Cara Membedakan 9 Pasang Tanaman yang Sering Membuat Kita Keliru

Saat berjalan-jalan di alam dan melewati bermacam tanaman, kita sering tergoda memetik buahnya untuk dicicipi. Namun, sebelum melakukannya, pastikan kamu tidak salah mengira tanaman yang bisa dimakan dengan kembaran “jahat” mereka dan alih-alih memperoleh kelezatan yang menggiurkan, kamu akhirnya justru mendapat masalah pencernaan.

Itu sebabnya, kami di Sisi Terang menghimpun daftar berbagai tanaman yang bisa dimakan dengan tanaman serupa yang beracun, supaya kamu bisa selalu yakin telah memetik tanaman yang benar. Dan jangan lewatkan pasangan bonus di akhir artikel.

1. Anggur liar dan moonseed

Cara membedakannya: kedua tanaman ini berbuah dalam tandan sehingga sangat mudah tertukar satu sama lain. Jadi, cara terbaik mengenali mana yang bisa dimakan adalah ambil buahnya, dan buka. Anggur liar (gambar sebelah kiri) berbiji bulat, sedang biji moonseed (kanan) berbentuk bulan sabit.

2. Jamur spons asli dan jamur spons palsu

Cara membedakannya: batang jamur spons asli (gambar kiri) berongga dan tudungnya menempel dengan erat dengan tampilan seperti sarang madu. Di sisi lain, jamur spons palsu (gambar kanan) berbatang padat dan bertudung spons menyerupai otak yang sangat mirip dengan jamur spons asli.

Baik jamur spons asli maupun palsu sama-sama tumbuh di kawasan hutan, jadi berhati-hatilah, agar jangan sampai tertipu oleh tampilannya yang mirip.

3. Ranti dan atropa belladona

Cara membedakannya: buah ranti atau lenca (sebelah kiri) tumbuh dalam tandan dan bunganya bermahkota putih, sedang buah atropa belladona (sebelah kanan) tumbuh sendiri-sendiri. Tapi kamu juga harus berhati-hati saat memetik buah ranti atau lenca, karena dalam keadaan mentah, buah ini bisa beracun.

4. Almon manis dan almon pahit

Cara membedakannya: Almon manis (gambar kiri) bisasanya berasal dari pohon yang berbunga putih, sedang almon pahit (gambar kanan) berasal dari pohon yang berbunga pink. Tapi terkadang warna bunga bisa bervariasi dan cara lain untuk membedakannya adalah dengan melihat buahnya. Bentuk almon pahit lebih lebar dan pendek dibanding almon manis.

5. Bawang putih liar dan cama kematian

Cara membedakannya: Cara termudah membedakan kedua tanaman ini adalah dengan menggunakan indra penciumanmu. Tanaman bawang putih liar (gambar kiri) memiliki aroma khusus yang bisa dikenal dari bawang merah dan putih, sedang tanaman cama kematian (gambar kanan) tidak memiliki aroma kuat itu.

6. Bluberi liar dengan beri tutsan

Cara membedakannya: Meskipun kedua tanaman ini sangat serupa, kamu bisa membedakannya dengan warna buahnya. Buah bluberi liar (gambar kiri) berwarna biru ketika matang sepenuhnya, sedangkan buah beri tutsan (gambar kanan) berwarna hitam.

7. Kastanye dan kastanye kuda

Cara membedakannya: kastanye yang bisa dimakan (gambar kiri) selalu ada titik atau rumbai pada kacangnya. Di sisi lain, kastanye kuda (gambar kanan), tidak memiliki rumbai atau titik pada kacangnya, dan teksturnya halus serta bulat.

8. Wortel liar dan hemlock beracun

Cara membedakannya: Perhatikan batangnya. Batang wortel liar (gambar kiri) biasanya tertutup bulu, sedang hemlock beracun (gambar kanan) berbatang halus, tanpa bulu dengan titik-titik ungu.

9. Tomat rampai dan bittersweet nightshade

Cara membedakannya: Kedua tanaman ini menghasilkan bunga bermahkota 5 yang runcing, tapi warnanya berbeda. Mahkota bunga tomat rampai (gambar kiri) berwarna kuning, sedang bittersweet nightshade (gambar kanan) menghasilkan kelopak berwarna ungu tua.

Bonus: Dandelion dan telinga kucing (dandelion palsu)

Di sebagian tempat, telinga kucing dianggap sebagai rumput berbahaya atau mengganggu, tapi di tempat-tempat lain dianggap sebagai kekayaan herbal. Dan meskipun mengonsumsi dandelion palsu aman bagi manusia, rumput ini bisa benar-benar beracun bagi kuda jika dikonsumsi berlebihan.

Cara membedakannya:

Batang dandelion (gambar kiri) yang berbunga tidak bercabang serta berongga, daunnya bergerigi, tak berbulu dan tampak halus. Di sisi lain, batang tanaman telinga kucing (gambar kanan) bercabang dan padat, yang lebih panjang dibanding batang dandelion asli, dan memliliki daun berbentuk membulat.

Apa kamu pernah salah sangka terhadap salah satu tanaman ini? Kamu tahu tanaman lain yang bisa dimakan dan punya kembaran beracun?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini