Planet Kita Akan Tenggelam dalam Plastik, Inilah 15 Barang yang Bisa Menggantikannya Sekarang

Data statistik tentang polusi plastik sangatlah mengganggu. Misalnya, ada 100 miliar kantong plastik dipakai oleh orang Amerika tiap tahun. Itu cukup untuk mengelilingi ekuator sebanyak 1.330 kali. Dan menurut PBB, jumlah mikroplastik di laut lebih banyak dibanding jumlah bintang dalam galaksi kita.

Kami di Sisi Terang prihatin akan masalah ini. Oleh karena itu, kami menghimpun daftar benda-benda plastik yang kita gunakan setiap hari beserta alternatifnya yang ramah lingkungan.

15. Perlengkapan mandi dan produk kebersihan

Jumlah botol plastik terbanyak terdapat di kamar mandi dan dapur kita. Tanyakan kepada diri sendiri, berapa botol sabun mandi cair yang sebenarnya kamu butuhkan? Apa satu jenis pembersih multifungsi untuk semua permukaan tidak cukup? Bagaimana dengan mengganti sabun cair dengan sabun batangan? Trik-trik kecil ini bisa membantumu mengurangi secara drastis jumlah plastik yang kamu gunakan.

14. Berbagai kartu anggota

Sulit dibayangkan berapa banyak kartu plastik yang hampir tidak pernah kita gunakan berakhir di TPA. Meskipun sulit membayangkan hidupmu tanpa kartu kredit, kamu tentu bisa tetap hidup tanpa berbagai kartu anggota. Toh, kamu selalu bisa meminjam, mencari kupon kertas, atau kode diskon atau memakai nomor teleponmu jika kamu anggota.

13. Kantong kotoran anjing

Membersihkan kotoran anjingmu dan menggunakan kantong kotoran terasa kontradiktif. Kita mencemari Bumi dengan membersihkan sesuatu yang toh akan terurai secara alami. Tapi ada solusinya: pilih kantong ramah lingkungan, jadi kamu bisa membuat Bumi senang dan tetap menyenangkan. Perlu diingat bahwa sebenarnya tidak semua kantong kotoran hewan biodegradable sesuai dengan klaimnya, jadi ada baiknya kamu mencari tahu lebih dulu.

12. Pakaian sintetis

Kain sintetis seperti poliester atau nilon terbuat dari polietilena tereftalat (PET). Bahan ini dipakai dalam pembuatan botol-botol dan kemasan. Dan tiap kali dicuci, keping-keping plastik mikro mengalir melalui saluran air menuju laut. Dengan kata lain, memilih bahan alami bukan hanya baik bagimu, tapi juga baik bagi planet kita.

11. Spons dapur

Bagian busa dari spons terbuat dari polyurethane. Plastik jenis ini sulit didaur ulang dan ketika dibakar akan melepaskan bahan-bahan berbahaya seperti isosianat dan hidrogen sianida. Kamu bisa mengganti spons dapur dengan spons yang terbuat dari bahan-bahan alami atau dengan sikat.

10. Casing ponsel

Casing ponsel datang bersama keindahan dan perlindungannya terhadap ponsel kita. Tapi seringnya, casing terbuat dari sejenis plastik. Untungnya, sekarang kamu bisa mencari casing ponsel cantik sekaligus ramah lingkungan yang terbuat dari kayu, plastik daur ulang, atau plastik yang bisa dijadikan kompos.

9. Mainan anak-anak

Meskipun mainan kayu sedikit lebih mahal dibanding mainan plastik yang murah, tapi memang ada kelebihannya selain ramah terhadap Bumi. Pertama, menurut definisinya saja, mainan ini lebih aman, sebab terbuat dari bahan alami. Kedua, lebih awet. Menyentuh mainan dari kayu juga lebih taktil dan akan membangun perkembangan sensorik anak.

