Sisi Terang
Sisi Terang

Inilah 10+ Trik Dapur yang Layak Mendapat Penghargaan Nobel

Baik koki profesional maupun orang yang hobi memasak tahu banyak trik yang bisa memudahkan pekerjaan mereka. Terlebih lagi, mereka terus menemukan sesuatu yang baru atau berhasil menemukan kembali trik-trik lama untuk mereka sendiri.

Kami di Sisi Terang menjelajah media sosial hampir setiap hari untuk mencari sesuatu yang luar biasa. Kami memeriksa semua trik memasak sendiri dan berpikir bahwa kamu akan mulai menggunakannya dalam rutinitas sehari-harimu sesegera mungkin.

Tutup bisa aman diletakkan di pancinya.

Saat memasak, kita harus sering membuka tutup panci, dan saat itulah kita mulai mencari tempat untuk menaruhnya. Jika kamu letakkan terbuka ke atas, tutup panci akan berguling, tapi jika kamu letakkan menutup ke bawah, uap air dan lemak dari tutup akan mengotori meja. Cobalah letakkan tutup di atas gagang panci, dengan mengaitkannya pada tepi panci. Jangan takut, panci dan tutupnya akan stabil, sekali pun pancinya kosong.

Pemotong apel cocok untuk memotong jamur.

Pemotong apel tidak hanya bisa untuk memotong buah-buahan, tapi juga jamur. Yang harus kamu lakukan hanya menempatkan kaki jamur di tengah pemotong dan menekannya.

Kamu juga bisa mengiris jamur dengan bantuan tusuk sate.

Cara lain mengiris jamur dalam jumlah banyak sekaligus adalah dengan menusuknya menggunakan tusuk sate dan iris tudung jamurnya dengan pisau. Begitu sampai pada tusuk sate, putar, dan lanjutkan memotong sisi yang satunya.

Kantong dan botol bisa untuk menyimpan produk massal.

Jika kamu kehabisan wadah untuk menyimpan produk kering, atau jika kamu akan pergi mendaki dan tidak ingin membawa wadah tambahan, tuang sereal atau gulamu ke dalam kantong plastik, potong bagian atas botol air minum atau botol minuman lainnya, dan tarik bagian atas kantong melalui leher botol. Buka tepi kantong plastik dan pasang tutup di atasnya.

Kamu tidak perlu membuang cincin botol minyak sayur.

Kita sering membuang cincin saat membuka botol minyak sayur baru. Tapi cincin ini bisa membantu kita menghemat minyak goreng, lho. Yang harus kamu lakukan hanya pasangkan cincinnya menghadap ke bawah dan selipkan di salah satu gigi tutup botol, dengan meninggalkan satu celah kecil. Ini akan membuat minyak mengalir kecil, bukan dengan aliran yang deras.

Selada, mentimun, dan lemon bisa disegarkan dengan air biasa.

Kamu bisa menyegarkan selada yang agak layu dengan memasukkannya ke dalam wadah berisi air es. Setelah beberapa menit, daun-daunnya akan kembali renyah dan segar. Kamu bisa melakukan hal yang sama dengan mentimun dan setengah lemon.

Kamu bisa memotong buah kiwi dengan kocokan mikser.

Kamu bisa memotong bagian dalam buah kiwi dengan cepat dan rapi dengan bantuan kocokan mikser biasa. Potong buah kiwi menjadi dua, tekan dengan kocokan, dan putar kocokan di dalam buah. Setelah selesai, lepaskan kocokan.

Kamu akan memperoleh telur mata sapi sempurna jika putih dan kuning telurnya dipisahkan.

Jika kamu tidak suka telur mata sapi dengan kuning telur “berlendir”, jangan pecahkan seluruh telur di atas penggorengan. Pertama, pisahkan putih dan kuning telurnya, lalu masukkan putih telur di penggorengan. Setelah putih telur agak matang, tuang kuning di atasnya dengan hati-hati.

Wortel muda bisa dikupas dengan foil.

Gosokkan saja wortel menggunakan selembar aluminium foil yang sudah diremas.

Kamu bisa mengamankan termometer pada panci dengan penjepit.

Mengendalikan suhu cairan selama dimasak terkadang penting, tapi memegang termometer dengan tanganmu sangat tidak nyaman. Berita baiknya adalah termometer bisa diamankan pada panci dengan bantuan sebuah penjepit.

Garpu bisa membantumu meniriskan air dari sekantong nasi tim.

Membuang kelebihan air dari sekantong nasi tim itu mudah jika kamu mengamankannya dengan garpu di keran dapur. Cara ini akan langsung meniriskan semua cairan ke dalam wastafel dan kamu tidak perlu memegangi kantong itu.

Pernahkah kamu menjumpai trik yang tidak memberimu pilihan lain kecuali berseru, “Itu genius!”?

Sisi Terang/Masak-masak/Inilah 10+ Trik Dapur yang Layak Mendapat Penghargaan Nobel
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya