Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Inilah 12 Aturan Menghemat Uang yang Diikuti oleh Orang Kaya

Uang membantu kita hidup sesuai impian, selama kita punya pemasukan yang banyak dan tidak terlalu royal. Sementara kebanyakan dari kita sibuk menyeimbangkan belanja pribadi dengan liburan tahunan untuk memastikan kita punya tempat tinggal dan makan tiap hari, banyak orang lain sangat rapi mengatur gaji dan tagihan kartu kreditnya! Mereka bekerja seperti kita, tapi tabungannya terus bertambah.

Sisi Terang tertarik dengan ciri-ciri umum dan aturan yang diyakini oleh orang-orang yang pandai mengelola uang ini. Percaya atau tidak, 12 trik menghemat uang yang dilakukan orang kaya ini bisa mengubah tampilan rekening tabunganmu.

1. Aturan 24 jam

Para hartawan percaya dengan aturan 24 jam. Mereka memang tidak perlu berpikir dua kali sebelum berbelanja mahal, tapi mereka menunggu sehari sebelum benar-benar mengambil keputusan. Pembelian impulsif terjadi karena pemicu emosional dan seringnya tidak perlu. Tanyakan pada diri sendiri apakah kamu “ingin atau butuh”, dan kamu tidak akan berbelanja seroyal itu.

2. Diet serba tunai

Ekonomi tanpa uang tunai bagus bagi dompet, tapi tidak ramah bagi tagihan kartu kreditmu. Orang yang menghabiskan uang dengan penuh pertimbangan lebih menyukai uang tunai dibanding kartu kredit, terutama untuk belanja yang kecil-kecil. Orang kaya hidup dengan kebiasaan menjauhi utang sejauh mungkin. Kamu bisa memulai dengan membayar tunai makananmu dan hindari menyimpan detail kartumu dalam browser untuk mengawasi pengeluaranmu.

3. Tentukan anggaran dan patuhilah

Kedengarannya ini klise, tapi membuat anggaran saat gajian dan mematuhinya akan membantumu menghemat banyak uang. Lakukan audit jujur tentang “pemasukan vs pengeluaran” dan tentukan batas atas yang jelas pada pengeluaran pribadimu. Para ahli keuangan menamakan ini metode penyusunan anggaran 50/30/20.

4. Berbelanjalah hal-hal yang membantumu memperoleh uang

Kamu tidak perlu menderita demi menghemat uang. Orang kaya berbelanja royal pada hal-hal yang menjamin investasi jangka panjang. Berbelanja yang membantu pekerjaanmu, berkontribusi terhadap pekerjaanmu saat ini, atau menambah penghasilan menyeluruh adalah bagus.

Kimberly Palmer, ahli keuangan pribadi di perusahaan keuangan swasta Nerdwallet, senang berbelanja pakaian kerja, laptop bagus, atau mobil yang dapat diandalkan.

5. Berinvestasilah untuk layanan yang menghemat waktumu

Menurut situs web Business Insider, orang kaya tidak menghindari pengeluaran royal untuk layanan yang bisa menghemat waktu dan menyelamatkan mereka dari tekanan mental. Mereka fokus berinvestasi, bukan berbelanja. Memesan antar bahan makanan, memakai jasa laundry, atau menyewa tempat relatif mahal agar bisa tinggal lebih dekat dengan tempat kerja akan menambah waktu berkualitas dalam hidupmu. Biayanya mungkin lebih mahal, tapi memberimu kelonggaran waktu guna melakukan hal-hal yang membuatmu bahagia.

6. Pengalaman itu tak ternilai harganya.

Para hartawan bergaya hidup flamboyan dan memastikan untuk menambah pengalaman hidup ke dalam agenda mereka. Itu karena mereka mengutamakan pengeluaran untuk memperkaya pengalaman yang memberi nilai tambah bagi hidup dan kesehatan mereka. Mereka akan dengan mudah mau menukar pengeluaran sehari-hari dengan kegiatan lari, terjun payung, atau menjadi anggota gym yang bisa mengubah hidup mereka!

7. Tagihan dulu, yang lain nanti!

Memahami biaya tetapmu adalah kelebihan orang yang pandai mengelola uang dibanding kita. Mereka percaya aturan membayar biaya tetap mereka pada hari pertama melalui sistem otomatis agar punya gambaran jelas bagaimana akan membelanjakan sisa uangnya.

8. Menyusun daftar belanja untuk obral tahunan

Kita semua suka diskon. Tapi, membeli barang yang sedang diskon tidak selalu sama dengan menghemat uang. Betapa pun menguntungkannya, diskon akhirnya akan membuatmu berbelanja lebih banyak daripada seharusnya dan bahkan malah membeli barang yang tidak diperlukan. Orang yang pandai mengelola uang menyarankan untuk merencanakan daftar belanjamu di awal dan menjadwalkan belanja besarmu saat ada diskon agar mendapat harga murah.

9. Berinvestasi dalam hal yang membuatmu bahagia dan sehat

Membeli barang yang membuatmu bahagia dan menambah koleksi hobi dan minatmu sesekali tidak jadi masalah. Orang kaya “bekerja keras dan bersenang-senang lebih keras” dengan memastikan bahwa mereka sangat menyukai pekerjaannya dan berinvestasi dalam hal yang membuat bahagia. Jika kamu berminat terhadap rasi bintang, berbelanja teleskop dengan royal tidak mengapa, asal tabunganmu memungkinkan dan kamu benar-benar bahagia.

10. Mulailah hari-hari atau akhir pekan “tanpa belanja”

Orang yang pandai menghemat juga pandai mengendalikan keinginan untuk berbelanja yang tidak perlu. Cobalah adakan hari “tanpa belanja” tiap minggu atau di akhir pekan dan patuhi itu.

11. Tabunglah uang recehmu dan gunakan

Semua orang benci uang receh. Begitu kamu masukkan ke dalam tas, uang receh langsung dilupakan. Tapi coba tebak: semua koin yang ditabung adalah penghasilanmu. Simpan koin agar mudah dipakai dan gunakan lagi saat istirahat minum kopi agar pengeluaran harianmu minim.

12. Perbaiki segala sesuatunya sebelum dibuang

Meskipun orang kaya suka berinvestasi, mereka berkomitmen dalam pengeluaran sampai detik terakhir. Merekalah yang menyebarkan ide untuk memperbaiki mesin dan gawai saat rusak sebelum membuangnya. Memperbaiki barang-barang akan menghemat uang dan juga menyelamatkan planet kita!

Adakah tips menghemat uang yang membantumu menabung cukup banyak untuk mengatasi krisis pada saat-saat terakhir? Bagaimana dengan liburan? Beri tahu kami tips-tipsmu di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini