Ini Dia Alasannya Kenapa Para Seleb Memakai Minyak Zaitun, alih-alih Produk Mahal

Sophia Loren yang telah menua dengan sangat anggun dan dipilih sebagai orang tercantik alami di dunia di usia 71, sangat meyakini khasiat mandi minyak zaitun murninya. Faktanya, aktris pemenang piala Oscar ini bukan satu-satunya yang memakai minyak salad populer ini sebagai senjata rahasia perawatan kulitnya. Emma Stone, Julia Roberts, Miranda Kerr, dan banyak selebritas lain memakai bahan masakan terjangkau dan mudah didapat ini untuk mempertahankan penampilan siap pentas mereka.

Kami di Sisi Terang terkesan oleh fakta banyaknya superstar, yang bisa menjangkau perawatan kulit termahal, tapi lebih memilih minyak zaitun. Maka, kami menjelajahi internet untuk mencari tahu apa manfaat kecantikan yang ditawarkan oleh bahan dapur penting ini. Dan, ada bonus yang bisa kamu cek di akhir artikel.

1. Menenangkan kulit sensitif.

Minyak zaitun berkhasiat sebagai antiradang ampuh dan berguna bagi kulit lembut yang mudah mengalami iritasi. Berkat sifatnya yang antibakteri, minyak ini juga bisa mencegah jerawat sambil menghidrasi dan melembapkan kulitmu. Emma Stone, yang mengungkap bahwa kulitnya cenderung alergi, berkata dia selalu punya sebotol minyak zaitun di wastafelnya. “Aku sangat alergi terhadap banyak hal, jadi hanya bisa memakai produk berbahan tunggal,” kata aktris film La La Land itu. “Jadi, aku mengoleskannya di wajah, dan bauku sudah seperti focaccia.”

2. Melembapkan kulit kering.

Saat kulitnya terasa kering, Stone juga memakai minyak zaitun untuk menjaganya agar tetap terhidrasi. Aktris itu mengaku perawatan rutin kulitnya terus berubah. “Yang paling kusukai hanya minyak-minyakan—minyak zaitun, minyak argan, minyak biji anggur, dan minyak kelapa,” katanya. Karena mempertahankan kelembapan, maka minyak zaitun bisa digunakan sebagai pelembap untuk kulit kering dan sensitif. Tapi minyak ini tidak boleh digunakan berlebihan, karena terlalu banyak minyak bisa menyumbat pori-porimu, sehingga akhirnya menimbulkan jerawat.

3. Berfungsi sebagai losion.

Minyak zaitun bisa dengan mudah menggantikan body butter dan cream. Kylie Jenner juga mengaku dirinya adalah penggemar minyak zaitun dan suka memakainya untuk melembapkan kulitnya setelah mandi. Jenner berkata mandi rutinnya mencakup keramas dan memakai kondisioner, melakukan eksfoliasi tubuh dengan loofah, lalu ’melumuri’ tubuhnya dengan minyak organik, seperti minyak zaitun.

4. Memperkuat kukumu.

Di samping memberikan berbagai manfaat terhadap kulit, minyak zaitun juga bisa memperbaiki tekstur kukumu. Karena mengandung vitamin E, minyak ini bisa membantu kuku tumbuh lebih cepat dengan memperbaiki sirkulasi darahnya. Bahkan, Julia Roberts memakai cara ini guna memperbaiki kukunya. Dia mencampur beberapa tetes minyak ini dengan air hangat, mengoleskan campuran itu pada kukunya, dan membiarkannya sekitar setengah jam agar kukunya tampil sempurna.

5. Membuat rambutmu berkilau.

Banyak selebritas suka memakai minyak zaitun untuk menjaga kesehatan dan kelembapan rambut mereka. Miranda Kerr mengaku bahwa sekali seminggu dia tidur dengan minyak organik di rambutnya. “Minyak zaitun menutrisi kulit kepala dan membuat rambutku sangat berkilau,” kata model Victoria’s Secret itu. Cipriana Quann, blogger dan influencer yang terkenal dengan rambut alaminya yang menawan berkata dia mengoleskan minyak zaitun di rambutnya pada malam hari dan membalutnya dengan syal sutra. Karena menembus batang rambut, minyak ini membuatnya tetap terhidrasi dari dalam, menjadikan rambutmu lembut serta bervolume.

6. Bisa menyembuhkan tumit pecah-pecah.

Kulit telapak kaki yang menebal dan terlalu kering bisa menyebabkan tumit pecah-pecah, yang bukan hanya membuat malu, tapi juga terasa sakit. Melembapkan telapak kakimu dengan minyak zaitun bisa menjauhkan tumit pecah-pecah sehingga tidak mengganggu tampilanmu saat ingin memakai sandal. Julia Roberts bukan hanya memakai minyak zaitun untuk kukunya, tapi juga untuk kakinya. Aktris itu suka menggosokkan sedikit minyak zaitun ekstra virgin, memakai kaus kaki, dan membiarkan minyak itu semalaman.

Bonus: Body scrub minyak zaitun

Di samping melembapkan kulit, minyak zaitun juga bisa dipakai sebagai eksfoliator, guna menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjadikan kulitmu terasa lembut dan terhidrasi. Untuk membuat body scrub minyak zaitun, campurkan 3 sendok makan minyak zaitun ekstra virgin dengan 2 sendok makan madu dan tambahkan ½ cangkir gula. Jika kamu suka scrub yang lebih halus, pakai lebih sedikit gula. Dengan menggosokkan campuran ini pada kulit sekitar 60 detik, kulit akan sangat tereksfoliasi, membuatnya bercahaya dan halus.

Apa kamu memakai minyak zaitun dalam rutinitas kecantikanmu? Apa kamu tahu tips-tips kecantikan lain dengan minyak zaitun yang bisa dibagikan kepada pembaca Sisi Terang lain?

Bagikan Artikel Ini