Sisi Terang
Sisi Terang

8 Hal yang Kita Pikir Cuma Bisa Muncul di Film

Adakalanya film memberi kita gambaran tentang masa depan. Mobil listrik, tablet, dan komputer yang bisa dikendalikan dalam genggaman tangan, semuanya pertama kali ditampilkan dalam film sebagai teknologi masa depan. Banyak dari kita awalnya tidak percaya kemajuan seperti itu bisa terjadi, tapi lihatlah kita sekarang, kita mengendarai Tesla dan menggunakan tablet serta ponsel pintar.

Sisi Terang kembali menjelajah internet dan menemukan beberapa teknologi canggih yang pertama kali muncul di layar lebar, tapi menjadi kenyataan di masa sekarang untuk membuatmu lebih kagum terhadap betapa cepatnya perkembangan inovasi manusia.

1. Syal ISHU membuatmu tidak terlihat saat difoto dengan flash.

Ingat Jubah Gaib Harry Potter? Meski tidak persis sama, syal ini membuatmu tidak terlihat saat difoto dengan flash. Syal ini terbukti menjadi berkat bagi selebritas yang menginginkan privasi lebih. Kamu bisa melihat perbedaannya pada foto yang ada di artikel ini, saat Liza Koshy dan Nick Jonas berfoto dengan syal ISHU mereka.

Syal, serta pakaian dan aksesori ISHU lainnya, menggunakan teknologi cahaya dan anti-flash untuk memberikan privasi intrusi digital kepada siapa saja yang tidak ingin difoto. Selain itu, banyak aksesori ISHU bertenaga surya, sehingga membuatnya berkelanjutan dan ramah lingkungan. Jadi, sepertinya, para Muggle juga punya trik! Di bawah ini, Kevin Hart mengenakan syal ISHU-nya.

2. Mobil terbang sekarang menjadi kenyataan.

Film kerap menampilkan mobil yang bisa melakukan lebih dari sekadar berkendara di aspal. Klein-Vision adalah salah satu dari banyak perusahaan yang mewujudkannya dengan meluncurkan mobil terbang.

Kendaraan yang menakjubkan ini bukan cuma bisa meluncur di jalan, tapi juga bisa berubah menjadi mobil terbang dengan satu tombol dan dalam waktu kurang dari 3 menit. Baru-baru ini, mobil ini juga mendapat sertifikat kelayakan udara, setelah menyelesaikan 2 penerbangan masing-masing 35 menit antara bandara Nitra dan Bratislava di Slovakia.

3. Adam Savage membuat kostum Iron Man fungsional.

Kamu mungkin berpikir kostum Tony Stark yang mengubahnya menjadi Iron Man untuk Marvel Cinematic Universe tidak lain adalah barang yang terlewat mewah. Adam Savage telah membuktikan bahwa anggapan ini salah dengan membuat setelan titanium cetak 3D yang meniru model Iron Man.

Savage adalah pembawa acara serial TV, Mythbusters, sebelum datang ke acara Savage Builds di channel Discovery. Kita bukan cuma bisa terbang saat memakainya, tapi setelan ini juga antipeluru. Tentu saja, ukurannya jauh lebih besar dan warnanya tidak merah, tapi meski demikian, jika Stark Industries bisa melakukannya di film, Savage Industries juga bisa melakukannya di dunia nyata.

4. Robot AI kini menjadi kenyataan.

Film sering menampilkan AI, robot humanoid yang bukan cuma bisa bicara dan melakukan sejumlah aksi, tapi juga berpikir dan seperti punya perasaan, seperti Robin Williams di film tahun 1999, Bicentennial Man, atau bahkan Data dari Star Trek.

AI mungkin tampak seperti fiksi ilmiah saat itu, tapi dengan Sophia dan lebih banyak lagi hasil karya dari Hanson Robotics, robot AI dengan cepat berubah menjadi kenyataan. Sophia bukan cuma bisa bicara dan berkomunikasi dengan manusia menggunakan pikirannya, tapi dia juga bisa melukis.

5. Lensa kecil bisa mengubah ponselmu menjadi mikroskop.

Sebagian besar film sains-fiksi, terutama yang menunjukkan para ilmuwan menjelajahi habitat baru atau bahkan tanaman baru, kerap menampilkan perangkat genggam yang bisa memperbesar suatu benda.

Saat ini, ponselmu bisa digunakan untuk melakukannya dengan iMicro C, lensa kecil yang dapat digunakan untuk memperbesar benda hingga 200 kali. Benda ini sangat ringan dan cukup kecil untuk dibawa dalam tas kecil, ukurannya cuma setara ujung jarimu.

6. Mobil otonom tanpa pengemudi sedang diuji coba sebagai taksi.

Mobil tanpa pengemudi di Total Recall mungkin punya pengemudi tiruan yang diedit sedemikian rupa, tapi Waymo (dikenal sebagai mobil Tanpa Pengemudi Google) telah meluncurkan mobil otonom yang dapat mengemudi sendiri. Mobil ini sudah beroperasi di Phoenix, Arizona, sebagai taksi Waymo One atau “ride-hailing cabs” karena kota itu sudah sepenuhnya dipetakan.

7. Operasi robotik dan non-invasif sudah menjadi nyata.

Film-film seperti Arrival telah menunjukkan kapsul kecil tempat orang bisa masuk untuk menjalani operasi. Meski kita belum mencapai tahap itu, operasi robotik sudah menjadi kenyataan di masa sekarang. Operasi dengan bantuan robot atau operasi robotik memungkinkan tenaga medis melakukan operasi kompleks dengan presisi dan kontrol yang lebih baik, meski untuk saat ini, sebagian besar operasi robotik digunakan dalam operasi invasif yang minimal.

8. Hoverboard makin mendekati kenyataan dengan beberapa batasan.

Hoverboard, seperti yang ada di Back to the Future dan bahkan Miles from Tomorrowland, mungkin bukan mimpi yang jauh untuk dicapai untuk saat ini. Perusahaan seperti Hendo Hover telah berhasil membuat hoverboard yang menginduksi medan magnet berlawanan, dan memberikan daya angkat. Untuk saat ini, hoverboard masih diciptakan dan diciptakan kembali untuk memungkinkannya terbang dengan aman di atas permukaan apa pun.

Apa menurutmu teknologi ini akan segera menjadi hal yang umum dijumpai di tengah masyarakat? Teknologi apa lagi dari film yang akan segera menjadi kenyataan? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Kredit foto pratinjau Ishu
Sisi Terang/Desain/8 Hal yang Kita Pikir Cuma Bisa Muncul di Film
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya