Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Kenapa Sebagian Rambut di Tubuhmu Panjangnya Bisa Tidak Masuk Akal

Pasti kita semua pernah mengalaminya. Saat menggaruk leher atau menyentuh lengan, tiba-tiba kita menemukan rambut super panjang dan tipis, yang sepertinya muncul begitu saja. Kalau kamu pernah mengalaminya juga, dan mengira cuma kamu di dunia ini yang punya rambut mutan tumbuh dari kulitmu, tenanglah, kamu tidak sendirian.

Di Sisi Terang, kami juga melihat si penyusup tipis dan panjang ini di tubuh kami, jadi, kami akhirnya memutuskan untuk mencari tahu dari mana asalnya.

Meski banyak dari kita pernah mengalaminya, rambut tipis panjang yang entah muncul dari mana di tubuh kita ini tidak punya istilah khusus. Namun, ada teori yang menjelaskan fenomena ini. Para ahli kulit berpendapat, rambut panjang yang tidak normal ini disebabkan oleh faktor hormonal dan genetik yang membuat rambut tertentu tumbuh lebih panjang daripada yang lain.

Mutasi aneh ini membuat folikel-folikel rambut yang “terpilih” bertahan lebih lama dalam fase yang disebut fase anagen, yaitu fase ketika rambut tumbuh secara aktif. Hasilnya, satu folikel ini punya lebih banyak waktu untuk menumbuhkan rambut lebih panjang. Fluktuasi hormonal yang terjadi di tempat berbeda, seperti dagu atau zona T, juga bisa memicu kelainan rambut ini. Kalau kamu terganggu dengan rambut-rambut ini, ahli kulit menyarankan untuk mencabutnya dengan pinset seperti biasa, supaya rambut yang menyebalkan ini bisa hilang.

Kita yang pernah tiba-tiba menemukan rambut yang panjangnya tidak masuk akal di tubuh kita ini pasti merasa rambut ini seperti tumbuh dalam sekejap. Namun, ini mungkin hanya perasaan kita saja. Rambut-rambut ini sangat tipis dan hampir tidak bisa dibedakan dengan rambut “normal” kita. Itu sebabnya terkadang kita butuh waktu lama untuk menyadari keberadaan rambut-rambut ini — karena mereka terus tumbuh tanpa kita sadari.

Tubuhmu juga pernah punya rambut super panjang ini? Saat melihatnya, bagaimana reaksimu?

Kredit foto pratinjau crayj36 / Reddit
Bagikan Artikel Ini