8. Teh celup

Berita buruk bagi semua pencinta teh di luar sana. Kebanyakan kantong teh mengandung plastik, karena itu, dengan menikmati tehmu, kamu bukan hanya menghasilkan limbah plastik, tapi juga mengonsumsi unsur-unsur mikroplastik tiap kali meminumnya. Kamu bisa mulai mencari merek-merek teh yang bebas plastik atau beralih saja ke teh tubruk.

7. Bolpoin

Menurut EPA, di Amerika saja, 1,6 miliar bolpoin sekali pakai dibuang tiap tahun. Tambahkan limbah bolpoin sekali pakai dari bagian dunia lain dan kalikan dengan 50 tahun (yaitu lamanya plastik sudah ada di Bumi) maka angkanya akan membuatmu tercengang! Jika ingin lebih sadar akan hal semacam ini, kamu bisa beralih ke pensil, bolpoin non plastik, atau ganti saja tinta bolpoin favoritmu.

6. Alas yoga

Melakukan yoga artinya merawat tubuh dan pikiranmu, jadi memilih alas yoga yang tepat adalah penting. Sering kali, alas yoga terbuat dari polivinil klorida (PVC) dan ini jauh dari aman. PVC mengandung bahan mentah yang bersifat karsinogen dan dioksin yang beracun dilepaskan ketika bahan ini dibakar. Syukurlah, ada banyak alas yoga tak beracun yang bisa kamu pilih.

5. Pisau cukur sekali pakai

Seperti semua poin dalam artikel ini, masalah terbesar dengan pisau cukur sekali pakai adalah karena pisau itu tidak bisa didaur ulang. Namun, pisau cukur baja bisa. Pisau cukur ini sendiri bisa bertahan seumur hidup, jadi membeli pisau cukur baja yang bagus bisa menghemat banyak uangmu dalam jangka panjang.

4. Sikat gigi

Tidak ada satu bagian pun dari sikat gigi yang kamu pakai tiap hari dan kamu buang tiap tiga bulan itu yang biodegradable. Artinya, 100 dan bahkan 200 tahun dari sekarang, sikat gigimu masih tetap dalam bentuk semula seperti saat kamu membuangnya. Syukurlah versi sikat gigi biodegradable dan ramah lingkungan sekarang sudah tersedia. Sikat gigi bambu, misalnya, kini makin populer.

3. Scrub wajah

Butiran kecil-kecil yang membuat wajahmu terasa segar, bersih, dan selembut bayi itu sebenarnya adalah plastik, kalau tidak dinyatakan sebaliknya pada kemasannya. Plastik tidak hanya buruk untuk dipakai di wajahmu, tapi juga merupakan pencemar lautan utama. Dan kalau kamu pencinta ikan laut, kemungkinan besar kamu mengonsumsi sekitar 11.000 butir mikroplastik tiap tahun.

2. Kapsul kopi

Sepertinya kapsul kopi benar-benar nyaman, bebas kotoran, dan hemat waktu, namun kenyataannya, kapsul kopi adalah kontributor utama terhadap polusi plastik di TPA. Untunglah, ada beberapa pilihan di sini. Pertama, kamu bisa memakai kapsul yang bisa dipakai ulang. Cara lain untuk menghindari pemakaian plastik adalah dengan membuat kopi memakai jezve (teko kopi khas Turki), yang agak makan waktu, tapi menghasilkan kopi yang benar-benar kaya rasa.

1. Tirai kamar mandi dan tirai pelapisnya

Pernah memikirkan apa yang membuat tirai shower baru berbau khas seperti itu? Itu semua adalah bahan-bahan kimia beracun penyusun tirai PVC. Bahan-bahan kimia itu telah dikaitkan dengan sejumlah besar masalah kesehatan. Dan begitu kamu membuangnya, tirai itu akan tetap berada di TPA, dan terus melepaskan bahan-bahan kimia tersebut. Untuk menghindari ini, cari tirai dan pelapis tirai yang bebas PVC.

Apa pendapatmu tentang polusi plastik? Sudahkah kamu melakukan sesuatu untuk membantu membersihkan planet kita? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

Kredit foto pratinjau haram_khor_ / instagram
Bagikan Artikel Ini