Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Persiapkan 10 Trik Ini agar Kamu Siap Mengatasi Kesulitan Kapan Saja

1---
505

Kita tidak pernah tahu kapan akan butuh solusi sederhana untuk mencerahkan rumah atau agar kehidupan sehari-hari kita lebih mudah. Kiat-kiat praktis bisa bermanfaat saat kamu tidak punya uang logam yang pas untuk membuka kunci troli swalayan atau saat kamu harus membuat segalanya bersih cemerlang. Sering kali, solusinya ada tepat di depan mata kita dan hanya butuh bantuan benda-benda rumah tangga.

Untuk memastikan bahwa kamu selalu siap, Sisi Terang telah membuat daftar trik-trik paling berguna yang mungkin akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-harimu.

1. Gunakan kuncimu untuk membuka kunci troli belanja.

Jika pergi ke swalayan yang memiliki troli berpengunci, kamu tidak perlu khawatir kalau tidak punya uang logam yang pas untuk membukanya. Kunci berbentuk bulat bisa dipakai untuk membuka kunci troli belanja. Ini berguna sekali, karena kamu selalu memilikinya. Cukup selipkan ujung kunci yang membulat di tempat biasanya koin diselipkan, dan troli akan terlepas.

2. Gunakan uang logam agar bunga tulipmu berdiri tegak.

Kalau bunga-bungamu mulai layu dan tampak agak menyedihkan, kamu bisa memasukkan uang logam ke dalam air. Tembaga dalam uang logam akan cepat menyegarkan bunga-bungamu. Pastikan daun-daunnya kamu potong dari batangnya, sehingga tidak ada daun yang menyentuh air, karena ini akan berdampak terhadap bunga.

3. Ambil foto kartu-kartu belanjamu.

Daripada memenuhi dompet dengan kartu loyalitas dan diskon, kamu bisa memfotonya saja. Buat foto barcode di bagian belakangnya, juga bagian depannya, sehingga kamu tahu barcode mana milik kartu yang mana. Lalu kamu bisa memindai barcode ini di toko untuk mengumpulkan poin dan diskonmu.

4. Pakailah sikat gigi untuk memasukkan benang ke lubang jarum.

Tidak semua dari kita cukup sabar atau berjari gesit, sehingga trik ini bisa menjadi penyelamat hidupmu. Cukup letakkan benang di atas sikat gigi dan tekan lubang jarum di atas bulu-bulu sikat gigi. Benang akan langsung masuk ke dalam lubang jarum dan kamu tidak kesulitan lagi.

5. Gunakan pasta gigi untuk membersihkan sendok bernoda teh.

Kita semua pasti punya satu sendok pengaduk teh atau kopi yang bernoda cokelat. Ini disebabkan oleh tanin dalam minuman itu, yang juga bertanggung jawab menodai gigimu. Agar sendokmu cemerlang lagi, kamu bisa mencoba menggosoknya dengan pasta gigi, yang akan melarutkan tanin dan membuat sendokmu kinclong lagi.

6. Tambahkan sedikit gula ke dalam air vas bunga untuk menyegarkannya.

Ketika bunga-bungamu mulai layu, buang air yang lama, tambahkan air segar dengan beberapa sendok gula. Potong sekitar 2,5 cm dari dasar batang bunga dengan sudut yang pas, guna meningkatkan asupan airnya. Dalam beberapa jam berikutnya, bunga-bungamu akan mulai tampak segar lagi.

7. Buatlah serutan di bagian atas korek api agar menyala dalam angin.

Akan sangat menyebalkan kalau korek api tidak mau menyala, betapa pun kita sudah mencoba melindunginya dari angin. Trik lama ini akan membantu agar korek api tetap menyala cukup lama untuk digunakan. Cukup buat sedikit serutan di sekitar kepala korek api, sehingga serutannya melengkung ke bawah. Ini akan membantu korek menyala lebih terang dan melindunginya dari mudah padam.

8. Gunakan tablet pembersih gigi palsu untuk menghilangkan noda keringat dari pakaian.

Mungkin kita punya kaus yang berwarna kuning karena noda keringat, dan dibersihkan seperti apa pun, noda itu tidak bisa hilang. Tablet pembersih gigi palsu bisa menjadi solusimu untuk mengatasi noda membandel ini. Kamu perlu memasukkan bajumu yang bernoda ini ke dalam seember air hangat dan tambahkan 1 sampai 3 tablet. Rendam selama satu jam sebelum mencucinya dengan mesin cuci.

9. Gunakan cermin untuk mengetahui bahwa sepraimu lembap.

Cara yang baik untuk mengetes apakah seprai tempat tidurmu sudah kering benar atau belum adalah dengan meletakkan cermin di bawahnya dan menunggu selama beberapa menit untuk melihatnya apakah akan berembun. Jika cermin mulai berkabut setelah 5-10 menit, tandanya sepraimu masih lembap dan mungkin tidak sehat untuk dipakai tidur. Tempat tidur yang lembap bisa menjadi tempat berkembang biak cendawan dan jamur, yang bisa berbahaya, terutama bagi pengidap asma dan alergi.

10. Jaga kesegaran benihmu dengan kantong silika.

Sekarang kamu bisa menyimpan benih tanamanmu tanpa khawatir akan menjadi rusak dan membusuk sebelum sempat menanamnya. Cukup simpan paket benihmu dalam wadah kedap udara, seperti kotak Tupperware, dengan kantong sillika di dalamnya. Silika ini akan menjaga benihmu tetap kering dan segar lebih lama, sehingga dapat mencegah jamur dan perkecambahan yang bisa merusak benihmu.

Trik mana yang ingin kamu gunakan terlebih dulu? Apa kamu punya solusi lain untuk masalah yang mengganggu? Ayo bagikan dengan kami, kami siap menyimak!

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, whampbeef / Reddit
1---
505
Bagikan Artikel Ini