12 Trik Peralatan Rumah Tangga yang Dapat Menghemat Waktu dan Energimu

Berbagai hal merepotkan yang terjadi setiap hari sering kali menyita banyak waktu, padahal waktu itu bisa kita gunakan untuk kegiatan lain yang menyenangkan. Itulah sebabnya penting sekali untuk mengetahui berbagai trik yang dapat menghemat waktu, misalnya cara memakai pengki agar mengepel jadi lebih mudah, atau kegunaan lain pengering rambut atau sisir elektrik.

Sisi Terang telah menyusun 12 kiat peralatan di rumah yang membuat kamu punya waktu lebih banyak untuk keluarga, hobi, dan memanjakan diri.

12. Lepas label memakai pengering rambut.

Sayangnya, ada saja label yang susah sekali dilepas dari wadahnya, padahal kamu sudah susah payah. Lain kali, coba keringkan label atau stiker harga memakai pengering rambut. Ini pasti akan membantumu.

11. Masukkan benang ke jarum memakai telapak tangan.

Kami yakin ini pasti bikin kamu melongo. Kok bisa? Caranya, letakkan benang di telapak tanganmu agar posisinya membentang. Jangan ditarik. Sekarang ambil jarum, balik sehingga bagian yang berlubang menempel ke benang. Gesekkan jarum ke benang sampai masuk ke lubang jarum. Beres deh, matamu tidak sakit lagi!

10. Gunakan kertas aluminium supaya pisang tidak busuk.

Pisang bisa tahan lebih lama! Umur simpan akan lebih lama kalau kamu membungkus pisangnya dengan kertas aluminium seperti di foto.

9. Lateks dan lem membuat sofa kembali baru.

Sofamu dipenuhi bulu kucing atau anjing? Kami tahu cara terbaik untuk membersihkannya. Cukup oleskan 1-2 tetes lem pada sarung tangan lateks lalu sapukan tangan ke permukaan sofa. Beres, deh!

8. Bersihkan ubin dengan sikat gigi elektrik.

Manfaatkan sikat gigi elektrikmu yang sudah tidak dipakai lagi! Alat ini bisa dengan mudah membersihkan sela-sela ubin yang membandel, lho.

7. Gunakan cuka untuk membersihkan kepala pancuran.

Untuk menghilangkan kerak di kepala pancuran, rendam saja di dalam kantung yang berisi cuka dan biarkan semalaman. Saat pagi tiba, keraknya akan hilang.

6. Rak sepatu untuk menyimpan peralatan bersih-bersih.

Biasanya kita menyimpan peralatan bersih-bersih di mana saja: di bawah wastafel, di dalam lemari khusus, di dekat mesin cuci, dll. Tapi masalah penyimpananmu bisa terpecahkan, nih! Gunakan rak sepatu gantung untuk menyimpan semua peralatan bersih-bersihmu di satu tempat.

5. Pegas melindungi kabel pengecas.

Sesekali kita perlu membeli kabel pengecas yang baru. Sangat mengganggu dan bikin sampah menumpuk saja, ya? Supaya kabel pengecas tidak terpilin dan rusak, pakai saja pegas dari pulpenmu yang sudah tidak dipakai lagi.

4. Masukkan LEGO ke botol sabun cair.

Apa si kecil malas cuci tangan? Buat botol sabun cair lebih menarik dengan memasukkan pernak-pernik lucu ke dalamnya. Kamu bisa memasukkan beberapa potong LEGO atau mainan kecil lainnya yang ada di kotak mainan mereka. Selamat mencoba!

3. Taruh segelas air di dalam microwave.

Menyantap pizza sisa kemarin memang sangat nikmat. Tapi saat memanaskannya di dalam microwave, pizza malah jadi kering, keras, dan apak. Lain kali, coba masukkan segelas air saat memanaskan pizza atau pai. Kamu bisa berterima kasih pada kami nanti.

2. Ganti mata bor dengan sikat.

Ganti mata bor dengan sikat dan bersih-bersihmu jadi makin efektif dan hemat waktu. Ide cemerlang!

1. Pengki sebagai pengganti selang.

Mengisi air ke dalam ember kadang merepotkan, ya? Apalagi kalau kamu harus mengisi ember dari keran wastafel (dan tidak ada selang di dekatnya!). Coba letakkan pengki di bawah keran seperti yang diperlihatkan di foto. Hore! Sekarang tidak ada lagi air yang tumpah dan tak perlu repot mengepel.

Kiat mana yang paling kamu suka? Apa kamu sendiri punya kiat bermanfaat? Bagikan dengan kami di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini