10 Cara agar Serangga Tidak Lagi Menyerang Rumahmu

Apa kamu ingin rumah bebas serangga tapi tidak suka memakai pestisida yang berbau tidak enak? Pestisida kimia sangat beracun dan tidak hanya membasmi serangga, tapi juga berbahaya bagimu dan keluargamu. Penelitian terkini menunjukkan bahwa bahan-bahan kimia ini dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan serius. Artikel ini akan mengajarkan cara menyingkirkan serangga tidak diinginkan yang ada di rumah dengan cara-cara alami yang sama efektifnya seperti memakai bahan kimia, tapi tidak berbahaya bagimu dan keluargamu.

Di Sisi Terang, kami tidak sabar untuk menunjukkan trik-trik yang sangat berguna untuk mengatasi hama rumah tangga ini.

1. Kecoak

Kecoak keluar untuk mencari makan dan air, jadi kamu sangat mungkin tidak akan menjumpai kecoak lagi kalau tidak ada makanan bagi mereka. Kalau itu belum berhasil, buatlah jebakan. Ambil botol plastik minuman yang sudah kosong, potong bagian atasnya, lalu susun seperti yang ditunjukkan dalam gambar di atas, hingga tampak seperti sebuah corong. Rekatkan selotip pada pinggirannya. Tuangkan air ke dalamnya dan taruh jebakan di tempat kecoak sering muncul. Kecoak akan bisa masuk ke botol, tapi tidak bisa keluar. Cara ini menangkap kecoak secara satu per satu, tapi tidak berdampak terhadap sarangnya.

2. Lalat buah

Lalat buah yang mengganggu ini sangat sering muncul di rumah, itu sebabnya kami ingin menunjukkan kepadamu cara membuat jebakan untuk menyingkirkannya. Tuang setengah cup cuka apel ke dalam stoples kaca, beri sedikit potongan buah yang sudah masak atau busuk, gulung selembar kertas membentuk corong, dan letakkan di bagian atas stoples untuk membuat jebakan lalat buah. Tempatkan jebakan di area yang dikerubuti lalat buah dan biarkan semalaman. Pastikan untuk membuang jebakan berisi serangga itu.

3. Nyamuk

Minyak esensial serai wangi dan serai dikenal sebagai pengusir nyamuk. Gunakan lilin minyak esensial atau difuser untuk menjauhkan makhluk menjengkelkan itu. Kamu bahkan bisa membuat lilin sendiri. Cara lain memakainya adalah dengan melelehkan sedikit minyak kelapa, tambahkan beberapa tetes minyak esensial dan aduk rata, tunggu sampai mengeras, lalu gosokkan ke kulit. Tapi ingat, jangan pernah mengoleskan minyak esensial murni pada kulit.

4. Lalat

Hal utama yang harus kamu ingat adalah lalat benci lavender! Ambil spons atau kain kecil dan rendam dalam minyak esensial lavender murni, masukkan spons ke dalam stoples kecil, lalu tinggalkan tanpa ditutup di suatu tempat di dalam rumah. Lalat tidak akan menyukaimu karenanya dan itu yang kamu inginkan! Kamu juga bisa membuat semprotan yang mengandung minyak lavender dengan menambahkan sekitar 30 tetes minyak esensial lavender ke dalam botol semprot kecil berisi air. Ingat, hindari kontak antara kulit dengan minyak esensial murni.

Ada beberapa opsi lain jika kamu ingin mencoba cara lain untuk menyingkirkan serangga mengganggu itu.

5. Semut

Campurkan 1 sendok teh alkohol luka, 1 sendok teh sabun cuci piring cair, dan 1 cup air, lalu tuang ke dalam botol semprot kecil. Kocok sampai mulai berbusa, dan semprot area tempat kamu menemukan jejak semut. Berkat alkohol, semut akan menjauh.

6. Lebah kayu

Lebah kayu adalah polinator dan penting bagi banyak tumbuhan liar. Jika di rumahmu terdapat sarang lebah kayu, ada baiknya kamu menghubungi peternak lebah lokal yang akan sangat senang menyingkirkannya dari rumahmu alih-alih membunuhnya. Jika opsi ini tidak memungkinkan, semprot area yang diserang dengan semprotan minyak jeruk. Masukkan kulit berbagai buah jeruk (seperti limau gedang, lemon, mandarin, jeruk nipis, dan jeruk keprok) ke dalam air dan rebus selama 10-15 menit. Masukkan ke botol semprot dan semprotkan ke lubang lebah kayu. Seperti banyak serangga lain, lebah kayu benar-benar tidak suka minyak jeruk.

7. Tawon

Pencegahan selalu jadi cara termudah untuk menyingkirkan serangga. Tawon sangat bersifat teritorial, jadi hiasan berbentuk sarang tawon palsu di rumahmu sangat mungkin bisa memecahkan masalahmu bahkan sebelum terjadi. Untuk menyingkirkan tawon kalau sudah membuat sarang di rumahmu, campurkan dua sendok makan sabun cuci piring cair dengan air dan masukkan ke botol semprot. Semprotkan langsung pada sarangnya. Menurut ahlinya, ini akan langsung membunuh tawon.

8. Laba-laba

Laba-laba membenci aroma minyak tea tree. Campurkan ½ cangkir air, ½ cangkir cuka, dan beberapa tetes minyak esensial tea tree, lalu semprotkan di sudut mana saja serta lemari pakaian di rumahmu.

9. Kutu busuk

Tambahkan 10 tetes minyak esensial eukaliptus ke dalam 1 cup air, kocok sampai rata, dan tuang ke dalam botol semprot. Semprot kasur dan tempat tidurmu untuk mengusir kutu busuk.

Kalau kamu sering bepergian, ada baiknya untuk selalu membawa minyak esensial eukaliptus di dalam tasmu. Tuang beberapa tetes minyak eukaliptus pada tisu dan usap kasur kamar hotelmu untuk berjaga-jaga.

10. Kutu busuk stink bug

Cara termudah menyingkirkan makhluk kecil bau ini adalah dengan semprotan bawang putih. Campurkan 2 cup air dengan 4 sendok teh bubuk bawang putih, kocok hingga merata, lalu semprot tanaman serta area di sekitar jendelamu untuk menjauhkan mereka.

Perlu diingat bahwa mencegah munculnya serangga selalu lebih mudah dibanding harus mengatasi serangannya. Apa kamu punya trik tersendiri untuk membuat rumahmu bebas serangga? Beri tahu kami di kolom komentar dan bagikan artikel ini kepada teman-temanmu, ya.

Bagikan Artikel Ini