Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

10 Cara Membuat Kamar Mandi Wangi Tanpa Pengharum Ruangan

----
394

Menjaga kebersihan rumah adalah tugas yang sangat penting tapi sulit. Itu membutuhkan usaha terus-menerus, dan saat kamu pikir akhirnya kamu selesai, noda aneh atau bau tidak sedap muncul. Biasanya, orang-orang tidak mau membersihkan kamar mandi. Namun, itu bisa menjadi tugas paling mudah—jika kamu menggunakan kiat ini. Bahkan, kamar mandi bisa menjadi ruangan wangi dan menyenangkan yang tidak akan membuat orang-orang mengeluh untuk membersihkannya lagi.

Di Sisi Terang, kami sudah mengumpulkan informasi dan menyusun 10 kiat hebat untuk membantumu menjaga kamar mandi tetap wangi.

1. Handuk harus kering.

Menyimpan handuk saat masih basah di ruangan mana pun di rumahmu adalah ide buruk. Tapi jika kamu melakukannya di kamar mandi, itu sangat buruk karena kamar mandi adalah ruangan yang sangat lembap. Sebaiknya jemur handuk tepat setelah menggunakannya di bawah sinar matahari. Lalu, kamu bisa menggantungnya lagi di kamar mandi saat handuk agak kering, tapi sebaiknya kamu simpan di tempat yang lebih kering. Selain itu, handuk juga harus sering dicuci dan disimpan dengan cara digantung, bukan dilipat.

2. Manfaatkan kekuatan asam dari lemon.

Lemon adalah salah satu teman baikmu untuk bersih-bersih dan menyingkirkan bau tak sedap. Selain meninggalkan aroma menyegarkan dan menetralkan bau busuk, lemon adalah pembersih alami yang kuat. Manfaat ini didapat dari tingginya asam sitrat yang dikandung lemon. Idealnya, cara menggunakan lemon adalah menggosokkannya ke seluruh kamar mandi setelah dibersihkan dengan cairan pembersih sehari-hari. Dengan cara ini, efeknya akan lebih awet di permukaan dan manfaatnya akan terlihat.

3. Buat ruangan harum dengan minyak.

Minyak aromatik adalah alat bagus untuk membuat rumah harum dan menghindari aroma tak sedap. Ini juga berlaku untuk kamar mandi. Kunci menggunakan minyak aromatik di ruangan ini adalah merendam kapas dalam baby oil—atau minyak esensial lain pilihanmu—lalu letakkan di sekeliling kamar mandi. Misalnya, kamu bisa meletakkannya di dalam keranjang sampah sebelum memasukkan keresek agar setiap kali kamu membukanya, ruangan akan dipenuhi aroma menyenangkan. Tempat lainnya adalah di gulungan tisu toilet atau mug yang kamu gunakan untuk menyimpan sikat gigi.

4. Campur air dan pelembut.

Satu lagi kiat bagus untuk memastikan handukmu selalu wangi, terutama handuk yang paling sering kamu gunakan (seperti handuk tangan dan sebagainya). Karena handuk ini sering terpapar bau tak sedap dan bakteri dari kulit, kamu bisa menyemprotkan campuran air dan pelembut pakaian. Campuran air, soda kue, dan pelembut pakaian bisa juga digunakan sebagai pengharum ruangan.

5. Gunakan soda kue.

Soda kue adalah satu lagi produk pembersih yang selalu bisa kita andalkan. Soda kue sudah dikenal mampu menyingkirkan kotoran dan bau tak sedap yang paling kuat sekalipun. Idealnya, kamu sebaiknya menggunakannya dalam rutinitas bersih-bersihmu dengan mencampurnya bersama air mendidih. Lalu, kamu bisa menggunakan campuran itu dengan menuangkannya pada permukaan yang ingin kamu bersihkan. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya. Jika kamu ingin hasil maksimal, kamu bisa campurkan metode ini dengan saran kebersihan nomor 2.

6. Buat parfum untuk sikat toilet.

Terlepas dari apa yang banyak orang percaya, sikat toilet tidak selamanya kotor dan bau. Sebaliknya, sikat toilet bisa menjadi cara bagus untuk membuat kamar mandimu harum. Faktanya, salah satu kiat rahasia dan paling efektif yang digunakan pemilik hotel adalah memberi pewangi pada sikat toilet. Ya, kamu tidak salah baca, mereka memberi pewangi pada sikat toilet. Setelah selesai bersih-bersih, sebaiknya tambahkan beberapa tetes minyak esensial pada sikat agar menguap sedikit demi sedikit sekaligus menyebarkan wangi sedap.

7. Taruh sabun aromatik di kamar mandi.

Hal terpenting yang perlu kamu pertimbangkan saat memikirkan aroma kamar mandi adalah pilihan sabun yang kamu gunakan. Bergantung selera, kamu mungkin akan memilih menggunakan sabun tanpa pewangi atau kombinasi berbagai sabun wangi. Bagaimanapun, sudah jelas bahwa aroma yang dikeluarkan akan memengaruhi aroma kamar mandi. Jika kamu ingin ruangan wangi, pilih sabun dengan pewangi, terutama jika itu akan diletakkan di tempat terbuka, seperti wastafel misalnya.

8. Tuangkan detergen ke tangki kloset.

Selain semua produk yang tersedia untuk membuat air yang mengalir lewat kloset lebih wangi, ada juga sedikit kiat yang bisa kamu gunakan untuk membuatnya sangat harum. Tuangkan sedikit detergen (tentu saja yang harum) ke dalam air yang akan keluar saat kamu menekan tombol siram. Dengan begitu, aroma wangi akan menyebar dan bertahan lebih lama di udara.

9. Buat pengharum ruangan sendiri.

Belakangan ini, membuat pengharum ruangan sendiri telah menjadi semacam tren yang banyak orang lakukan, terutama karena ide itu sangat praktis dan murah dibandingkan dengan membeli produk pasaran. Membuat pengharum ruangan sendiri sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya butuh botol kaca yang bagus, stik, air, alkohol, dan minyak esensial favoritmu. Jika kamu belum memutuskan minyak mana yang paling kamu suka, kami sudah membuat daftar minyak paling populer yang biasa digunakan orang-orang untuk membuat rumah mereka wangi.

  • Lavender
  • Tea tree
  • Eukaliptus
  • Pepermin
  • Jeruk manis
  • Serai

10. Pastikan ada pertukaran udara setiap hari.

Selain semua yang telah disebutkan di atas, kiat paling sederhana dan paling sehat adalah yang paling jelas: biarkan terjadi pertukaran udara di kamar mandi. Membiarkan udara masuk ke kamar mandi akan mengeluarkan bau tidak sedap. Kamu disarankan membuka jendela setiap hari setidaknya 15 menit, yang menurut perusahaan listrik seharusnya cukup untuk memastikan udara segar masuk. Kamu bukan hanya akan menghirup udara yang lebih baik, tapi virus atau bakteri yang mungkin terkumpul sejak kali terakhir kamu membuka jendela juga akan hilang.

Kamu punya kiat lain untuk membuat kamar mandimu wangi?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Depositphotos.com
----
394
Bagikan Artikel Ini