Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

9 Makanan yang Bisa Kamu Gunakan untuk Membersihkan Rumah

Meski kita menganggap produk pembersih rumah itu aman, sebagian besar produk kebersihan serbaguna berpotensi beracun dan bisa membahayakan kesehatan kita. Untungnya, kamu bisa menggantinya dengan pilihan ampuh yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Sisi Terang telah melakukan penelitian untuk mencari tahu pembersih rumah apa yang bisa diambil dari pantrimu.

1. Pisang

Kamu bisa menggunakan pisang untuk menjebak lalat buah. Letakkan pisang tua dan sedikit sabun cuci piring di dalam stoples. Gulung sehelai kertas menjadi berbentuk corong dan beri selotip agar strukturnya tidak berubah, lalu masukkan ke bukaan stoples. Aroma manis pisang akan menarik lalat, sementara corong dan sabun akan membuat mereka kesulitan keluar dari stoples.

2. Air soda

Minuman populer ini bisa dijadikan pembersih alami yang bagus. Siramkan ke cermin kamar mandi, lalu lap dengan spons. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan perhiasan, meja, atau menghilangkan noda pada baju.

3. Beras

Jika kamu memiliki botol atau vas yang bentuknya tidak beraturan dan sulit dibersihkan, beras bisa menjadi bahan penggosok yang sempurna. Gunakan beras mentah yang belum dimasak dan sedikit air sabun untuk menggapai area yang sulit dibersihkan. Kamu hanya perlu memasukkan campuran ini ke dalam vas dan mengocoknya melingkar.

4. Kulit kentang

Cara termudah untuk membersihkan perapian adalah membakar kulit kentang di dalamnya. Biarkan kulitnya kering selama 48 jam karena kulit yang basah tak akan ampuh. Sebarkan kulit kentang pada loyang agar tetap rata. Saat terbakar, kulit kentang akan mendorong sisa-sisa kayu yang terbakar keluar dari cerobong asap.

5. Lemon

Campuran sari, kulit lemon, serta air bisa digunakan untuk membersihkan microwave. Letakkan mangkuk tanpa tutup di dalamnya dan atur selama 3 menit. Biarkan pintunya tertutup sebentar agar uap dari cairan tidak keluar. Terakhir, lap microwave dengan handuk bersih.

6. Limau gedang

Sebuah limau gedang besar dan garam batu adalah alat ramah lingkungan yang bisa membuat bak berendammu terlihat baru. Potong limau gedang menjadi dua, lalu taburkan garam di bagian atasnya. Basahi bak, taburkan sisa garam ke bagian bawahnya, dan gosok bak dengan limau gedang.

7. Saus tomat

Saus lezat untuk kentang goreng bisa membuat panci berbahan tembagamu bersinar dan tampak baru. Oleskan saus tomat pada permukaan panci, diamkan beberapa saat, lalu lap dan bilas. Cara yang sama bisa digunakan untuk membersihkan baja antikarat.

8. Bawang bombai

Menggunakan bawang bombai adalah cara mudah untuk membersihkan panggangan tanpa bahan kimia. Tancapkan setengah bawang bombai pada garpu, lalu gosokkan ke alat pemanggang. Ini akan membersihkan kotoran dengan mudah.

9. Teh

Teh hitam bisa digunakan untuk membersihkan dan membuat lantai kayu bersinar. Tuangkan teh ke ember pel, lalu biarkan sampai dingin. Asam tanat dalam teh akan bantu membersihkan lantai kayu. Tapi jangan gunakan untuk mengepel lantai laminasi.

Kamu pernah menggunakan cara-cara ini untuk membersihkan rumah? Apa kamu tahu makanan lain yang bisa dipakai sebagai pembersih?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini