Sisi Terang
Sisi Terang

Kami Punya 10 Kiat Bersih-Bersih Ampuh dan Kamu Pasti Bersyukur Bisa Mengetahuinya

Berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk bersih-bersih rumah setiap harinya? Menurut Bureau of Labor Statistics, kegiatan rumah tangga memakan waktu sekitar 2,6 jam untuk para wanita, sementara para pria menghabiskan sekitar 2,1 jam.

Sisi Terang telah menyiapkan koleksi kiat bersih-bersih agar kegiatan ini lebih mudah dan lebih cepat diselesaikan, sehingga kamu bisa menghemat waktu untuk keluarga, teman, dan hobi favoritmu.

1. Cara melancarkan pipa pembuangan yang mampat

Pipa pembuangan yang mampat adalah masalah yang menyebalkan. Bau busuk, air bocor, kelembapan, jamur, dan bakteri hanyalah beberapa contoh dampaknya. Jika kamu ingin menyelesaikan masalah ini tanpa jasa bersih-bersih profesional, ikutilah instruksi di bawah ini.

  • Tuang air mendidih ke pipa.
  • Tambahkan 1/2 cangkir soda kue dan biarkan selama beberapa menit.
  • Tuang campuran 1 cangkir cuka dan 1 cangkir air panas ke saluran pembuanganmu.
  • Tutup lubang ini dengan kain besar dan biarkan hingga 10 menit. Sementara itu, rebus air.
  • Setelah 10 menit, perlahan tuangkan air panas ke saluran pembuanganmu.

2. Cara menghapus noda tinta dari pakaian

Ini dapat terjadi bukan hanya pada anak-anak, tapi juga orang dewasa. Untungnya, ada jalan keluar yang sederhana untuk masalah ini. Semprotkan alkohol gosok ke noda tinta di bajumu dan biarkan selama 15 menit. Lalu usap nodamu dengan spons dan hapus nodanya sampai tidak ada tinta yang tersisa di kain.

Bilas bajumu menggunakan air dingin, gunakan detergen penghilang noda sebelum dicuci, lalu masukkan ke mesin cuci.

3. Cara menjaga kulkas bersih lebih lama

Apa kamu bosan membersihkan kulkas dari noda stoples, tumpahan susu, remah makanan, atau sisa makanan yang lengket? Membuat kulkas segar kembali memang agak sulit, bahkan efeknya tidak bertahan lama.

Tapi kiat ini sangat sederhana dan akan membantumu menghemat banyak waktu. Tutup rak kulkasmu menggunakan kertas perkamen atau dengan alas kulkas. Dan saat sudah terlalu kotor, kamu cukup mengganti atau mencucinya.

4. Cara menghapus goresan dari piring dan gelas

Kamu tidak perlu khawatir saat melihat goresan di piring atau gelas favoritmu. Campurkan satu sendok makan air dan 2-3 sendok makan soda kue. Oleskan campuran ini ke piring atau gelas yang terbaret menggunakan jari atau kain pembersih. Setelah itu, poles piring atau gelasmu untuk menghilangkan goresan dan bersihkan dengan kain lembap.

5. Cara menangani wajan atau panci yang gosong

Semua orang pasti suka makanan lezat, tapi jika sudah harus mencuci piring, cuma ada beberapa orang yang bersedia mengurusnya. Dan jika ada wajan atau panci yang gosong, maka tugas ini mungkin terlihat mustahil bagimu. Tapi ternyata ada solusi mudah untuk ini.

Ambil 2 lemon dan potong menjadi beberapa bagian: kamu perlu menutup seluruh bagian dasar wajan yang gosong ini. Tuang air juga hingga menutupi seluruh bagian dasarnya. Rebus air ini hingga mendidih, lalu biarkan dingin. Kemudian, buang air berisi lemon ini. Sekarang, yang harus kamu lakukan adalah menggosok bagian dasar wajanmu perlahan dengan sikat dan semua sisa kotorannya akan hilang.

