Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Alasan Kamu Tidak Boleh Menggerai Rambut Ketika Tidur

Rambutmu butuh tidur cantik layaknya kulitmu. Sementara kita menghabiskan waktu dan upaya untuk merawat kulit kita dengan baik sebelum tidur, rambut kita perlu perhatian yang sama. Mungkin kamu tidak menyadarinya, tetapi tidur dengan menggerai rambut bisa berakibat buruk.

Kami di Sisi Terang memutuskan untuk mencari tahu lebih dalam tentang bagaimana tidur dengan rambut digerai bisa memengaruhi helaian rambutmu. Kami juga mengumpulkan beberapa kiat untukmu di bagian bonus.

1. Kamu mungkin bangun dengan rambut kusut.

Jika kamu banyak bergerak saat tidur, rambutmu akan menjadi kusut. Ini disebabkan oleh gesekan rambutmu dengan sarung bantal. Tidak hanya membuatmu bangun dengan rambut berantakan, terlalu sering tidur dengan rambut digerai bisa membuat rambutmu rapuh.

2. Kamu bisa berjerawat.

Jika kulitmu sensitif dan rentan berjerawat, sebaiknya jaga rambutmu agar tidak menyentuh wajah. Produk penataan rambut dan kondisioner yang menempel di rambut bisa saja berpindah ke wajahmu dan menyumbat pori-pori. Hal ini akan membuat jerawat tumbuh dan memicu iritasi kulit. Bahkan, pada orang dengan rambut panjang, punggungnya pun bisa berjerawat. Menjauhkan rambut dari wajah saat tidur bisa bantu mencegah beberapa masalah kulit.

3. Bisa mengganggu pertumbuhan rambut.

Ketika rambut kusut, itu berarti kutikulanya terangkat dan tetap terbuka. Rambut yang rusak tumbuh secara perlahan. Jika kamu menginginkan rambut panjang tapi rambutmu tidak bisa tumbuh hingga panjang yang diinginkan, pastikan kamu melindunginya saat tidur.

4. Rambutmu bisa menjadi kering (frizzy).

Kamu mungkin merasa sudah mencoba berbagai produk penataan rambut agar rambut keringmu rapi, namun hal sesederhana seperti menggerai rambut ketika tidur bisa menyebabkan rambutmu kehilangan kelembapannya. Bantalmu mungkin jadi penyebab rambut kering, karena makin banyak gesekan, kelembapan rambut makin banyak menguap.

5. Bisa membuatnya bercabang.

Rambut bercabang tidak hanya menyebalkan. Jika rambut bercabang terjadi di seluruh kepala, ini bisa membuat gaya rambutmu tampak tidak sehat dan tidak terawat. Jika tidak diikat sebelum tidur, semua gerakan saat tidur bisa merusak rambut, menyebabkan patah dan rambut bercabang. Kecuali kamu tidur dengan sarung bantal berbahan sutra, menyisir rambut yang bercabang akan sulit.

6. Bisa memengaruhi kualitas tidur.

Tidur dengan rambut yang digerai tidak hanya membuat rambutmu berantakan di pagi hari, tetapi bisa membuatmu terjaga. Ketika tidur, rambutmu bisa mengenai wajah dan mengganggu tidurmu. Cara terbaik untuk merawat rambut sebelum tidur adalah sisir dengan perlahan dan mengepangnya dengan kepangan yang longgar.

Bonus: Cara melindungi rambut saat tidur

Meski tidur dengan ikat ekor kuda yang kencang bisa merusak rambut, ada beberapa cara mudah untuk merawat rambut saat tidur.

  • Balut rambut dengan kerudung. Kerudung satin atau sutra akan menjaga kesehatan ujung rambut tanpa menyerap kelembapannya.
  • Pakai ikat rambut scrunchie. Konde rambutmu dan ikat dengan scrunchie, bukan yang berbahan karet.
  • Buat kepangan longgar. Daripada merusak rambut dengan alat pengeriting, kepang rambutmu sebelum tidur. Cara ini akan mencegah rambut menempel di wajah pada malam hari dan memberikan tekstur bergelombang alami.

Apa kamu menggerai rambut ketika tidur? Apa yang kamu lakukan untuk melindungi rambut saat terlelap?

Bagikan Artikel Ini