu.

Hama: Kutu beras

Tanda utama: Ada beberapa jenis kutu yang bisa masuk ke lemari makanan kita. Biasanya kamu akan tahu kalau kamu juga menemukan kulit larva yang kering di tepung dan bubuk tepung di sekitar kantong tepung. Kamu juga akan menyadari lubang di beras, tempat kutu beras menetaskan larvanya.

5. Ngengat cokelat kecil di lemari dapurmu.

Hama: Ngengat Indianmeal

Tanda Utama: Kamu mungkin menemukan gumpalan di dalam tepung sebagai peringatan kalau kamu mengalami serangan hama. Kamu juga bisa melihat kumpulan telur abu-abu/putih di sumber makanan hewan ini, seperti buah kering, kacang, gandum, tepung, rempah, dan makanan hewan.

6. Bercak kotoran gelap di berbagai permukaan.

Hama: Jangkrik unta

Tanda utama: Kalau jangkrik cukup lama berada di dalam rumahmu, bisa saja hewan ini akan mulai menyantap simpanan makananmu di area tersembunyi seperti di ruang bawah tanah. Kamu mungkin menyadari adanya kerusakan pada kain, karpet, kotak karton, bahkan kayu.

7. Noda merah kecil di berbagai permukaan.

Hama: Tungau kenari

Tanda utama: Saat tungau kenari memakan tumbuhan, hewan ini meninggalkan garis-garis merah di daun. Kamu juga bisa melihat kerusakan di tamanmu seperti rerumputan yang layu dan berwarna cokelat seiring berkembangnya populasi tungau kenari.

8. Tanaman di dalam rumah yang menguning dan layu.

Pest: Kutu daun

Tanda utama: Hewan ini meninggalkan jejak kotoran pada daun tanamanmu sekaligus bercak hitam jamur. Kalau kamu mengintip di bagian bawah daunnya, kamu akan melihat kumpulan kutu daun kuning atau hijau menempel di sana, selagi mengisap getahnya.

Bagaimana kamu membasmi hama di rumah? Ayo bagikan pengalamanmu dengan kami!

----
244
Bagikan Artikel Ini