6 Cara Mudah Mengecilkan Bunion Tanpa Operasi

6 Cara Mudah Mengecilkan Bunion Tanpa Operasi

Sekitar setengah populasi orang dewasa di dunia tidak asing dengan bunion (benjolan yang terdapat pada pangkal jempol kaki). Ini lebih sering terjadi pada wanita. Bunion bisa jadi muncul karena faktor keturunan atau pemakaian alas kaki yang tidak semestinya. Bukan hanya terasa sakit dan tidak nyaman, tapi bunion bisa juga berdampak pada kualitas hidup. Meskipun kita tidak selalu bisa mencegahnya, paling tidak kita tahu cara mengatasinya.

Sisi Terang mengundangmu untuk mempelajari cara mengatasi masalah ini, yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah.

1. Lepaskan sepatumu dan berjalanlah telanjang kaki.

Kamu dapat berjalan telanjang kaki kapan saja ada kesempatan. Ini akan membantu meluruskan otot-otot telapak kaki dan mengembalikan tulang ibu jari kaki ke posisi semestinya. Telapak kakimu akan sekaligus terbebas dari sepatu yang tidak nyaman.

Jika berjalan telanjang kaki membuat kakimu sakit, maka kamu harus berjalan di karpet tebal. Kalau tidak, berjalan kaki justru menambah rasa sakit pada bunion.

2. Cabai membantu dalam mengatasi peradangan.

Cabai merah mempunyai efek antiinflamasi dan juga menghangatkan bunion dengan baik, sehingga memperbaiki aliran darah. Untuk menggunakan cabai merah guna mengobati bunion, kamu harus mencincangnya. Kemudian pilih cara yang kamu suka.

  • Peras air cabai cincang dan oleskan pada bunion. Lalu oleskan sedikit vaseline pada area bunion dan balut dengan kain. Biarkan selama 15 menit.
  • Campur cabai dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:2, lalu oleskan pada bunion. Pijit area bunion dengan lembut selama 15 menit.

Jika kamu merasakan sensasi terbakar, maka kurangi jumlah cabainya. Lalu sedikit demi sedikit tambahkan jumlahnya sampai mencapai proporsi yang disarankan.

3. Jadikan otot-otot telapak kakimu lebih kuat.

Bukan hanya membantumu meluruskan otot-otot telapak kaki, latihan ini bisa juga meringankan rasa sakit bunion. Cukup lakukan dengan hati-hati, tanpa terlalu membebani bunion.

  • Berdiri tegak dan tekankan telapak kaki pada lantai selama 10 detik tanpa mengangkat tumit. Lalu angkat telapak kaki ke atas dan tahan selama 10 detik. Ulangi sampai 5 kali.
  • Cengkeramkan telapak kaki pada handuk dan tarik kearah tubuhmu. Kemudian luruskan telapak kaki. Ulang 5-10 kali.

4. Gunakan es untuk mengurangi rasa sakitnya.

Es dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit pada bunion. Yang kamu butuhkan hanya es batu dan kain.

Balut es dengan kain dan letakkan pada bunion. Jangan tekan keras-keras dan tahan selama 10-20 menit. Kamu dapat menggunakan metode perawatan ini 1-2 kali sehari.

5. Minyak jarak dapat mengecilkan bunion.

Minyak jarak mengandung antioksidan dan sifat antimikroba. Minyak ini juga membantu meringankan peradangan dan rasa sakit, yang menjadikannya sering dipakai dalam perawatan bunion.

Ambil 50-100 ml minyak jarak dan sedikt panaskan dalam penggorengan. Celupkan sebuah lap ke dalam minyak hangat itu, dan letakkan di atas bunion. Balut telapak kakimu dengan perban kering atau handuk agar tetap hangat. Biarkan selama 20 menit dan ulangi pengobatan 1-2 kali sehari.

6. Korektor bunion menahan ibu jari tetap pada posisi alaminya.

Korektor adalah cara yang bagus untuk mengatasi bunion. Pertama, alat ini membantu mengatasi ketaknyamanan saat memakai sepatu. Korektor akan mencegah gesekan dan mengubah posisi telapak kaki.

Kedua, alat ini mengembalikan ibu jari pada posisi alaminya, yang akan membantu tulang yang menonjol kembali ke tempat semestinya. Sekarang ini, pilihan korektor sangat banyak, sehingga kamu bisa dengan mudah memilih yang paling cocok bagimu. Kamu dapat memperoleh lebih banyak informasi tentang perawatan bunion di sini.

Perhatian: Lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba menggunakan pengobatan ini.

Kamu pernah mengobati bunion? Apakah kamu tahu cara lain untuk mengecilkannya? Kami ingin mengetahui saran-saranmu di kolom komentar.

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini