Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

9 Trik untuk Mencari Tahu Apakah Seseorang Berkata Jujur

Sekitar 60% orang bisa terus berbicara bohong selama 10 menit tanpa henti. Itu berarti ada banyak sekali kebohongan, ya. Namun, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak. Misalnya dengan mengamati senyum mereka. Jika tampak dipaksa, bisa jadi mereka berbohong.

Kami di Sisi Terang sudah mengumpulkan beberapa trik untuk membantumu mencari tahu siapa yang berbohong dan siapa yang tidak.

1. Minta mereka menceritakannya lagi, tetapi kronologinya dibalik.

Biasanya, ketika orang berbohong, mereka sudah merangkai cerita yang siap diceritakan secara berurutan. Jika diminta untuk menceritakan kronologinya secara terbalik, mereka akan merasa tertekan karena itu tidak sesuai dengan latihannya. Ini artinya akan lebih sulit untuk berbohong. Mereka akan mulai melewatkan beberapa detail, dan semakin merasa gugup, akan muncul hal-hal yang tidak sesuai pada ceritanya.

Cerita yang sebenarnya jauh lebih mudah diceritakan. Jika rentetannya dibalik, kamu mungkin bahkan bisa mengingat beberapa detail yang tidak teringat sebelumnya.

2. Gunakan elemen kejutan.

Jika kamu berpikir ada kemungkinan seseorang sedang berbohong, berikan pertanyaan acak saat dia tengah menceritakannya. Jika bisa, tanyakan sesuatu yang sangat spesifik. Dengan begitu, dia akan harus membuat kebohongan lainnya dan bisa menjebak dirinya sendiri.

3. Periksa jika cerita mereka kurang jelas.

Seorang pembohong mungkin mengabaikan detail penting hanya karena dia tidak tahu cara menyertakannya ke dalam cerita bohongnya. Perhatikan seberapa kurang jelas detail ceritanya. Mungkin itu disengaja agar kamu tidak menanyakan pertanyaan spesifik yang tidak bisa mereka jawab.

4. Perhatikan apakah senyumannya palsu.

Saat berbohong, ada kemungkinan orang tersebut akan lebih merapatkan bibirnya. Hal ini membuat senyum mereka tampak tidak sungguh-sungguh. Jika kamu kenal orang tersebut, akan lebih mudah untuk menyadari jika senyumnya palsu. Ada tips untukmu: ketika tersenyum, orang-orang akan tersenyum dengan seluruh wajahnya, bukan hanya bibirnya.

5. Tanyakan pertanyaan yang sama dengan berbagai cara.

Seorang pembohong sering menjawab dengan detail yang sama tetapi mengatakannya dengan cara berbeda. Ketika kamu memberikan pertanyaan, misalnya dengan tiga cara yang berbeda, ini akan mendorong orang tersebut untuk memberikan informasi lebih banyak tentang cerita mereka. Jika berbohong, mereka akan terus memakai kata-kata, frasa, dan bahkan detail yang sama.

6. Coba perhatikan perubahan suaranya.

Satu hal yang juga berubah ketika seseorang berbohong adalah intonasi suara dan kecepatan bicaranya. Jika kamu menangkap bahwa mereka berbicara lebih cepat atau bahkan lebih lambat, ada kemungkinkan mereka sedang mencoba terus berbohong. Hal yang sama berlaku untuk seberapa tinggi atau rendah suara mereka. Semua itu menunjukkan ketidakpastian.

7. Periksa apakah ada jeda saat mereka menjawab.

Jika kamu memberikan pertanyaan yang cukup mudah dijawab, tetapi orang tersebut butuh waktu lama untuk menjawabnya, itu artinya mungkin dia sedang memikirkan apa yang perlu dikatakan atau ingin meneruskan kebohongannya. Jika mereka menjawab sebelum kamu selesai bertanya, ini juga bukan pertanda bagus. Ini bisa berarti mereka sudah menyiapkan jawabannya.

8. Periksa apakah ada perubahan pada kepercayaan dirinya.

Kemungkinan, jika orang yang berbohong merasa dia yang menguasai percakapan, dia akan terlihat sangat percaya diri di depanmu. Namun, jika kamu mulai menyadari kebohongannya, dia akan mulai kehilangan kendali pembicaraan dan rasa percaya dirinya juga akan hilang. Dia akan mulai lebih menutup diri.

9. Sebagai upaya terakhir, katakan langsung bahwa dia berbohong.

Jika menurutmu tidak ada trik lain yang berhasil, berikan fakta yang sudah kamu ketahui dan jebak dia dalam kebohongannya. Jika ada yang terus terang-terangan berbohong, seperti dengan menambahkan terlalu banyak detail yang menurutmu mencurigakan, kamu bisa mengatakan kalau kamu tahu dia berbohong. Tapi berhati-hatilah dan gunakan fakta yang benar. Jika tidak, kamu malah bisa dianggap pembohong juga.

Itu semua hanyalah tips yang bisa kamu coba untuk mengenali pembohong, tetapi ini bukan ilmu pasti. Jadi, hati-hati saat mempraktikkannya. Apa kamu pernah menggunakan kiat ini untuk memergoki seseorang yang berbohong? Apakah berhasil? Punya tips lain yang bisa kamu bagikan?

Bagikan Artikel Ini