Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Satu Menit Pijat Ala Jepang untuk Menghilangkan Kerutan di Sekitar Matamu

1---
280

Shiatsu adalah salah satu pijat termudah yang bisa kamu lakukan sendiri. Pijatan ini bisa memberi manfaat besar bagi kesehatan dan kebugaran tubuhmu secara menyeluruh. Efeknya dipercayai bisa menjaga kesehatan dan sebagai pengobatan. Selain itu, baik kamu melakukannya untuk mengurangi stres, nyeri sendi, atau membuat kulit wajah terlihat lebih muda, kamu pasti akan terkejut melihat kemanjurannya. Kita semua tahu bahwa semakin bertambahnya usia, datang pula kerutan. Teknik terapeutik ini bisa menghalau semua masalahmu secara gratis dari rumahmu sendiri.

Sisi Terang menyukai perawatan diri dan sangat terpukau dengan terapi Shiatsu, sehingga ingin berbagi pengetahuan ini denganmu. Di akhir artikel, ada bonus yang akan membantumu menjaga area lainnya di wajahmu agar terlihat muda juga.

Cara menghilangkan “kaki gagak”

Kaki gagak merupakan kerutan di ujung mata kita dan sayangnya kerutan ini merupakan yang paling tampak jelas di wajah. Paparan sinar UV dan penuaan merupakan 2 penyebab utamanya. Tapi kabar baiknya, kita bisa menguranginya berkat shiatsu. Pertama-tama, yang kamu perlu lakukan adalah menempatkan jari telunjuk di sudut terluar mata dan sedikit hangatkan area tersebut. Kemudian prosesnya mudah:

  • Gerakan: Tekan dengan jarimu, lalu lepaskan. Kamu juga bisa menarik ototmu ke arah kening sambil terus menekannya.
  • Waktu dan pengulangan: Ulangi langkah ini 3 kali selama 3 detik di kedua mata.

Cara menghilangkan kerutan di bawah matamu

Kulit di bawah mata sangatlah tipis, yang berarti lebih mudah kendur dan keriput, juga lebih cepat menua dibandingkan kulit di bagian lain tubuh kita. Untungnya, shiatsu bisa membantu kita meremajakan area ini dan membuat kulit terlihat lebih kencang dan muda. Yang harus kamu lakukan adalah meletakkan jari telunjuk, tengah, dan manis di tulang tepat di bawah kedua mata, dan gerakannya sangat mudah:

  • Gerakan: Tekan ketiga titik tersebut perlahan.
  • Waktu dan pengulangan: Tahan jarimu di sana selama 10 detik, lalu lepaskan. Ulangi latihan ini dua kali.

Cara menghilangkan mata panda

Kita semua tahu bagaimana rupa mata panda karena mungkin pernah mengalaminya. Nah, shiatsu juga punya cara untuk menghilangkannya, agar kita tidak perlu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Yang harus kita lakukan adalah meletakkan jari telunjuk di sudut mata. Dari situ, kita harus membuat gerakan mengikuti kontur mata seperti yang diperlihatkan di atas, sampai ke bagian sudut terluar mata. Tapi usahakan agar tidak terlalu menarik atau menggerakkan kulitmu. Setelah selesai melakukan latihan ini, tempatkan kedua jari telunjuk dan jari tengah di titik dalam dan luar matamu, lalu tekan pelan-pelan kedua titik itu.

  • Gerakan: Pijat bagian kontur mata dengan jarimu. Lalu tekan pelan-pelan sisi dalam dan luar matamu.
  • Waktu dan pengulangan: Lakukan semua langkah ini 3 kali, masing-masing selama 3 detik.

Shiatsu lebih dari sekadar jenis pijatan

Shiatsu berarti “tekanan jari”, dan ini adalah bentuk pijatan terapeutik yang menggunakan teknik meremas, menekan, menepuk, meregang, dan menenangkan yang sudah ada sejak tahun 1900-an di Jepang. Pijatan ini bergantung pada jari, ibu jari, dan telapak tangan untuk memberikan tekanan di berbagai area tubuh yang dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran kita. Baik itu untuk menghilangkan stres dan kegelisahan, meredakan nyeri sendi dan otot, kelelahan, insomnia, atau penyakit seperti skiatika, artritis, dan sinusitis, pijat shiatsu bisa sangat bermanfaat.

Prinsip shiatsu

Salah satu konsep mendasar dari pengobatan khas Jepang adalah qi (diucapkan “chi”). Ketika qi tidak seimbang, gejala seperti masuk angin, flu, sakit kepala, badan pegal, nyeri otot, atau masalah pencernaan dapat muncul. Shiatsu menstimulasi dan menyeimbangkan aliran qi di seluruh tubuh, yang membuat kita merasa nyaman dan sehat. Terapis shiatsu bisa menemukan ketakseimbangan di tubuh kita dan coba mengatasinya melalui sesi pemijatan.

Bonus: terapi shiatsu untuk bagian lain wajahmu

Shiatsu bantu menghilangkan kerutan di antara alismu. Yang perlu kamu lakukan adalah meletakkan jari telunjuk, tengah, dan manis di 3 titik yang diperlihatkan di atas. Tekan pada titik tersebut selama 5-7 detik, lalu ulangi sekali lagi.

Jika alis matamu kendur, Shiatsu bisa bantu mengangkatnya agar terlihat lebih muda. Sekali lagi, kamu harus menaruh jari telunjuk, tengah, dan manis di sisi luar, tengah, dan dalam alis matamu. Setelahnya, tekan alismu ke atas dengan menekannya, tapi jangan terlalu keras. Lakukan selama 7 detik.

Apa kamu tahu kalau shiatsu bisa punya manfaat sebesar itu? Apa kamu akan menambahkan teknik ini ke dalam rutinitasmu sehari-hari?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com
1---
280
Bagikan Artikel Ini