Sisi Terang
Sisi Terang

Pramugari Mengungkap 10 Benda yang Tidak Boleh Kamu Pakai di Pesawat

Di dalam pesawat, suhu kabin dibuat tetap dingin agar para penumpang tidak pingsan, dan sepatumu mungkin saja memicu alarm detektor logam. Penerbangan yang nyaman adalah hal wajib. Tidak ada yang ingin turun dari pesawat dalam keadaan tegang, gelisah, atau lelah. Dan yang kamu putuskan untuk pakai di bandara bisa menjadi faktor terhadap kemulusan perjalananmu.

Sisi Terang memahami tekanan yang ada ketika melakukan perjalanan jauh. Jadi, kami mengumpulkan 10 benda yang seharusnya tidak kamu pakai saat terbang, sehingga perjalananmu bisa berjalan selancar mungkin.

1. Pakaian ketat

Celana denim ketatmu mungkin tampak bagus, tetapi bisa membuat kamu tidak nyaman selama penerbangan. Kamu perlu memakai pakaian yang memungkinkan sirkulasi darah. Selain itu, penerbangan yang lebih lama bisa saja membuatmu berisiko terkena trombosis vena dalam (deep vein thrombosis, penggumpalan darah yang terjadi di area kaki). Kondisi ini bisa diperparah oleh pakaian yang ketat.

Tubuh kita juga cenderung membengkak saat berada 13.000 meter di atas udara, sehingga pakaian yang membalut tubuhmu mungkin mulai terasa makin sempit.

2. Lensa kontak

Udara dalam pesawat berbeda dari di darat. Ini karena udara kabin terus berputar, dan ketinggian menurunkan kelembapan. Udara yang kering ini bisa membuat mata menjadi iritasi, khususnya bagi mereka yang memakai lensa kontak. Oleh sebab itu, disarankan agar penumpang memakai kacamata.

3. Bahan yang mudah terbakar

Meski keadaan darurat di udara jarang terjadi, akan lebih baik jika kamu selalu waspada. Beberapa bahan mudah terbakar, misalnya kain yang menjuntai dan kain berbahan tipis, seperti katun dan linen. Kain yang lebih tebal biasanya dianggap lebih aman dipakai saat terjadi kebakaran.

4. Sepatu hak tinggi

Pernah merasa kehabisan napas ketika sampai di gerbang penerbangan? Itu karena bandara adalah tempat yang sangat luas, sehingga memakai sepatu yang nyaman adalah penting. Sepatu hak tinggi, khususnya, bisa menyulitkanmu di situasi darurat.

Selain itu, sepatu hak tinggi tidak berbahan elastis dan biasanya ketat. Di penerbangan yang lama, kaki kita cenderung membengkak. Jadi, sebaiknya memakai sepatu yang nyaman dan longgar.

5. Tidak memakai lapisan baju yang cukup

Suhu kabin pesawat biasanya tetap dingin agar kamu tidak pingsan. Kamu juga mungkin merasa lebih dingin dari yang seharusnya karena tidak bergerak. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya memakai lebih dari satu lapisan pakaian sehingga kamu bisa menyesuaikan diri dengan suhu kabin.

6. Aksesori logam

Ada kalanya kamu tidak menduga bahwa ada logam yang menempel, seperti di sepatu, bungkus permen karet, dan kawat bra. Kamu bisa melewati bagian keamanan bandara lebih cepat jika kamu memilih untuk tidak memakai item ini atau terlebih dahulu melepas dan menyimpannya di koper. Memicu alarm detektor logam benar-benar bisa memperlambat dirimu, dan tidak ada yang suka dibuat terburu-buru.

7. Pakaian yang rumit

Jangan sampai saat ke kamar kecil di pesawat, kamu kesulitan melepas jumpsuit. Pakaian yang rumit tidak hanya menyulitkan kamu di kamar mandi, tapi juga bisa sangat tidak nyaman untuk dipakai saat duduk lama. Kamu tidak akan mau membenarkan pakaian setiap 5 menit, jadi, pastikan kamu mengenakan pakaian yang kamu rasa akan membuat kamu nyaman.

8. Parfum dan kolonye

Mungkin kamu suka wangi parfummu, tapi penumpang lain belum tentu. Udara di dalam kabin bersirkulasi, dan kamu tidak bisa membuka jendela untuk menghilangkan wanginya. Kamu juga tidak tahu apakah ada yang punya alergi terhadap komposisi dalam parfum/kolonyemu atau apakah penumpang lain punya asma yang bisa terpicu karena parfummu.

9. Kain yang gatal

Kain mungkin tidak terasa gatal ketika dipakai saat kamu ingin berbelanja misalnya, tapi tidak semua kain nyaman dipakai saat kamu harus duduk berjam-jam. Kenakan kain yang lembut dan bisa membuat kamu bernapas dengan lega agar kulitmu tidak lecet atau iritasi selama penerbangan.

10. Gambar atau slogan yang menghina

Kamu pasti ingin penerbanganmu berjalan semulus mungkin. Jadi, sebaiknya kamu tidak memakai kaus dengan gambar yang terlalu eksplisit atau menghina. Kamu bisa saja tidak diperbolehkan masuk ke dalam pesawat jika berpakaian tidak sopan. Lagi pula, akan ada anak-anak selama penerbangan, dan kamu tidak tahu siapa saja yang akan tersinggung. Jadi, kenakan pakaian yang tidak memicu keributan.

Menurutmu, apa benda terburuk yang bisa dipakai selama penerbangan? Tips apa yang kamu miliki untuk membantu membuat perjalanan di udara lebih nyaman?

Sisi Terang/Tips & trik/Pramugari Mengungkap 10 Benda yang Tidak Boleh Kamu Pakai di Pesawat
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya