10+ Trik Psikologis yang Menjadikanmu Pusat Perhatian

Manusia adalah makhluk sosial. Kita butuh interaksi karena itu sama dengan kesehatan, hiburan, dan dukungan. Meskipun ada orang-orang yang mudah bergaul, sebagian besar dari kita kesulitan membuka percakapan, berbicara di depan umum, dan mendapat teman baru. Untungnya, ada beberapa trik psikologis yang dapat kamu pelajari untuk menarik perhatian orang dan menjadi pusat perhatian, seperti menyamakan bahasa tubuh, mengenakan pakaian berwarna merah, atau bahkan mengunyah permen karet.

Sisi Terang memilihkan beberapa trik yang bisa kamu coba:

1. Menyamakan bahasa tubuh

Jika kamu ingin membuat orang lain terkesan, perhatian, atau hormat kepadamu, amati bahasa tubuh lawan bicaramu dan cobalah menirunya. Penelitian membuktikan bahwa perilaku ini akan menunjukkan rasa nyaman, serta membangun kepercayaan dan hubungan antara kamu dan orang tersebut.

2. Berbicara dengan telapak tangan terbuka

Ada beberapa bahasa tubuh yang bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian orang, tapi tidak semua orang tahu trik ini. Ketika berbicara dengan telapak tangan terbuka, kamu menunjukkan bahwa kamu orang yang dapat dipercaya dan jujur.

3. Power Pose

Power pose (sikap tubuh positif yang menggambarkan perasaan berkuasa, dominan, menang, dan percaya diri) dapat menipu otakmu untuk berpikir bahwa kamu percaya diri meskipun tidak merasa begitu. Sebelum datang rapat penting, becerminlah dan bayangkan kamu seorang pahlawan super: letakkan tanganmu di pinggang, dongakkan kepala, tegakkan tubuh, dan tersenyumlah.

4. Memberi pujian

Penting untuk membuat orang lain tahu kalau mereka ramah, pintar, atau tampak cantik — tidak hanya sebagai bentuk sopan santun, tetapi karena yang kamu katakan kepada orang lain memengaruhi pendapat mereka tentangmu.

5. Mengunyah permen karet saat gugup

Merasa gelisah dan gugup sebelum acara penting di mana kamu harus membuat banyak orang terkesan adalah hal yang wajar. Tapi jika kamu merasa hal ini menggoyahkan rasa percaya dirimu, cobalah kunyah permen karet. Trik ini akan mengalihkan perhatianmu dari stres dan akan meningkatkan aliran darah ke otak.

6. Membicarakan hal pribadi

Cobalah menanyakan pertanyaan seperti, “Apa makanan favoritmu?” atau “Apa liburan favoritmu?”. Mengakrabkan diri akan membuka peluang membangun kepercayaan dan pertemanan.

7. Kencan yang menantang

Orang-orang yang tertawa bersama akan tetap bersama. Jadi, jika kamu ingin punya teman baru atau ingin memberikan kesan pertama yang baik, cobalah membuka percakapan lucu. Trik ini akan membuat mereka merasa lebih akrab denganmu.

8. Kenakan pakaian merah untuk menarik perhatian

Jika ingin menonjol dan ingin orang lain memperhatikanmu di kerumunan, mulailah kenakan pakaian berwarna merah. Studi mendapati bahwa ini adalah sarana bagus untuk mendapatkan perhatian, khususnya dalam konteks emosional.

9. Jangan takut bersentuhan

Kuncinya adalah membedakan antara sentuhan canggung dengan sentuhan bermakna. Cobalah menyentuh lengan atau pundak mereka dengan ramah untuk menambah kedekatan dan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan orang tersebut.

10. Fokus pada kesan terakhir yang baik

Memberi kesan pertama yang baik memang penting, tapi kesan terakhir yang baik bahkan lebih penting. Ingat trik ini saat berpidato, melakukan presentasi, atau sekadar memperkenalkan diri untuk pertama kalinya. Jika kamu bisa memberi kesan terakhir yang melekat, mereka akan cenderung mengingatmu dan mencarimu di kemudian hari.

11. Melakukan kontak mata dengan melihat kening mereka

Kontak mata penting karena menunjukkan kesungguhan dan integritas saat berkomunikasi. Tapi beberapa orang merasa tidak nyaman untuk melakukannya, biasanya karena malu. Jika kamu tipe orang yang seperti ini, mulai berlatih dengan melihat bagian tengah kening mereka agar seolah menatap matanya.

Kamu pernah mencoba trik di atas? Apakah berhasil? Ceritakan kepada kami!

Bagikan Artikel Ini