9 Kebiasaan Buruk yang Akan Membuat Rumahmu Berantakan Sekeras Apa pun Kamu Mencoba Membersihkannya

Rumah yang berantakan bukan hanya masalah estetika, tapi juga sumber stres yang memiliki dampak besar pada kondisi psikologis penghuninya. Agar selalu bisa dengan mudah bernapas di rumah, kamu tak hanya perlu membersihkannya tepat waktu pada hari tertentu, tapi juga merapikannya pada hari lain. Namun, ada beberapa kebiasaan tak disadari yang bisa mencegah kita melakukan ini.

Sisi Terang mencari tahu tentang kebiasaan yang membuat rumah berantakan serta menyebabkan kita kehilangan energi berharga.

9. Membawa pulang hal tidak berguna

Agar rumah lebih mudah rapi, tidak boleh ada benda tambahan di rumah. Artinya, kamu sebaiknya memilahnya sebelum membawanya pulang. Oleh karena itu, jangan mencoba membawa pulang benda yang membuat polusi mata dan tak membawa manfaat. Benda itu misalnya suvenir tak berguna, hadiah simbolis, selebaran, resi, dan majalah. Selain itu, jangan punya dua barang yang sama. Jika kamu memutuskan membeli teko teh baru dan celana jeans baru untuk mengganti celana lamamu yang sudah usang, jangan simpan barang lama di rumah “untuk berjaga-jaga”.

8. Menggunakan vacuum cleaner hanya untuk membersihkan lantai

Untuk beberapa alasan, nozel spesial untuk mengisap debu dan membersihkan sofa tidak selalu populer meskipun bisa sangat membantu proses pembersihan dan bahkan membuatnya lebih baik. Rak berdebu, ambang jendela, radiator, sofa dan matras, sudut yang sulit diraih — semua ini bisa diatasi dengan bantuan vacuum cleaner. Dalam beberapa kasus, itu akan cukup, dalam kasus lain — itu akan membuat pencucian basah lebih mudah.

7. Tidak langsung membersihkan noda sabun di kamar mandi

Jangan biarkan noda sabun dan karat menumpuk dan membuatmu harus berusaha lebih keras saat membersihkannya nanti. Biasakan membilas permukaan di kamar mandi tepat setelah kamu menggunakannya. Untuk membuat wastafel tetap bersih, pastikan kamu membersihkannya setidaknya sekali di malam hari. Selain itu, sebaiknya lap kamar mandi sampai kering untuk menghilangkan bagian yang bersabun. Kebiasaan ini tak akan memakan lebih dari dua menit sehari dan akan menjaga kamar mandi bersih dan segar dalam waktu lama.

6. Tidak mengangkat baju kering dari jemuran

Kamu bisa setuju bahwa kamu tidak boleh meninggalkan baju yang sudah di cuci di dalam mesin cuci selama beberapa hari karena akan bau. Aturan sama harus diikuti dalam hal menjemur baju. Karena sering kali kebiasaan tak mengangkat baju selama berminggu-minggu berkaitan dengan pikiran “enggak akan apa-apa kok”. Namun, pertama-tama, bajumu bisa berdebu atau terkena bulu hewan peliharaan jika kamu punya. Kedua, pemandangan warna-warni itu akan membuat stres dan membuat suasana hatimu buruk. Ini sudah kami sebutkan di awal artikel.

5. Menumpuk baju

Memang, menumpuk alat masak seperti wajan itu memudahkan, tapi tidak dengan baju. Sekeras apa pun kita berusaha, kaus yang ditumpuk hanya akan terlihat rapi selama beberapa hari — setelah itu, kamu kemungkinan akan bosan merapikan tumpukannya. Jika kamu menaruh baju secara horizontal dalam kotak khusus, kamu tak hanya akan menghemat ruang, tapi juga hidupmu akan lebih mudah. Karena kamu akan lebih mudah melihat dan memilih semua barang yang kamu butuhkan.

4. Meletakkan berbagai barang di meja

Memang enak memiliki barang yang paling sering digunakan di dekat kita, tapi sering kali kita akhirnya menumpuk apa pun yang kita punya di rumah. Untuk alasan ini, coba letakkan beberapa barang penting saja di meja dan meja dapur. Atau kamu bisa mencoba mengatur ruanganmu sedemikian rupa agar kamu hanya perlu membuka lemari untuk mendapat akses ke semua keperluanmu.

3. Tidak mencuci piring selagi memasak

Agar tidak pusing karena piring kotor yang menumpuk setelah makan malam dan tergoda untuk membiarkannya, kamu harus membiasakan diri menyimpan barang yang telah digunakan di bak cuci penuh air sabun, lalu bilas alat makan saat proses memasak, setiap kali kamu punya waktu senggang. Karena mencuci kotoran yang sudah direndam jauh lebih mudah dan cepat daripada membersihkan kotoran kering. Trik ini akan membantumu memiliki lebih sedikit alat makan untuk dicuci setelah makan malam.

2. Tidak beres-beres sebelum pergi dan sebelum tidur

Kebiasaan membiarkan rumah berantakan sebelum kamu meninggalkannya atau sebelum kamu tidur menghilangkan perasaan bersih dan nyaman meskipun kamu selalu membersihkan rumah dengan benar. Untuk menikmati hasil pekerjaanmu secara maksimal, biasakan meluangkan 10-15 menit setiap malam untuk beres-beres. Kamu bisa menggunakan cara ini, yang terdiri dari lima langkah: bersihkan meja, cuci piring, letakkan semua barang ke tempatnya, siapkan baju untuk besok, dan buang sampah.

1. Menyatukan barang yang diperlukan dan tidak diperlukan

Satu lagi sumber lemari dan rak berantakan adalah menyimpan barang-barang yang sering kamu gunakan dan barang yang tidak diperlukan di satu tempat. Jika kamu perlu diam sejenak untuk berpikir sebelum membuang beberapa barang, kamu bisa ambil beberapa kotak penyimpanan khusus (untuk elektronik, baju, mainan, aksesori dapur, dsb.).

Semua barang yang belum siap dibuang harus dimasukkan ke sana. Pastikan kamu mengatur pengingat untuk sebulan. Jika kamu tidak menggunakan apa-apa dari kotak ini dalam kurun waktu itu dan kamu bahkan tidak berpikir untuk menggunakannya, artinya kamu harus membuangnya.

Untuk mulai membereskan rumah, kamu bisa menemukan daftar di internet yang akan membantumu meninjau kembali barang-barangmu bahkan hari ini.

Mungkin kamu punya trik unik sendiri yang bisa membantumu membereskan rumah? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini