Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

9 Kiat Bersih-Bersih untuk Mengusir Kuman Selamanya

11--
710

Sikat gigi memiliki banyak mikrob di bulu sikatnya yang bisa merusak kesehatan mulut kita. Kuman lain dalam hidup kita bisa bersembunyi di banyak tempat yang tak pernah kita bersihkan, atau tak tahu cara membersihkannya dengan benar. Itu sebabnya penting sekali menyadari pertumbuhan bakteri di rumah dan tahu cara menyingkirkannya secara efektif.

Untuk alasan ini, Sisi Terang menemukan tips terbaik untuk memastikan kita bebas kuman di rumah bersama bonus kiat bersih-bersih menggunakan mesin cuci piring.

1. Gunakan obat kumur untuk mensterilkan sikat gigi.

Tiap kali menggunakan sikat gigi, kita mungkin memindahkan bakteri kamar mandi langsung ke mulut kita. Jika kamu orang yang menyiram kloset tanpa menutupnya, maka kamu bisa menyebarkan partikel kotoran ke seluruh ruangan, yang bisa menempel di permukaan dan barang-barang.

Oleh karena itu, kamu disarankan mensterilkan sikat gigimu dalam obat kumur selama 2 menit setelah menggunakannya.

2. Bersihkan oven dengan 1/5 cangkir amonia.

Panaskan oven sampai 65 ºC, lalu matikan dan tuangkan 1/5 cangkir amonia ke mangkuk di rak atas oven. Letakkan semangkuk air mendidih di rak bawah, lalu tutup pintunya, diamkan semalaman.

Ini akan membantu kotoran berjatuhan dari oven, membantumu mengelapnya dengan mudah keesokan harinya.

3. Masukkan spons ke microwave.

Spons cuci piring memiliki jumlah bakteri berbahaya yang tinggi sampai kita tak mau memindahkannya ke piring saat mencucinya. Untuk mensterilkan spons, kamu harus membasahinya sebelum menaruhnya di microwave selama 1 menit.

Panas ekstrem akan menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam spons. Ulangi ini setiap beberapa hari saat sponsmu mulai bau.

4. Bersihkan alat dapur kayu.

Sendok kayu kita bisa menderita di dapur, terutama jika dimasukkan ke mesin cuci piring atau direndam. Agar tetap sehat, sebaiknya gosok dengan sepotong lemon agar bau tak sedap tidak menyerap. Kamu juga bisa melapisinya dengan minyak nabati atau kelapa untuk merawatnya. Ini akan membuatnya bersinar dan melindunginya dari lembap berbahaya.

Saat terlalu lembap, alat dapur kayu bisa berjamur dan itu bukan benda paling higienis untuk dipakai memasak.

5. Lap ambang jendela secara rutin.

Karena bisa menumpuk debu, jendela dan ambang jendela juga bisa menjadi tempat berkembang biak untuk jamur dan mikrob. Pastikan kamu tidak lupa untuk membersihkan tempat yang bisa menyembunyikan tumpukan bakteri yang disebabkan oleh kondisi jendela yang lembap.

6. Bersihkan sisir dengan sampo.

Sisir sering kali diabaikan saat bersih-bersih meskipun benda ini bisa membawa banyak kotoran. Ini karena rambut bisa menumpuk kotoran akibat polusi dan kuman saat kita keluar, yang pada akhirnya berpindah ke sisir.

Sebaiknya bersihkan sisir sebulan sekali dengan mencabut rambut-rambut yang tertinggal dan memberinya sampo semalaman sebelum dibilas sampai bersih.

7. Sterilkan matras yoga dengan cuka apel.

Matras yoga bisa menampung banyak bakteri, tak hanya dari lembap karena keringat tapi juga karena diletakkan di lantai, terutama di pusat kebugaran. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan matrasmu begitu kamu selesai menggunakannya. Bersihkan menggunakan lap dan campuran air serta cuka apel.

Cuka akan berfungsi sebagai disinfektan sehingga memberi matrasmu perubahan yang bersih.

8. Bersihkan aksesori perakmu dengan soda dan garam.

Untuk mengembalikan keindahannya, kamu harus melapisi nampan dengan foil aluminium, lalu tambahkan 2 sendok makan soda bubuk dan 1 sendok makan garam. Letakkan aksesori di atasnya, lalu tuangkan air mendidih.

Dengan membiarkannya direndam semalaman, itu akan melunturkan kotoran dan noda yang terkumpul di aksesori perak kita.

9. Bersihkan keyboard dengan gel.

Slime pembersih bisa sangat praktis untuk membersihkan tumpukan debu dan kotoran dari ruang-ruang kecil, dan itu sangat mudah dibuat di rumah! Kamu harus mencampur 1 cangkir air hangat dengan boraks dalam sebuah mangkuk dan 1/2 cangkir air hangat dengan lem di mangkuk lain. Gabungkan 2 campuran itu, lalu aduk sampai menjadi padat — kemudian uleni sampai membentuk bola keras.

Bonus: Gunakan kantong jaring di mesin cuci piring.

Untuk memastikan semuanya dicuci dengan benar di mesin cuci piring, kamu sebaiknya menggunakan kantong jaring untuk menyimpan semua barang-barang kecil. Ini mencegah barang-barang itu terjatuh ke mesin dan tidak dibersihkan dengan baik.

Trik apa yang kamu gunakan untuk membasmi kuman? Bagikan dengan kami untuk membantu kami menyingkirkannya!

11--
710
Bagikan Artikel Ini