6. Cara menangani handuk bau

Jika kamu tidak tahu cara menghilangkan bau dari handukmu yang baru dicuci, ikutilah saran ini.

  • Masukkan handuk ke mesin cuci dan tambahkan 1/2 cangkir soda kue.
  • Nyalakan mesin cucimu, lalu atur ke mode cuci dan bilas penuh.
  • Pastikan handukmu benar-benar kering sebelum memasukkannya ke lemari.

7. Cara membersihkan jendela dan cermin

Ada banyak hal yang bisa membuat jendela atau cerminmu kotor: hidung peliharaan, jari anak, atau mungkin karena ulahmu sendiri, tapi cara membersihkannya juga tidak kalah banyak. Sayangnya, tidak semuanya terbukti efektif. Cobalah metode yang sudah teruji ini dan nikmati waktu luangmu (kamu dijamin akan punya lebih banyak waktu luang setelah ini).

Seduh segelas teh hitam yang ekstra kuat, misalnya, 3 kantong teh untuk gelas dengan kapasitas 100 ml. Biarkan larut dan tunggu dingin selama satu jam. Lalu pindahkan teh ini ke botol semprot dan semprotkan ke jendela atau cermin yang perlu kamu bersihkan. Gosok dengan koran dan nikmati hasilnya.

8. Cara membersihkan burner dan grater tanpa menggosok

Apa kamu suka memanggang? Berapa banyak waktu dan usaha sia-sia yang kamu buang untuk membersihkan burner dan grater kompormu dari cipratan minyak? Berikut adalah cara untuk membuatnya bersih lagi tanpa banyak usaha.

  • Siapkan sekitar 1/4 gelas amonia.
  • Masukkan amonia ini dan burner kompormu ke dalam kantong klip.
  • Biarkan selama 8-10 jam.
  • Bersihkan burner kompormu menggunakan spons dan bilas dengan air.

9. Cara membersihkan mesin kopi tanpa tablet mahal

Jika terus mengantuk tanpa secangkir kopi, kamu mungkin punya mesin kopi. Tapi apa kamu tahu cara membersihkannya dengan mudah? Kami sudah menemukan satu cara spesial khusus untukmu!

  • Tuang 2 cangkir cuka putih ke dalam mesin kopimu, alih-alih air.
  • Mulai proses penyeduhannya. Selama proses, kamu akan melihat ada kotoran yang terapung.
  • Ulangi proses ini menggunakan cuka beberapa kali sampai tidak ada kotoran yang tersisa di mesin.
  • Jalankan proses penyeduhan menggunakan air beberapa kali untuk membilas mesin kopimu.

10. Cara membersihkan wastafel

Jika kamu sudah tahu cara membersihkan wastafel, cobalah saran ini, karena ini bukan hanya menawarkan cara termurah, tapi juga dapat membantu membunuh sebagian besar kuman dan bakteri.

  • Isi setengah ember kecil atau panci dengan cuka dan rendam semua barang di wastafelmu yang terkena noda sabun, bekas air, atau pasta gigi.
  • Oles permukaan wastafel dengan cuka menggunakan spons. Biarkan selama 5 menit.
  • Gosok seluruh permukaan wastafelmu ke arah bak wastafel.
  • Lap wastafelmu dengan kain katun atau tisu.
  • Gosok barang yang tadi kamu rendam dan keringkan.

Apa kamu punya kiat bersih-bersih lain yang tidak kalah ampuh? Mari saling bantu agar hidup kita semua lebih mudah dan tulis tips andalanmu di komentar.

Kredit foto pratinjau Sobaka-shredingera.ru
Sisi Terang/Tips & trik/Kami Punya 10 Kiat Bersih-Bersih Ampuh dan Kamu Pasti Bersyukur Bisa Mengetahuinya
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya