Sisi Terang
Sisi Terang

Cara Makan Menggunakan Sumpit

Makan dengan sumpit mungkin awalnya terlihat super sulit, apalagi jika kita sudah terbiasa menggunakan sendok dan garpu di meja makan. Meski begitu, Sisi Terang sudah menemukan cara paling simpel untuk menggunakan sumpit dengan cara memegangnya dengan tepat dan mengikuti beberapa etiket dasar. Kalau ingin tahu lebih lanjut, silakan baca artikel ini sampai habis.

Cara memegang sumpit

1. Lihat telapak tangan kananmu (atau tangan kirimu jika kamu kidal).

2. Jepit sumpit pertama seperti pulpen. Sumpit ini harus dipegang pada sekitar tiga per lima dari ujung kecilnya.

3. Sekarang, selipkan sumpit kedua di antara celah yang ada di antara pangkal ibu jari dan jari telunjukmu.

4. Terus geser sumpit kedua ini hingga sejajar dengan ujung atas sumpit yang di atas. Tahanlah menggunakan jari tengah.

5. Hasil akhirnya mungkin terlihat seperti ini.

Cara makan menggunakan sumpit

  • Sumpit yang di atas harus lebih aktif. Sumpit yang di bawah lebih mirip jangkar dan tidak boleh bergerak.
  • Latih jarimu untuk membuka dan menutup sumpit atas seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Sumpitmu tidak boleh sampai menyilang, karena itu dianggap tidak sopan. Selain itu, jika posisi sumpitmu seperti ini, kamu akan makin sulit mengambil makanan.
  • Jangan pernah taruh sumpitmu secara vertikal di mangkuk makanan, karena dianggap membawa sial. Sebagai gantinya, taruh sumpitmu secara horizontal di atas mangkuk makananmu, seperti yang ditunjukkan pada gambar.
  • Selain itu, jangan ambil makanan secara vertikal dari mangkuk. Jadi, kamu cukup mengangkat makanan seperti saat menggunakan garpu, yaitu dengan gerakan memutar pergelangan tangan yang sama.
  • Menurut etiket Tiongkok, kita harus selalu mengangkat mangkuk nasi mendekati mulut dengan satu tangan dan menggunakan sumpit dengan tangan satunya. Akan tetapi, di Korea, ini dianggap tidak sopan. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan baik-baik dengan siapa kamu makan dan ikuti etiket yang tepat.
  • Jangan pernah ketuk sumpitmu di tepi mangkuk, ini adalah gerakan yang dilakukan para pengemis untuk menarik perhatian. Jika sumpitmu tidak digunakan, taruhlah di tatakan sumpit.

Jangan pernah mencoba mengambil, mendorong, atau menggigit makanan dari satu sumpit. Selalu gunakan kedua sumpit secara bersamaan.

Sisi Terang/Tips & trik/Cara Makan Menggunakan Sumpit
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya