9 Aturan Etiket yang Sering Kita Langgar

Kenapa orang modern perlu tahu etiket? Hidup kita lalui dengan cepat, makan sambil mengerjakan yang lain, memakai piama seharian, serta minum teh dan kopi dari gelas kertas. Tapi terkadang, sangat berguna dan bermanfaat untuk memelankan ritme hidup, makan di restoran mewah, dan membuat kesan baik. Bersikap sopan dan tampil menarik tak pernah ketinggalan zaman.

Sisi Terang menguraikan aturan etiket dasar yang akan membantumu terlihat bergaya dan menarik.

1. Salam

Memberi salam yang benar sangat penting. Kesan pertama dilihat dari salam. Itu sebabnya, mengetahui dua aturan ini sangat berguna:

  • Kamu harus menjabat tangan seseorang dengan cepat tanpa memegangnya terlalu lama atau menariknya ke arahmu. Kamu harus menghormati ruang pribadi orang itu. Menepuk bahu seseorang (meskipun kamu mengenal baik orang itu) dianggap tidak sopan.
  • Laki-laki bisa sedikit membungkuk saat memberi salam kepada perempuan.

2. Komunikasi

  • Tepat waktu itu wajib. Kamu harus datang untuk janji temu tepat waktu atau sedikit lebih awal. Jika kamu akan terlambat, hubungi temanmu dan minta maaf.

  • Lebih sering memuji. Temanmu akan senang, dan kamu bisa menunjukkan kemampuan mengamati, kemampuan melihat detail, dan ketertarikan tulus yang kamu miliki.

3. Laki-laki dan perempuan

  • Dalam aturan kesopanan umum, untuk bertemu seseorang, harus selalu ada penengah. Misalnya, teman, yang bisa diminta saling memperkenalkan.
  • Laki-laki tidak boleh membawakan tas perempuan. Meskipun dia hanya ingin membantu. Laki-laki boleh membawakan mantel perempuan hanya untuk dibawa ke tempat penitipan.

4. Pakaian

Pakaian yang tepat bisa meningkatkan rasa percaya diri dan bantu memberi kesan baik pada orang lain. Bukan berarti kamu harus membeli pakaian mahal. Misalnya, untuk laki-laki, sepatumu harus selalu bersih dan jasmu harus selalu pas.

  • Jangan beli pakaian dengan panjang bahu yang tidak pas. Semua bagian jas harus memiliki gaya yang sama dan ukuran yang pas.

  • Lengan jas harus menutupi pergelangan tangan, tapi jangan menutupi sendi bawah ibu jari.

Berdasarkan aturan etiket, kancing bawah jas sebaiknya tidak dikancing. Cari jas yang sesuai dengan bentuk tubuh:

  • Jika kamu ingin menonjolkan tubuhmu, pilih jas jenis slim-fit.
  • Jika kamu ingin tampil lebih mengesankan, pilih jas jenis double-breasted.

Cari juga pakaian yang cocok untuk gaya perempuan. Sesuai aturan, perempuan disarankan memilih celana panjang atau rok berwarna gelap dan atasan terang (jas, blus). Perpaduan ini menonjolkan tubuh dan terlihat elegan serta sopan.

  • Kesopanan juga penting dalam memakai perhiasan. Memakai banyak perhiasan dalam bermacam-macam gaya memperlihatkan selera buruk si pemakai.

5. Di meja

Jika kamu diundang makan dan ada orang yang tidak kamu kenal, jangan mengobrol dengan dia sebelum kalian saling memperkenalkan diri. Itu tidak sopan.

  • Perhatikan tanganmu juga. Jangan meletakkannya di atas meja, sebaiknya letakkan tangan di pangkuanmu. Meletakkan ponsel di meja berarti kamu tidak tertarik dengan obrolan.

6. Cara duduk dengan benar

Postur yang bagus dan posisi kaki saat duduk sangat penting. Jika kamu duduk di sofa pendek, jangan menyilangkan kaki. Rapatkan lutut, lalu sejajarkan kakimu. Kamu juga bisa menggunakan trik kerajaan yang disebut “Cambridge cross” — letakkan satu kaki di belakang kaki satunya, silangkan pergelangan kakimu. Itu mungkin membantumu merasa seperti ratu.

7. Di restoran

Jika sebelum pergi ke restoran, kamu mengatakan “aku mengundangmu” kepada temanmu, artinya kamu yang bayar. Kalimat “ayo pergi ke restoran bersama” berarti kalian bayar sendiri-sendiri.

Ada banyak jenis alat makan dan kamu tidak perlu tahu semuanya. Namun, ada beberapa alat makan dasar yang harus kamu ingat:

1 — Serbet (harus diletakkan di paha). 2 — Garpu salad. 3 — Garpu. 4 — Piring. 5 — Piring salad. 6 — Pisau. 7 — Sendok teh. 8 — Sendok sup. 9 — Cangkir dan tatakan (hidangan penutup). 10 — Gelas untuk wine putih. 11 — Gelas untuk wine merah. 12 — Gelas untuk air. 13 — Sendok hidangan penutup. 14 — Garpu hidangan penutup. 15 — Pisau hidangan penutup. 16 — Piring untuk roti.

Ini perlu diketahui untuk memberi isyarat kepada pramusaji dan menyelesaikan makan dengan benar.

8. Menuangkan dan minum

  • Untuk perempuan, pastikan lipstikmu tidak menempel pada gelas. Keringkan bibirmu dengan tisu sebelum minum.

  • Semua orang di meja menuangkan minuman sendiri. Lelaki harus menawari perempuan minum lebih dulu.
  • Jangan tuang minuman terlalu banyak, dan jangan menuangkan wine terlalu penuh agar tidak tumpah ke pakaianmu.

9. Aturan paling penting untuk minum teh

Menurut aturan etiket, untuk lebih mengenal seseorang dan melakukan percakapan menyenangkan, undang orang itu minum teh. Kamu tidak boleh menolak, itu bisa dianggap tidak sopan. Tapi ingat beberapa aturan ini.

  • Aduk teh perlahan, jangan sampai sendokmu membuat suara.

  • Jangan biarkan sendok di cangkir. Letakkan di samping tatakan. Jangan pernah meletakkan sendok di atas tatakan.

  • Cangkir teh dipegang dengan satu tangan dan tatakannya dipegang tangan satu lagi. Memegang cangkir dengan dua tangan dan membiarkan tatakan di atas meja dianggap tidak sopan.

Apa kamu familier dengan aturan etiket ini? Apakah penting mengetahuinya sekarang ini? Tulis pendapatmu di kolom komentar.

Bagikan Artikel Ini