Sisi Terang
Sisi Terang

9 Kegiatan yang Bisa Membuatmu Merasa Santai, Tenang, dan Puas

Terkadang, ada masanya kita merasa stres, tapi ternyata tidak semuanya buruk bagimu—ada jenis stres yang sebenarnya baik untuk kesehatan kita. Stres tersebut tidak terkait dengan ketakutan atau ancaman, maupun yang muncul saat kita senang, seperti sebelum kencan pertama atau saat kita sedang naik rollercoaster. Namun, tak peduli apakah itu baik atau buruk, seringnya, kita hanya ingin bersantai, dan melakukannya bisa agak rumit.

Kami di Sisi Terang dengan senang hati membagikan beberapa kiat yang bisa membantumu merasa lebih santai dengan mudah.

1. Membuat (atau menghancurkan) sabun

Kulit merupakan organ terbesar kita maka kita harus berhati-hati terhadap bahan yang kita aplikasikan ke kulit karena beberapa produk perawatan pribadi mengandung berbagai bahan berbahaya. Inilah sebabnya menggunakan sabun buatan sendiri adalah ide yang bagus—dengan cara ini, kamu tahu persis setiap kandungannya. Sebagai bonus, kegiatan DIY bisa menjadi proses yang sangat menyenangkan dan membuatmu relaks, yang mencakup bekerja dengan berbagai minyak, wewangian, dan pewarna. Ini sangat menenangkan.

Jika menurutmu proses pembuatan sabun terlalu merepotkan, coba hancurkan saja. Memotong sabun cukup populer di ASMR (respons meridian sensorik otonom) dan tentu ada alasannya—ada banyak jenis sabun yang memberikan stimulasi pendengaran serta visual jika kamu memotongnya langsung, bukan hanya menonton orang lain memotong sabun. Kamu juga bisa menggunakan indra yang lain, seperti penciuman dan sentuhan.

2. Mendengarkan lagu sedih

Kami tahu hal ini mungkin kedengarannya kontraproduktif. Meski begitu, penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik sedih membantu memicu imajinasi, pengaturan emosi, dan empati. Hal ini membangkitkan nostalgia pada kita dan bahkan menimbulkan kesenangan, alih-alih emosi negatif seperti yang mungkin diasumsikan orang. Jadi, mungkin keinginan untuk mendengarkan lagu sedih saat kamu memang sedih sebenarnya tidaklah terlalu aneh.

3. Memijit ibu jari

Percaya atau tidak, salah satu jarimu memiliki kekuatan super yang menenangkan, yaitu ibu jarimu. Para dokter menyatakan bahwa meniup ibu jarimu bisa menenangkan detak jantung serta memperdalam pernapasanmu. Dan masih ada lagi: memijit jari ini (memberi tekanan pada pangkal ibu jari) juga membantu meredakan kecemasan. Nah, berarti kita sebenarnya memang selalu punya solusi anti-stres dalam genggaman.

4. Berani kotor

Banyak orang merasa bekerja di kebun atau merawat tanaman mereka rasanya melegakan. Hal ini ada hubungannya dengan paparan sinar matahari serta fakta bahwa kamu terhubung dengan alam dan menciptakan suatu kondisi yang indah. Selain alasan tersebut, sebuah penelitian menemukan satu lagi fakta, yaitu: ada jenis bakteri ramah yang hidup di tanah yang membuat otak kita memproduksi serotonin serta memiliki efek positif lainnya pada tubuh kita.

5. Bermain Play-Doh, membuat model tanah liat, atau slime

Benda-benda ini biasanya dianggap sebagai mainan anak-anak, tapi tidak ada salahnya bagi orang dewasa untuk menikmati benda-benda yang menyenangkan untuk disentuh ini demi menghilangkan stres. Misalnya, terapi slime memengaruhi sistem saraf dengan mengirimkan pesan positif (perasaan senang). Selain itu, slime jauh dari kata membosankan: ada banyak variasi dalam hal bentuk, warna, tekstur, dan sebagainya.

6. Berdiri tegak

Postur tubuh yang baik penting dalam banyak aspek kesehatan, termasuk perasaan tenang dan rileks karena membantu melancarkan sirkulasi darah serta kadar oksigen. Berdiri tegak bisa meningkatkan suasana hatimu seperti halnya tersenyum. Ada sisi lainnya juga: bahasa tubuh. Menurut penelitian, hal yang disebut “power posing” atau berdiri dalam posisi percaya diri sebenarnya memang membuatmu merasa lebih percaya diri.

7. Membuka dan menutup kepalan tangan kananmu beberapa kali

Saat kita merasa stres, otak bagian kanan yang berfungsi mengontrol emosi menjadi aktif. Untuk menyeimbangkannya, kita perlu membuat otak kiri berfungsi (otak kiri terhubung dengan fungsi verbal dan logika). Karena bagian kanan tubuh kita lebih berhubungan dengan bagian otak kiri, kiat mengepalkan dan membuka tangan kanan seharusnya berhasil.

8. Berbaring di lantai sambil menggulir bola tenis

Baik teknik pengobatan kuno maupun penelitian ilmiah modern menunjukkan bahwa titik-titik tekanan pada kaki kita bisa memengaruhi berbagai bagian tubuh kita, termasuk membantu mengatasi kecemasan dan stres. Untuk memijatnya secara efektif, kamu bisa memakai sesuatu seperti roller busa, tapi kalau tidak ada, boleh juga memakai bola tenis.

9. Menghitung uang kembalianmu

Menghitung merupakan cara yang pernah dicoba dan terbukti menghilangkan kecemasan: hal tersebut memungkinkan otakmu untuk fokus pada sesuatu. Memakai koin sebagai media percobaan juga menambah aspek lain—menyentuh benda logam kecil sembari melihatnya di depanmu alih-alih hanya membayangkan angka bisa membuat teknik ini lebih efektif. Siapa tahu, hal ini mungkin juga memuaskan batin Paman Gober dalam diri kita. (Paman Gober adalah karakter animasi bebek terkaya di dunia sekaligus paman dari Donal Bebek).

Apakah kamu sering merasa stres? Apa yang bisa membuatmu relaks dan melupakan kecemasanmu?

Sisi Terang/Tips & trik/9 Kegiatan yang Bisa Membuatmu Merasa Santai, Tenang, dan Puas
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya