Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

5 Cara Mempertahankan Warna Rambut dan 5 Hal yang Merusaknya

----
348

Cat rambut mengandung lebih dari 5.000 zat kimia agar hasilnya bagus. Mewarnai rambut adalah proses invasif dan menentang sifat rambutmu. Artinya, kamu harus sangat berhati-hati sebelum, saat, dan setelah melakukannya. Pirang platinum atau merah terang mungkin cocok untukmu, tapi agar warnanya awet dan rambutmu tetap sehat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan harus dihindari.

Sisi Terang akan mengungkap 5 hal yang bisa kamu lakukan agar rambutmu lebih sehat dan warnanya awet, serta 5 hal yang membuat warna rambutmu pudar.

Menjaga warna rambut

1. Setelah mewarnai rambut, tunda keramas selama mungkin.

Setelah mewarnai rambut, coba tunggu setidaknya 2 hari sebelum keramas untuk pertama kalinya. Ini karena rambut masih sangat sensitif setelah proses pengecatan dan jika kamu keramas, warnanya bisa lebih cepat pudar.

2. Gunakan masker rambut yang tepat.

Jangan lupa pakai masker rambut. Ini akan membantu memperkuat dan merawat rambut serta menyiapkannya jika kamu ingin mewarnainya lagi nanti.

3. Gunakan pelindung UV dan hindari paparan sinar matahari langsung.

Gunakan produk dengan perlindungan UV karena matahari bisa menjadi musuh terbesarmu dan panas bisa membuat warna rambutmu pudar. Coba cari produk yang bertahan lama di rambutmu.

4. Bilas rambut dengan air dingin.

Membilas rambut dengan air dingin akan membuatnya tetap sehat dan berkilau. Keramas dengan air panas akan membuka kutikula rambut, akibatnya rambut menjadi kering dan warnanya pudar.

5. Gunakan sampo kering yang aman untuk rambut diwarnai pada saat kamu tidak keramas.

Keramas sejarang mungkin. Kamu mungkin melihat warna rambutmu luntur saat keramas. Pada saat kamu tidak keramas, gunakan sampo kering yang aman untuk rambut diwarnai karena itu akan menjaga rambut tetap indah dan berkilau.

Hal yang bisa merusak warna rambut

1. Tidak menggunakan kondisioner

Kamu harus menggunakan kondisioner setelah mewarnai rambut. Ini karena rambutmu kehilangan banyak kelembapan saat proses pengecatan. Jika tidak menggunakan kondisioner, rambut akan menjadi kering, tidak berkilau, dan pudar.

2. Menggunakan alat penata rambut panas

Mewarnai rambut dan meluruskannya dengan alat penata rambut panas bukan kombinasi bagus. Alat panas akan membuat warna rambutmu pudar dan hanya butuh 5 detik penggunaan untuk melihat perbedaannya. Ini terjadi karena orang mengatur alat pelurus rambut pada suhu 200 derajat, dan suhu setinggi itu langsung memengaruhi warna serta membuat warna rambutmu pudar.

3. Berenang di kolam yang mengandung klorin

Cat rambut dibuat dengan zat kimia sehingga cenderung bereaksi dengan zat kimia lain seperti klorin yang ada di kolam renang. Klorin bisa menjadi agen bleaching dan membuat warna rambutmu lebih terang, sehingga pada akhirnya pudar.

4. Menggunakan produk yang mengandung garam, sulfat, dan detergen

Pastikan kamu menggunakan produk yang mengandung sedikit zat kimia atau tidak sama sekali. Menggunakan produk seperti itu akan melunturkan warna rambut karena fungsinya adalah membersihkan zat kimia, termasuk warna dari cat rambutmu.

5. Menggosok rambut selagi mengeringkannya

Menggosok-gosok rambut bisa sangat merusak, terutama jika rambutmu diwarnai. Menggosok akan membuat rambut rapuh dan memengaruhi warnanya. Lebih baik bungkus rambut dengan handuk mikrofiber dan biarkan sampai kering.

Kamu sering mewarnai rambut? Bagikan tips-mu untuk membuat rambut berkilau dan menjaga warnanya tetap awet.

Kredit foto pratinjau marissathebrat / reddit
----
348
Bagikan Artikel Ini