Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

7 Keinginan Makan yang Bisa Jadi Petunjuk Soal Kebutuhan Tubuhmu

Kamu mungkin pernah tertidur dan bangun dengan perasaan masih ingin makan cokelat, atau mungkin sulit bagimu menjalani satu hari tanpa makanan tertentu. Mengidam semacam ini bisa saja berarti kamu sedang stres, tapi menurut beberapa peneliti, mungkin juga kamu kekurangan nutrisi.

Kami di Sisi Terang juga kadang sering mengidam dan memutuskan untuk menggali lebih dalam tentang ini. Kami juga mencari tahu soal penyebabnya dan apa saja yang sebenarnya dibutuhkan tubuh.

1. Makanan pedas

Rasa pedas pada makanan umumnya berasal dari cabai. Selain memberi manfaat seperti meningkatkan metabolisme, kandungan cabai yang disebut kapsaisin juga dapat mengurangi rasa nyeri pada persendian serta otot, dan bahkan mengurangi intensitas migrain. Kita mungkin mengonsumsinya tanpa tahu bahwa ternyata bahan ini membuat kita merasa lebih baik.

2. Cokelat hitam (dark chocolate)

Beberapa cokelat hitam mengandung lebih banyak kafein daripada sekaleng Coca-Cola (sekitar 30 mg). Kandungan ini membuat kita melek dan bertenaga karena menstimulasi sistem saraf pusat. Jadi, setiap kali merasa lelah dan mengantuk, wajar saja kalau kamu mengidam sebatang cokelat agar lebih produktif.

Alasan kedua soal kenapa kamu mengidam cokelat hitam adalah karena tubuhmu membutuhkan magnesium. Tapi para peneliti masih belum yakin soal hal ini, karena masih ada produk lain yang mengandung magnesium, contohnya kacang.

3. Selai kacang

Pada umumnya, selai kacang kaya akan nutrisi. Makanan ini mengandung komponen yang digunakan dalam pembuatan obat, umumnya untuk menurunkan tingkat kolesterol.

Mungkin juga kamu mengidam selai kacang karena kekurangan nutrisi. Produk ini adalah sumber protein, antioksidan, lemak, zat besi, magnesium, dan kalsium.

4. Es

Keinginan untuk mengunyah es sering dikaitkan dengan kekurangan zat besi. Ini bisa terjadi dengan atau tanpa anemia. Alasan sebenarnya dari ini belum jelas, tetapi ada pendapat bahwa mengunyah es dapat meningkatkan kewaspadaan jika kamu kekurangan zat besi disertai anemia.

Alasan lain dari mengidam ini adalah stress dan masalah emosi.

5. Pastri

Pastri mengandung karbohidrat sangat tinggi. Kamu akan mudah merasa kenyang setelah memakan sepotong kue karena kalori sebanyak ini bisa memberi energi dalam jumlah besar dengan cepat. Penelitian ini telah menemukan bahwa “waktu umum mengidam karbohidrat” adalah antara pukul 15.30-17.00 setiap hari, sehingga kamu perlu berhati-hati jika sedang menjalani diet khusus.

Selain itu, saat merasa lapar dan ingin makan roti, kue, atau pasta, tubuhmu sedang kekurangan kromium atau nitrogen. Beberapa peneliti juga mengaitkan keinginan makan karbohidrat dengan suasana hati yang menurun dan stres. Memakan kue bisa melepas “hormon bahagia” yang disebut serotonin.

6. Daging dan burger

Jika kamu tiba-tiba mengidam burger, pikirkan apa yang membuat kamu menginginkannya. Mungkin sebenarnya kamu ingin makan daging merah. Daging mengandung banyak protein, jadi mungkin saja tubuhmu kekurangan zat tersebut. Selain itu, daging merah juga mengandung zat besi, zink, dan vitamin B.

Sebuah studi mengungkap bahwa diet kaya protein bisa bantu cegah mengemil berlebihan dan obesitas.

7. Minuman soda

Ketika haus, mungkin kamu ingin minum soda hanya karena rasanya, sebagai ganti air putih biasa. Tetapi, soda mengandung asam fosfat yang mengganggu dan meluluhkan kalsium dan magnesium dari tulangmu. Jika kamu terus minum banyak soda setiap hari, ada kemungkinan kamu kekurangan kedua nutrisi itu.

Semakin banyak minum minuman bersoda, peluang keinginan untuk terus meminumnya akan makin besar.

Kamu biasanya mengidam apa? Bagaimana caramu melawan keinginan makan makanan manis atau pastri?

Bagikan Artikel Ini