Inilah 10 Cara agar Kamu Bisa Membuat Kebun yang Ramah Burung

Banyak burung telah kehilangan sarang karena dampak perubahan iklim dan aktivitas manusia terhadap habitatnya. Tapi burung sangat penting bagi alam dan kita. Misalnya, burung bisa mengendalikan hama, menyebarkan biji-bijian, dan menyerbuki tanaman. Untungnya, kalau punya kebun, kamu bisa melakukan beberapa transformasi agar kebunmu lebih ramah burung dan membantu burung-burung bertahan hidup.

Kami di Sisi Terang menganjurkan agar kamu melakukan sedikit penyesuaian dalam tampilan kebunmu. Serta, kalau mengikuti saran kami, mungkin kamu akan segera melihat lebih banyak burung di kebunmu!

1. Tanam pohon-pohon kecil dan semak-semak dalam rumpun.

Ini akan meningkatkan kesuburan, dan karena itu, tanaman akan mampu menghasilkan lebih banyak buah. Kalau ada banyak buah warna-warni di satu tempat, burung akan lebih mudah melihatnya. Agar tampak lebih alami, hindari menanam pohon-pohon atau semak-semak secara berderet.

2. Buatlah beberapa lapisan.

Agar kebunmu lebih menarik bagi burung, cobalah membuatnya tampak seperti habitat alami burung. Burung yang berbeda menggunakan lapisan berbeda, jadi kamu akan bisa menarik perhatian beberapa spesies. Kamu bisa menanam pohon-pohon besar di kebunmu untuk menciptakan lapisan tertinggi, lalu pohon-pohon dan semak-semak yang lebih kecil, kemudian bunga-bunga dan rumput, dan sisa-sisa dedaunan atau kayu-kayuan yang membusuk bisa membentuk lapisan terendah.

3. Pilihlah tanaman asli.

Cobalah untuk mencari tahu tanaman yang asli di kawasanmu. Penting untuk memilih tanaman asli dibanding spesies yang tidak asli, karena kemungkinan burung tidak akan tertarik kepada tanaman yang tidak dikenal. Tanaman asli juga lebih mudah dirawat sebab telah beradaptasi dengan iklim setempat.

Tanaman asli juga akan memberikan nutrisi yang tepat bagi burung. Burung-burung bisa hidup dari serangga, buah-buahan, kacang-kacangan, serta biji-bijian yang ada di pohon-pohon. Bunga juga merupakan tambahan yang bagus bagi kebunmu karena menyediakan nektar bagi burung-burung.

4. Tambahkan tempat pakan burung.

Berbagai jenis tanaman di halaman sudah menjadi sumber nutrisi yang baik bagi burung. Tapi kamu bisa menambahkan meja serta tempat pakan burung sebagai sumber makanan tambahan. Ini terutama akan sangat membantu dalam cuaca tertentu saat makanan lebih sulit dicari. Di samping itu, tingkat kehidupan anak burung lebih tinggi di kawasan yang terpasang tempat pakan burung.

5. Sediakan air.

Burung butuh air untuk minum dan membersihkan diri. Kolam bisa menjadi sumber air yang bagus bagi mereka. Tapi lebih baik kalau ada sumber tambahan juga, sebab kolam bisa saja mengering saat musim kemarau. Bak mandi burung bisa menjadi solusi yang tepat, tapi pastikan untuk meletakkannya pada posisi terlindung, dan juga sering-sering bersihkan serta isi kembali airnya.

6. Buatkan lokasi sarang.

Kamu bisa menambahkan rumah burung atau kotak-kotak sarang agar burung bisa memakainya sebagai tempat berlindung atau bersarang. Pastikan untuk meletakkannya di tempat jauh yang tersembunyi, dan tidak terlalu dekat dengan pakan burung, atau burung yang bersarang terpaksa harus mempertahankan wilayahnya dari burung lain yang sedang mencari makan. Menanam pohon konifer juga cocok sebagai tempat bersarang.

7. Hindari pestisida.

Cobalah untuk tidak memakai pestisida sama sekali atau paling tidak batasi pemakaiannya. Pestisida bisa langsung membahayakan burung karena terkadang burung mengira butiran pestisida sebagai kerikil dan mematuknya. Makanan mereka juga bisa terkena pestisida. Serangga juga penting artinya bagi kebunmu jika kamu ingin membuatnya ramah burung, karena sebagian burung makan serangga.

8. Minimalkan rumputmu.

Petak-petak rumput luas tidak alami dan tidak begitu bermanfaat bagi burung, karena tidak memberikan banyak makanan atau tempat berlindung. Belum lagi masalah dengan pupuk, pemotongan rumput, dan pemakaian pestisida untuk pengendalian hama dan penyakit. Jadi, lebih baik batasi ukuran petak rumputmu dan tanam lebih banyak jenis pohon, semak, serta bunga yang mirip habitat alami burung.

9. Biarkan pohon dan cabang mati.

Burung-burung memakai pohon mati untuk hinggap dan mempertahankan wilayahnya. Burung pelatuk juga bisa membuat rongga di dalamnya, di mana burung-burung bisa bersarang. Selain itu, pohon mati bisa menjadi tempat yang cocok untuk memasang rumah burung.

10. Manfaatkan atapmu.

Kalau punya atap rata, kamu juga bisa memakainya untuk membuat kebun. Kamu bisa menambahkan pot-pot dan kontainer dengan berbagai tanaman dan sumber air serta membuat tempat berlindung—ini akan sangat cocok sebagai tempat berlindung burung. Atap juga lebih aman dibanding di tanah, sebab tidak akan ada predator tanah yang bisa memangsa burung.

Seperti apa tampilan kebunmu? Apa kamu punya tips lain tentang cara membuat kebun agar menarik bagi burung?

Bagikan Artikel Ini