Gunakan 9 Cara Ini untuk Memanfaatkan Produk Kedaluwarsa di Rumah

Meski bukan tindakan yang paling menyenangkan, tapi kamu bisa memanfaatkan produk yang sudah melewati tanggal kedaluwarsanya. Dari produk perawatan kulit hingga bahan masakan, penggunaan alternatif ini mungkin saja adalah hal yang kamu perlukan.

Awalnya, kami di Sisi Terang berpikir bahwa makanan yang busuk dan produk riasan wajah yang kedaluwarsa seharusnya dibuang, namun kini kami tahu bahwa kita bisa menemukan kegunaannya yang lain.

1. Alpukat.

Jika kamu tidak sempat menggunakan alpukatmu yang matang sempurna dan kini sudah busuk, jangan langsung dibuang! Kamu bisa memakainya untuk rambutmu. Alpukat busuk bisa menjadi pelembap yang baik. Cukup ditumbuk atau diblender, lalu oleskan pada rambut yang kering. Diamkan selama setidaknya 6 jam dan cuci dengan sampo dan kondisioner yang biasa kamu pakai.

Ingat, pada awalnya rambutmu mungkin akan terasa kering, tapi setelah mencucinya dua kali, rambutmu akan lembut dan berkilau.

2. Masker wajah lembaran.

Masker wajah lembaran, atau yang biasa kita sebut sheet mask, tidak baik digunakan pada wajah setelah kedaluwarsa. Namun, kamu bisa memakainya pada kaki, dada, leher, atau tangan yang kering dan bersisik.

3. Pelembap dan susu pembersih.

Jika punya pelembap atau susu pembersih yang kedaluwarsa, kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan dan memoles tas dan dompet. Cukup tuangkan produk kedaluwarsa ini pada kapas pembersih dan mulailah memoles.

4. Susu.

Susu basi masih bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Kamu bisa membuat keju sendiri, memakainya untuk memanggang kue, dan bahkan membuat panekuk. Selain untuk memasak, susu juga bisa dipakai sebagai masker. Cukup oleskan di seluruh wajah, diamkan, lalu bilas. Baunya mungkin tidak menyenangkan, tapi asam laktatnya akan ampuh untuk kulitmu.

5. Krim cukur.

Krim cukur bisa digunakan kembali dengan berbagai cara setelah kedaluwarsa. Produk ini baik untuk membersihkan kotoran dan minyak dengan menyerapnya. Namun, hal yang paling mengejutkan adalah krim cukur bisa membersihkan bagian bawah kuku. Cukup oleskan kuku dengan sedikit krim, lalu bersihkan dengan tusuk gigi.

6. Pasta gigi.

Karena mengandung detergen, pasta gigi dapat membantu menghilangkan noda di karpet dan bahkan bisa membersihkan krayon di dinding. Sebagai tambahan, kamu bisa memutihkan dan membersihkan sepatu tenis dan layar ponsel. Produk ini juga bisa membantu menghilangkan bau asam di botol bayi.

7. Greek yoghurt.

Greek yoghurt bisa memberikan banyak manfaat, bahkan setelah lewat tanggal kedaluwarsanya. Mungkin ini terdengar aneh awalnya, tapi yoghurt bisa menjadi masker wajah eksfoliasi yang bagus. Kamu hanya perlu mencampurkan yoghurt dengan madu, juga mentimun yang ditumbuk, lalu oleskan pada wajah, dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, cuci wajah dengan air hangat.

8. Eye liner dan lip liner.

Menggunakan pensil mata dan bibir yang sudah kedaluwarsa tidaklah baik. Namun, jangan dibuang, karena masih bisa digunakan untuk menggaris bawahi kata dan kalimat pada buku atau dijadikan pensil warna.

9. Selai kacang.

Selai kacang dapat menghemat banyak waktumu ketika kehabisan krim cukur. Selai kacang adalah alternatif yang bagus karena mengandung banyak minyak yang akan melembutkan kulit dan tidak akan membuat kulit menjadi kering setelah mencukur. Kulitmu akan menjadi halus.

Pernah menggunakan produk kedaluwarsa? Produk apa itu, dan digunakan untuk apa? Produk mana dari daftar di atas yang ingin kamu coba?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini