Inilah 10 Obat yang Bisa Merawat dan Mencegah Rambut Beruban

Berita baiknya, ada bahan makanan dan perawatan tertentu yang bisa dipakai untuk mencegah rambut beruban, dari tembaga sampai berbagai macam teh dan vitamin. Karena banyak sekali produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya, sekarang orang lebih memilih solusi alami. Memastikan kita cukup asupan vitamin dan nutrisi yang tepat bisa menjadi awal yang baik untuk melindungi diri dari tumbuhnya uban dini.

Sisi Terang telah menemukan beberapa cara paling alami yang bisa menunda dan merawat uban untuk kamu coba sendiri di rumah.

1. Buah amla (gooseberry India, malaka)

Minum secangkir jus buah ini setiap hari akan membawa banyak khasiat kesehatan, karena amla kaya akan vitamin C dan antioksidan lain. Zat-zat ini bisa melawan radikal bebas yang merusak rambut kita. Kamu juga bisa mengoleskan minyak malaka langsung pada rambut untuk memperkuat dan memperbaiki pertumbuhannya, sekaligus memperkaya pigmen rambutmu, yang bisa berkontribusi dalam menjaga warna alaminya.

2. Daun kari

Yang mengejutkan, daun kari atau salam koja bisa menjadi sarana untuk mencegah uban dini karena kandungan antioksidan dan zat besi, juga vitamin dan mineral bermanfaat lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi bisa menyebabkan rambut beruban dini, sehingga daun kari bisa menjadi cara sehat untuk memperlambat proses itu.

Kamu bisa menggunakan daun kari dalam bentuk ekstrak, dicampur dengan minyak kelapa untuk rambutmu, atau bisa juga menghancurkan beberapa lembar daun ini menjadi bubuk dan menambahkannya ke minyak kelapa.

3. Suplemen nutrisi

Terkadang, uban merupakan pertanda bahwa tubuh kita butuh lebih banyak nutrisi dan bahwa sudah saatnya minum suplemen nutrisi. Kadar vitamin B12, B7 (biotin), B9 (asal folat) dan D3 yang rendah ditemukan pada orang-orang yang beruban dini, demikian menurut sebuah penelitian terhadap 52 orang. Meningkatkan nutrisi ini bisa menjaga rambutmu tetap muda dan sehat lebih lama.

4. Makanan yang kaya akan katalase

Ubi jalar, wortel, cabai merah, dan jamur adalah sebagian makanan yang bisa mencegah uban dini. Ini karena bahan makanan ini tinggi kadar enzim katalase, yang diketahui bisa melindungi pigmen rambutmu. Mengonsumsi bahan makanan ini secara teratur bisa melindungi rambutmu dari uban dini.

5. Teh hijau

Dalam kaitannya dengan perawatan rambut, antioksidan penting karena bisa melindungi dari radikal bebas yang berasal dari sinar matahari dan polusi. Karenanya, minum teh hijau bisa membantu tubuhmu melawan berbagai dampak radikal bebas, sebab teh hijau banyak mengandung nutrisi, antioksidan dan fitokimia. Memakai ekstrak teh hijau pada rambutmu (sebagai sampo atau minyak) juga bisa menjaga kekuatan rambut dan menunda tumbuhnya uban.

6. Cokelat hitam

Makanan yang banyak mengandung tembaga diketahui sangat membantu menghentikan uban dini. Ini menjadikan makanan seperti cokelat hitam sebagai temanmu, karena tinggi kandungan tembaga. Sebenarnya, peran tembaga sangat penting dalam pewarnaan rambut, sebab zat ini adalah bagian penting dari melanin, pigmen gelap yang memberi warna kulit, mata, dan rambut kita. Melanin mengandalkan tembaga, dan jika kekurangan bahan ini, rambut kita bisa beruban.

7. Minyak almon

Almon penuh dengan vitamin E dan A, keduanya adalah nutrisi penting agar rambutmu tampak tetap muda. Memijat rambut basah setelah keramas dengan minyak ini secara teratur bisa membantu melindungi rambutmu dari proses ubanan dengan menjaganya dari oksidan dan radikal bebas. Ini akan menjaga kekuatan rambut dan melindunginya dari kerusakan, termasuk uban dini.

Perawatan alami untuk rambut beruban

1. Teh hitam

Kamu bisa memakai teh hitam dingin sebagai bilasan setelah keramas atau menambahkannya ke dalam kondisioner tanpa bilasmu. Sejalan dengan waktu, tanin dalam teh bisa membuat gelap ubanmu, tanpa menimbulkan kerusakan. Kamu bisa mengulanginya sesering mungkin sampai warna rambutmu cukup gelap.

Yang harus dilakukan hanya mencelup 3-5 kantong teh atau beberapa sendok teh hitam dalam 1 cangkir air mendidih. Begitu dingin, oleskan pada rambutmu dan biarkan selama satu jam sebelum membilasnya dengan air dingin.

2. Urang-aring

Perawatan bagus untuk uban ini bisa membantumu menutupinya tanpa bahan kimia berbahaya. Kamu bisa memanaskan urang aring dalam panci dengan api kecil. Setelah dingin, oleskan sedikit rebusan itu di kepala dan pijat kulit kepala serta akar rambut dengan lembut agar meresap. Kamu bisa mengulangi hal ini dua kali seminggu di tahap awal, lalu kurangi menjadi satu kali seminggu saja.

3. Kopi hitam

Salah satu minuman penyegar favorit kita juga bisa menutup ubanmu dengan mewarnainya dan membuatnya berwarna lebih gelap. Kopi punya efek mewarnai rambut meskipun tidak permanen. Ini adalah opsi cepat untuk membuat warna rambut lebih gelap satu atau dua tingkat. Cukup seduh secangkir pekat kopi hitam, tambahkan 2 sendok makan ampas kopi, dan secangkir kondisioner. Setelah keramas, gunakan kondisioner kopi ini pada rambut basah.

Agar warnanya menetap pada rambut, biarkan kondisioner kopi di rambut selama satu jam dengan ditutup topi mandi. Terakhir, cuci sampai airnya bening. Pewarna ini akan bertahan sampai 2 minggu.

Bagaimana perasaanmu soal rambut beruban? Apa teknikmu untuk mengatasinya?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini