8 Trik untuk Membantumu Keluar dari Situasi Canggung

Kamu mungkin bersikap malu-malu dengan orang tertentu atau mulai cegukan sebelum rapat penting. Situasi seperti ini bisa terjadi kepada siapa saja dan bisa membuat kita tertekan. Tetapi, dengan beberapa trik, kamu bisa membantu dirimu sendiri dan terhindar dari perasaan canggung.

Kami di Sisi Terang makin penasaran dengan cara menghindari situasi tidak nyaman yang biasa terjadi dan menemukan 8 tips yang bisa membantu kamu.

1. Garuk lubang telinga untuk menghilangkan sensasi gatal di kerongkonganmu.

Sensasi menggelitik di kerongkonganmu mungkin bukan masalah besar, tetapi saat mengalaminya, rasa ini bisa sangat mengganggu dan merusak konsentrasimu pada hal lain. Jika hal ini terjadi, garuk telingamu sehingga sarafnya terstimulasi. Ini membantu menegangkan otot, yang bisa meredakan rasa gatal.

2. Tekan lidahmu ke arah gigi agar tidak bersin.

Kamu mungkin sedang rapat dan tiba-tiba merasa ingin bersin. Jika kamu tidak ingin menarik perhatian, gunakan lidahmu. Gelitik langit-langit mulut dengan lidah selama 5 hingga 10 detik dan keinginan untuk bersin pun akan mereda.

Opsi lain adalah kamu bisa mencoba menekan lidah ke arah dua gigi depan atas sekeras mungkin.

3. Jika kamu tidak merasa percaya diri, ikuti aturan “kontak mata 3 detik”.

Ubah kecanggunganmu menjadi rasa percaya diri jika merasa malu atau cemas di antara orang lain. Gunakan bahasa tubuhmu. Alih-alih melihat ke bawah atau ke arah lain, buat kontak mata kepada semua orang setidaknya 3 detik. Jika seseorang menjelaskan sesuatu kepadamu, kamu bisa buat kontak mata lebih dari 3 detik untuk menunjukkan bahwa kamu menyimak ucapannya.

4. Jika sakit kepala, tekan bagian tengah telapak tanganmu.

Jika kamu merasa pusing, cemas, atau tersedak, coba trik ini. Satu studi menemukan titik tekan di tengah telapak tangan yang dapat menghilangkan refleks tersedak saat ditekan.

5. Masukkan ibu jari ke dalam mulut dan tiup untuk menghilangkan cegukan.

Solusi lain yang bisa kamu coba melibatkan sebotol air. Cukup sumbat lubang telinga dan mulailah meminum air. Hati-hati agar tidak menegak terlalu banyak.

Metode lainnya yang bisa kamu coba adalah merapatkan lutut ke dada dan peluk selama 2 menit. Selain itu, tekan perlahan setiap sisi hidung saat menelan.

6. Buat seluruh otot menjadi tegang jika kamu mulai merasa cemas tepat sebelum acara penting.

Merasa tertekan tepat sebelum acara penting itu biasa, tetapi ini akan membuatmu ling-lung. Kencangkan semua otot wajah, pundak, dan lenganmu. Kepalkan tanganmu. Relaks. Tarik napas, dan sekarang kamu siap untuk tampil.

7. Lihat ke atas dan tahan napas untuk menghentikan air mata.

Ini adalah tips bagus ketika kamu merasa sensitif, tetapi tidak ingin orang lain melihat air matamu, seperti di bioskop, misalnya. Lihat ke atas dan tahan napas selama beberapa detik. Kemudian, perlahan buang napas. Kamu akan merasa lebih baik.

8. Luangkan waktu 15 menit untuk gugup guna menghilangkan rasa cemas.

Mengatur rasa gugup bisa berguna bagimu. Tidak perlu menjadi orang yang mati rasa, tetapi kamu bisa menyisakan sedikit waktu untuk rasa cemasmu, menurut ahli psikologi. Setiap hari, luangkan waktu 15 menit untuk melakukan hal ini dan lakukan secara konsisten. Namun ingat, sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur.

Punya trik unik tentang cara mencegah situasi canggung seperti cegukan atau perasaan cemas? Bagikan kepada kami!

Bagikan Artikel Ini