Fotografer di New York Memotret Orang-Orang yang Pergi Bekerja selama 9 Tahun, dan Hasilnya Menakjubkan

Fotografer asal Denmark, Peter Funch telah memotret di tempat yang sama pada waktu yang sama selama 9 tahun. Dia pun menyadari bahwa dia memotret orang yang sama beberapa kali dan mereka terlihat hampir sama dalam foto yang diambil di hari yang berbeda. Temuan itu menjadi proyek foto menakjubkan berjudul “42nd and Vanderbilt”.

Kami di Sisi Terang merasa proyek ini cukup menarik dan ingin membagikan foto-foto Deja vu ini denganmu.

Foto-foto ini diambil dari tahun 2007 sampai 2016, dari pukul 08.30 sampai 09.30 di New York City, Amerika Serikat. Saat mengedit foto-foto ini, sang fotografer menemukan bahwa memotret setiap hari di tempat yang sama, pada waktu yang sama, memberikan hasil mengejutkan: kamu akan melihat orang yang sama mengulangi aktivitas yang sama selama bertahun-tahun.

Fotografi jalanan sungguh penuh kejutan dan sulit diprediksi. Kita mungkin tak sadar bahwa hari demi hari, dan tahun demi tahun, kita melakukan hal yang sama, makan makanan yang sama, minum kopi dari kedai yang sama, memiliki potongan rambut yang sama, dan bahkan memakai baju berwarna sama.

Siapa orang-orang ini? Apakah mereka sedang sedih? Apakah mereka bahagia? Itu tak penting, mereka hanya orang biasa di jalan yang sibuk, mereka bagian dari kita.

Hanya orang biasa yang melakukan rutinitas pagi seperti biasa, bergegas ke kantor, bersiap-siap untuk menghadapi hari mereka yang sibuk. Melihat hal yang sama setiap hari... Apakah itu klise atau konsistensi? Silakan tentukan pilihanmu sendiri.

Kamu mungkin berpikir dua foto ini diambil hanya berselang beberapa menit. Tapi kamu salah. Apa kamu pernah memeriksa lemarimu untuk memastikan kamu punya kemeja lebih dari satu warna?

Sang fotografer menemukan bahwa banyak orang bahkan memiliki ekspresi yang sama setiap pagi. Dan kacamata yang sama diletakkan di saku mereka dengan cara yang sama pula.

Sang fotografer pasti mengambil banyak sekali foto untuk mendapatkan foto yang mirip seperti ini.

Kita bahkan bisa bermain tebak-tebakan. Menurutmu siapa pria ini dan apa pekerjaannya?

Apakah wanita cantik ini pelajar? Atau seorang guru? Siapa pun dia, dia terlihat sangat bahagia di kedua foto ini.

Pakaian adalah pilihan pribadimu. Ingat bahwa salah satu orang terhebat di dunia, Steve Jobs, memakai turtleneck hitam, jeans, dan sepatu New Balance yang sama setiap hari selama bertahun-tahun dan itu tidak menghentikannya berkarya hingga menjadikannya sukses luar biasa. Kita tak mengenal orang-orang ini, dan mungkin saja beberapa dari mereka seperti Steve Jobs, tak punya waktu untuk dibuang percuma.

Apa pendapatmu mengenai proyek foto ini? Atau mungkin kamu ingin mencoba melakukan proyek serupa di kota tempatmu tinggal? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar.

Kredit foto pratinjau Peter Funch
Bagikan Artikel Ini