8 Tips untuk Membuat Tanganmu Terlihat Lebih Muda

Ketika memar atau terpapar sinar matahari, kulit manusia cenderung memproduksi melanin, dan akhirnya menimbulkan bintik hitam. Hal yang sama juga terjadi saat kulit kita mengalami gesekan, yang membuat kulit kita kapalan dan kasar. Usia seseorang juga bisa terlihat dari tampilan tangannya.

Mempunyai tangan yang lembut dan tampak muda tidaklah mudah, terutama untuk mereka yang harus bekerja seharian. Itulah sebabnya, kami di Sisi Terang memberikan beberapa tips berguna tentang cara membalikkan waktu dan usia pada tangan kita.

1. Agar tangan awet muda, selalu gunakan tabir surya.

Tentu saja, salah satu tips terpenting untuk menjaga tangan kita tetap muda adalah menggunakan tabir surya, yang membantu kulit terhindar dari flek hitam dan bahkan kanker. Tiga puluh menit sebelum keluar rumah, oleskan tabir surya (SPF 50 atau lebih tinggi) dalam jumlah yang banyak ke punggung tanganmu. Juga, jangan lupa untuk mengoleskannya kembali sepanjang hari.

2. Gunakan sarung tangan saat mengemudi dan melakukan pekerjaan rumah.

Menggunakan sarung tangan merupakan salah satu cara untuk menjaga tanganmu tetap terlindungi dari bahaya dan potensi cedera yang dapat menyebabkan bekas luka atau bintik hitam. Misalnya, menggunakan sarung tangan saat mengemudi merupakan salah satu cara untuk melindungi tangan dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, penting juga untuk mencegah tanganmu menjadi kering atau memar dengan menggunakan sarung tangan saat mengerjakan pekerjaan rumah, seperti mencuci piring, berkebun, atau bahkan saat menggunakan produk pembersih kimia.

3. Rendam tanganmu untuk meningkatkan kelembutannya.

Saat cuaca terlalu dingin, sering kali kulit kita mengalami pecah-pecah, kering, dan kasar. Untuk mencegahnya, rendam tanganmu dengan air hangat dan garam Epsom. Hal ini juga dapat bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan tubuhmu setelah melewati hari yang panjang. Kamu juga bisa merendam kakimu untuk mendapatkan hasil yang sama, jika kamu mau!

4. Percantik tanganmu dengan mengeksfoliasinya.

Agar kelembapan meresap sempurna ke dalam kulit, penting untuk menghilangkan kulit mati sebelum melembapkan tanganmu. Basahi tanganmu dengan air hangat dan gunakan sikat atau spons (yang alami lebih aman bagi lingkungan) untuk memijat lembut kulitmu dengan gerakan melingkar. Lanjutkan dengan mengoleskan pelembap favoritmu segera setelahnya.

5. Tangan yang lembap terlihat jauh lebih muda!

Selalu bawa pelembap tangan dan gunakan seolah-olah hidupmu bergantung kepadanya! Itulah salah satu tips jitu untuk memastikan tanganmu tetap ternutrisi dengan baik dan lembut seperti kulit bayi. Untuk meningkatkan kelembapan, kamu bisa mencoba krim yang mengandung urea dan asam salisilat. Kamu juga bisa menggunakan produk apa pun yang direkomendasikan oleh dokter kulit atau apotekermu. Krim yang mengandung asam hialuronat juga menjadi alternatif yang baik dan terjangkau untuk menghilangkan kerutan.

6. Cobalah kosmetik untuk mencerahkan flek hitam di tanganmu.

Untuk meringankan flek hitam di tanganmu, cobalah produk yang mengandung vitamin C, karena zat ini berpotensi mencegah hiperpigmentasi (yaitu produksi melanin berlebih pada tubuh).

Waspadai produk pencerah kulit yang mengandung merkuri karena sangat berbahaya bagi kesehatanmu. Sebelum menggunakan salah satu produk pencerah kulit, pastikan untuk mempelajari secara menyeluruh segala kemungkinan risiko yang mungkin ditimbulkan.

7. Berikan perhatian khusus kepada kutikulamu.

Sayangnya, kutikula yang kering membuat tanganmu terlihat tidak rapi. Cara untuk mengubah tampilan tanganmu secara drastis adalah dengan melembapkan kutikulamu. Kamu dapat melakukannya dengan menggunakan produk pelembap khusus, atau bahkan minyak zaitun. Pijat dengan lembut ke kutikula dan beres!

8. Rawatlah dengan baik kukumu yang lembut.

Untuk mendapatkan tangan yang terlihat muda, kuku yang dirawat dengan baik menjadi satu keharusan. Karena bakteri dan jamur dapat menyebabkan infeksi pada kulitmu, pertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Jagalah kukumu dalam kondisi yang baik, sehat, dan terawat agar tanganmu tampak lebih muda.

Bagaimana denganmu? Apa kamu punya tips rahasia untuk menjaga tangan agar tampak lebih muda? Apa kamu menggunakan salah satu trik di atas? Mana yang akan kamu coba?

Kredit foto pratinjau caitykate98762002 / Reddit
Bagikan Artikel Ini