Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Fotografer Profesional Ini Mengungkapkan 15 Trik Efektif agar Selalu Tampil Menarik di Foto

----
633

Bonnie Rodríguez adalah seorang jurnalis yang menyediakan jasa fotografi kostumisasi. Akan tetapi, kecintaan yang dimilikinya tak hanya sebatas memotret. Dia sering mengajari orang cara agar tampil fotogenik dengan memberikan contoh-contoh yang dia ambil dari konten media sosialnya. Pada dasarnya, dia membagikan beberapa tips mudah dan menjelaskan bagaimana caranya merasa dan terlihat menarik saat kamu berada di depan kamera. Mulai dari sedikit mengubah pose tubuh, sampai memberikan sentuhan detail penting yang membuat foto kita tampak spesial, Rodríguez telah menemukan berbagai macam cara mudah untuk mengambil dan membuat foto yang menarik. Tapi itulah yang menjadikannya seorang profesional, karena dia paham bagaimana caranya kita bisa memperbagus foto kita dan, untungnya, dia mau membagikan ilmunya kepada kita.

Dari hasil pembicaraan kami dengannya, tim Sisi Terang berhasil mengumpulkan beberapa tips terbaik yang dia gunakan setiap hari agar hasil fotonya menakjubkan. Dia juga membagikan beberapa pose yang berpeluang membuatmu tampak luar biasa! Ayo disimak!

1. Manfaatkan cahaya saat berswafoto.

Pastikan sumber cahaya di sebuah foto berada di depan wajah yang ingin kita abadikan, dalam hal ini, wajah kita jika ingin berswafoto. Ini akan membantu kita mendapatkan foto yang terlihat lebih natural. Hal ini juga akan mempermudah kita dalam proses selanjutnya, seperti saat mengedit dan meningkatkan kualitasnya jika kita menggunakan aplikasi untuk memperkeren hasil foto. Sebaliknya, saat berswafoto dengan sumber cahaya dari belakang, keseluruhan foto akan menjadi gelap, kehilangan detail, dan membuat proses mengedit makin sulit.

2. Temukan dan gunakan garis dalam komposisi foto.

Teknik yang sangat berguna bagi para pria dan wanita ini adalah dengan membuat segitiga menggunakan tubuh. Teknik ini akan memberikan komposisi gambar yang lebih menarik, dan sedap dipandang. Opsi lain yang bisa kita gunakan adalah dengan memakai benda-benda di sekitar untuk membentuk garis frame bagi subjek foto kita, seperti yang terlihat di foto kedua. Di foto ini, kita bisa melihat bagaimana garis yang dibentuk oleh balkon membuat kita lebih memfokuskan pandangan kepada orang yang sedang difoto.

3. Memberikan tampilan yang kuat, bahkan saat duduk.

Saat duduk, kita bisa membuat dua segitiga dengan cara mengangkat badan, seperti yang kamu lihat di pose kedua (gambar sebelah kanan). Dengan begini, kita akan memberikan tampilan yang kuat, meski dalam keadaan kamu duduk. Jika kamu menutupi tubuh, seperti yang terlihat pada pose pertama (gambar sebelah kiri), orang yang melihat akan menganggap kita sebagai orang yang tidak percaya diri karena itulah bahasa tubuh yang kita berikan.

4. Mendapatkan hasil foto seperti majalah mode hanya dengan trik simpel.

Jika kamu ingin terlihat seperti selebritas yang ada di majalah, Rodriguez punya trik mudah yang bisa kamu gunakan: yaitu menggunakan tampilan monokromatik. Kenakan pakaian yang berwarna sama dengan latar belakang foto untuk menciptakan sentuhan profesional.

5. Jangan ragu menggunakan tanganmu untuk memberikan kesan rambut tebal.

Beberapa detail sederhana mampu memberikan perbedaan besar antara foto profesional dan foto biasa. Salah satunya dengan menaruh tanganmu di belakang rambut, untuk memberikan kesan rambut tebal. Trik yang mudah, bukan? Tapi hasilnya luar biasa.

6. Menangkap gerakan.

Foto yang terlihat datar dan tanpa gerakan, seperti yang terlihat di pose pertama (gambar sebelah kiri), cenderung dinilai membosankan. Foto yang bagus merupakan foto yang menangkap gerakan, seperti yang Rodríguez lakukan pada pose kedua (gambar sebelah kanan). Sebagai contoh, untuk melakukan teknik ini, kamu hanya perlu melangkah ke depan satu kali dan mundur satu kali.

7. Membuat lapisan visual.

Daripada hanya menggunakan satu lapisan visual yang datar, gunakanlah lapisan visual yang dalam dengan cara membuat sudut dan garis diagonal. Lihatlah contoh cara berpose 2 gadis di foto (gambar sebelah kanan).

8. Gunakan banyak sudut untuk menajamkan siluet foto.

Saat berpose untuk difoto, akan lebih baik kita berdiri sedikit miring alih-alih lurus menghadap kamera. Hal ini sangat penting jika kamu ingin terlihat lebih ramping.

9. Foto pasangan: poin-poin penting.

tips dasar: berdekatan, salah satunya harus memegang pinggang pasangan, dan pastikan kamu memilih pose yang membentuk segitiga.

10. Gunakan tanganmu untuk membuat gerakan.

Di masa sekarang, berpose tanpa melakukan gerakan apa pun bisa memberikan kesan kaku dan tidak nyaman. Saran sederhana untuk menghindari ini adalah dengan sedikit menggerakan tangan, guna memberikan kesan yang santai dan nyaman.

11. Buat aksesori yang kamu kenakan terlihat mencolok.

Menonjolkan aksesori seperti tas tangan, anting, atau kalung juga bisa membuat fotomu terlihat lebih profesional. Untuk memberikan komposisi yang lebih indah, kamu bisa sedikit mundur ke belakang.

12. Angkat kepalamu sedikit ke atas ketika berbaring.

Salah satu tips saat mengambil foto ketika berbaring adalah dengan tidak berbaring datar di tanah. Dengan sedikit mengangkat kepala, rambutmu akan jatuh secara natural. Kamu juga bisa menambahkan beberapa gerakan tangan, seperti yang kami sampaikan di poin sebelumnya.

13. Perhatikan perbedaan ukuran.

Saat berpose dengan teman yang lebih tinggi, kamu harus menghindari kesan ketidakseimbangan. Cara mudah untuk menghindarinya adalah dengan meminta pihak yang lebih pendek untuk sedikit maju ke depan.

14. Angkat sedikit dagumu untuk foto potret.

Untuk mendapatkan foto potret wajah yang profesional, Rodríguez menyarankan kita untuk sedikit mengangkat dagu (tapi tidak berlebihan) untuk menciptakan kesan yang elegan dan modis.

15. Menciptakan efek air.

Untuk membuat efek pantulan air yang spesial, ikutilah langkah berikut:

  • Tuangkan sedikit air di lantai.

  • Putar balik ponselmu agar bisa menangkap efek yang lebih bagus.

  • Berpose.

Apa kamu punya tips atau trik agar tampak lebih menarik saat difoto? Tuliskan di kolom komentar, ya! Jangan lupa bagikan tips ini kepada teman-temanmu agar mereka bisa terlihat makin menarik saat difoto.

----
633
Bagikan Artikel Ini