Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Apa yang Terjadi Jika Kamu Mengonsumsi Makanan Pedas

----
855

Sebagian makanan terasa sangat pedas, sehingga koki harus mengenakan masker gas ketika memasaknya agar mata mereka tidak perih. Tak diragukan lagi, mengonsumsi makanan pedas membawa pengaruh terhadap seluruh tubuh. Tapi tidak semua orang sadar akan dampak positif dan negatif yang akan dihadapinya.

Kami di Sisi Terang mencari tahu apa yang terjadi terhadap tubuh kita saat kita makan makanan yang pedas.

1. Kamu bisa menurunkan berat badan.

Mengonsumsi makanan pedas adalah cara mudah membakar sedikit kelebihan lemak. Memang tidak ada yang bisa menggantikan olahraga dan makanan sehat, tapi kapsinoid yang ditemukan dalam cabai tidak berbahaya. Kandungan ini telah diketahui dapat meningkatkan pemakaian energi dan menurunkan lemak badan.

2. Toleransimu terhadap rasa sakit akan meningkat.

Ini sulit dipercaya, karena bagi sebagian orang, makan makanan pedas itu sendiri justru menyakitkan. Tapi para ahli menyatakan bahwa kapsaisin bisa membidik zat tertentu dalam otak kita yang bertanggung jawab atas rasa sakit. Dia menipu otak kita untuk mengabaikan rasa sakit, bonus yang menyenangkan bagi mereka yang tidak takut dengan rasa pedas.

3. Sistem imunmu akan meningkat.

Ketika menikmati makanan pedas, tubuhmu menjadi kaya akan antioksidan. Ini terutama berguna di musim pilek, karena antioksidan melindungi kita dari kuman-kuman yang menyerang tubuh kita. Jika kamu sudah merasa kurang sehat, masaklah makanan yang mengandung cabai, agar sistem imun tubuhmu tetap kuat.

4. Ada peluang umurmu akan lebih panjang.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan pedas 6-7 hari per minggu mempunyai angka kematian 14% lebih rendah. Riset ini mengamati para pencinta makanan pedas terlepas dari faktor risiko lainnya, jadi, makanan pedas tidak akan membantu mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat.

5. Konsumsimu terhadap gula akan berkurang.

Bukan rahasia lagi bahwa gula berbahaya bagi kesehatanmu, tapi mengurangi konsumsi gula itu tidak mudah. Para ahli berkata bahwa menambahkan makanan yang pedas pada menu makanmu dari waktu ke waktu bisa membantu melawan keinginan untuk mengonsumsi gula. Seperti halnya minum segelas jus jeruk setelah menggosok gigimusetelah makan pedas, biasanya kita tidak ingin makan yang manis. Alasan yang tepat untuk mengedarkan sambal!

6. Bintil-bintil lidahmu akan menderita.

Lidahmu adalah organ pertama yang akan merasakan konsekuensi negatif dari kegemaran terhadap makan pedas. Lidah akan merasakan sensasi terbakar dan itu bukan hanya perasaan, memang bisa benar-benar terbakar. Karenanya, kamu takkan mampu merasakan berbagai citarasa makanan selengkap sebelumnya, tapi jangan khawatir, ini hanya sementara. Reseptor pengecapmu akan pulih, kecuali kalau makan terlalu banyak makanan pedas setiap hari dalam jangka waktu yang lama.

7. Bisa menimbulkan reaksi alergi.

Sebagian orang berkata bahwa mereka mengalami bengkak wajah dan rasa gatal di pagi hari setelah makan malam yang pedas. Ini bisa terjadi karena ada kemungkinan cabai menyebabkan alergi. Bagi sebagian orang, alergi ini hanyalah reaksi alami tubuh terhadap bumbu. Untuk memahami kenapa ini terjadi dan cara pencegahannya, mungkin harus berkonsultasi kepada dokter.

8. Gangguan perutmu bisa menjadi lebih parah.

Jika perutmu sensitif, mengonsumsi makanan pedas tidak cocok bagimu. Pertama, hal ini bisa menyebabkan diare. Alasannya adalah kapsaisin, yang berdampak positif terhadap tubuh, umumnya menimbulkan iritasi kepada kita. Di samping itu, bisa juga menyebabkan tukak lambung sementara, atau jika memang perutmu sudah bermasalah, ada kemungkinan menjadi lebih parah.

9. Kemungkinan bisa memperparah rasa nyeri terbakar di dada.

Cabai mengandung senyawa beberapa asam dan jika kita mengonsumsinya terlalu banyak, dinding perut kita akan mulai terasa terbakar. Kondisi ini bisa memburuk dan menjadi kronis dalam jangka waktu yang lama. Jadi berlebihan mengonsumsi makanan pedas bukan pilihan terbaik. Jika kamu sudah mengalami rasa nyeri terbakar di dada, cobalah minum susu, atau redakan dengan es krim.

Apa kamu pencinta makanan pedas? Produk makanan terpedas apa yang pernah kamu cicipi?

----
855
Bagikan Artikel Ini