Sisi Terang
Sisi Terang

Fotografer Jalanan Ini Mencari Lagi Orang-Orang yang Dia Foto 30 Tahun Lalu

Chris Porsz adalah seorang fotografer jalanan terkenal dari Inggris. Pada tahun 1970-an sampai 1980-an, dia bekerja di Kota Peterborough, Inggris. Pada saat itu, kalangan pemuda Inggris yang menarik perhatiannya punya sifat pemberontak, romantis, dan pencari petualangan. Beberapa dekade kemudian, Chris memutuskan untuk mencari kembali orang-orang yang pernah dia foto dan membuat ulang adegan dari foto-foto aslinya dengan detail yang sempurna.

Sisi Terang terpesona oleh karya Chris ini dan bagaimana hidup dapat berubah secara tak terduga.

Ciuman di Jalur Kereta (1980 dan 2009)

Tahun 1980. Tony berumur 22 tahun dan bekerja sebagai guru di Essex. Sally berusia 21 tahun, dan dia bekerja untuk pemerintah daerah. Mereka menikah setahun kemudian. Pasangan itu tidak tahu bahwa mereka sedang difoto, dan baru 30 tahun kemudian, Tony tak sengaja melihat foto itu untuk kali pertama di sebuah surat kabar. Foto berwarna di sebelah kanan diambil pada bulan Desember 2009. Tony dan Sally kini sama-sama bekerja sebagai guru di Lichfield, yang jaraknya sekitar 100 km dari Peterborough. Mereka sudah punya dua anak, Tom dan Jenny.

Ian Medler dan Peter Yates (1980 dan 2010)

Di kiri: Ian Medler dan Peter Yates berjalan dengan bangga, pada tahun 1980. Di kanan: Peter berjalan dengan kakak laki-laki Ian, Alan, pada tahun 2010.

Anak Punk di Tangga (1980 dan 2015)

Dari kiri ke kanan: John Church, Kim Guest, Gary Wymer, Mirko Obradovic, Ade Lawrence, Sean Adams, dan Mark Winsworth berfoto di tangga Cathedral Square di Peterborough pada awal 1980-an. Saat ini, John adalah seorang pelukis dan dekorator serta menjadi anggota band bersama Ade yang berprofesi sebagai tukang sampah. Garry terus bekerja sebagai tukang daging. Mirko bekerja di pabrik batu bata. Di foto baru, Kim dan Sean tidak ada karena keduanya sudah meninggal.

Sebelum dan Sesudah 30 Tahun

Foto pertama menunjukkan Jennifer Hall pada tahun 1985, dan yang kedua menunjukkan dirinya pada tahun 2015.

Menunggu Telepon (1981 dan 2016)

Dari kiri ke kanan: John Morris, Paul Bernard, dan Andrew Pollard. Ketiga teman sekolah itu masih menghabiskan akhir pekan mereka bersama, mengendarai sepeda motor mereka mengitari pusat kota.

Mickey Logam (1980 dan 2016)

Steve Osborn dikenal sebagai Mickey Logam pada tahun 1980-an ketika kedua kakinya patah beberapa kali dalam serangkaian kecelakaan sepeda motor sehingga perlu memasukkan pelat dan baut di kakinya. Dia berkata, “Aku bahkan terus mengendarai sepeda motor meski kakiku digips!” Steve, yang sekarang menggunakan tongkat untuk berjalan, tinggal di Spalding, Lincolnshire, dan sudah menikah. Dia punya empat anak, tapi putranya sudah meninggal pada tahun 2012.

Pegawai Toko Perhiasan (1990 dan 2015)

Vicki Gracey bekerja sebagai asisten penjualan di sebuah toko perhiasan di Pusat Perbelanjaan Queensgate selama dua tahun. Sejak itu, Vicki pernah bekerja di bar, di toko ritel, di restoran, menjadi penata rambut, dan kini menjadi petugas keberlanjutan sewa. Dia masih tinggal di kota yang sama, sudah menikah, dan punya dua orang anak.

Nobby (1980 dan 2015)

Pada tahun 1980-an, Michael Ross yang berasal dari Skotlandia dan akrab disapa Nobby, tinggal di halte bus selama 10 tahun dalam kondisi mengenaskan setelah rumahnya kebakaran. Beberapa tahun silam, pemerintah setempat membantunya menemukan rumah baru.

Dog dan Tina (1985 dan 2015)

Anak punk, Tina Tarr dan pasangannya, Dog, berfoto di dekat katedral di Peterborough saat Tina masih berumur 18 tahun. Pasangan itu meninggalkan kota ini pada 1990-an dan bepergian bersama. Mereka punya anak kembar, tapi tidak lagi bersama. Kini, Tina tinggal di Dorset dan membuat produk dedalu dan menyelenggarakan lokakarya tenun. Dog bekerja dalam bidang penataan pagar dan berkebun, serta tinggal di Wales Barat Daya. “Aku ingat momen ketika foto itu diambil, itu adalah masa yang indah. Aku mencoba banyak gaya rambut punk selama beberapa tahun,” ucap Tina. Dog menambahkan, “Itu adalah masa-masa yang indah, ketika itu, aku masih punya rambut.”

Sisi Terang/Fotografi/Fotografer Jalanan Ini Mencari Lagi Orang-Orang yang Dia Foto 30 Tahun Lalu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya