Sisi Terang
Sisi Terang

10+ Tanaman Hias Berkekuatan Super yang Bisa Memperindah Rumahmu

Interaksi antara tanaman dan manusia telah terbukti sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Tidak hanya berguna sebagai pengobatan tradisional yang masyhur, seperti teh dan krim tubuh, tetapi tanaman juga berguna untuk kesehatan mental dan relaksasi kita secara keseluruhan.

Sisi Terang mendorong gaya hidup yang mengutamakan tubuh dan pikiran yang sehat sehingga tanaman-tanaman berkekuatan super berikut adalah jawabannya.

1. Nanas Bromeliad

Air: Setiap 3-5 minggu.

Cahaya: Tanaman ini tumbuh subur di bawah sinar matahari yang terang dan langsung.

Suhu: Sekitar 18 °C.

Kekuatan Super: Nanas bromeliad bukan hanya sekadar hiasan indah untuk rumahmu, tetapi tanaman ini juga memproduksi oksigen di malam hari! Selain itu, aroma uniknya merupakan enzim antiinflamasi yang disebut bromelain, yang membantu mengatasi sinusitis dan mendengkur.

2. Pohon Dolar

Air: Pohon dolar biasanya perlu disiram setiap 2-3 minggu, pastikan tanah benar-benar kering sebelum mencoba menyiramnya lagi.

Cahaya: Bisa menoleransi kondisi cahaya terang, sedang, dan rendah.

Suhu: Sebaiknya menjaga suhu di sekitar 18 °C.

Kekuatan Super: Pohon dolar memiliki manfaat luar biasa, seperti memurnikan udara dan membuang racun seperti toluena dan xilena dari atmosfer. Menurut teori Feng Shui, tanaman ini juga dapat membawa keberuntungan dan kekayaan yang baik.

3. Kaktus Apel Peru

Air: Tanaman ini harus disiram secara menyeluruh selama fase pertumbuhannya dan hanya perlu disiram sedikit selama cuaca dingin.

Cahaya: Tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya terang.

Suhu: Sekitar 16 °C.

Kekuatan Super: Kaktus apel peru sangat baik dalam mengurangi radiasi dan menyerap gelombang elektromagnetik, membuatnya berguna di ruangan yang penuh dengan perangkat komputer, TV, dll.

4. Venus Flytrap

Air: Tanah harus selalu lembap, disiram setiap 2 atau 3 hari sekali.

Cahaya: Sinar matahari penuh.

Suhu: Sekitar 15 °C.

Kekuatan Super: Tanaman venus flytrap bisa mengusir semua tamu yang tak diundang di rumahmu, seperti lalat, semut, kumbang, laba-laba, dll. Tanaman ini juga bisa dijadikan obat untuk berbagai penyakit.

5. Lavender

Air: Tanaman lavender harus disiram terus-menerus selama cuaca panas, jadi pastikan supaya tidak benar-benar kering. Setelah itu, tidak perlu banyak disiram, kecuali jika mengalami kondisi kekeringan yang parah.

Cahaya: Cahaya penuh diperlukan.

Suhu: Dapat bertahan di berbagai suhu.

Kekuatan Super: Aromanya bisa membantu tubuh untuk lebih mudah tidur. Selain itu, lavender merupakan bahan yang bagus untuk teh atau masakan. Lagi pula, zat minyak yang terkandung dalam lavender bisa diekstraksi untuk diolah menjadi sabun.

6. Lidah Buaya

Air: Lidah buaya harus disiram setiap 2-3 minggu di musim semi dan frekuensi penyiramannya bisa dikurangi selama musim gugur dan cuaca dingin.

Cahaya: Cahaya terang, tidak langsung, atau cahaya buatan.

Suhu: Antara 13 °C dan 27 °C.

Kekuatan Super: Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang paling terkenal dan memiliki banyak khasiat. Tanaman ini sering digunakan untuk menyembuhkan luka dan masalah kulit, serta menurunkan kadar gula darah dan mengurangi plak gigi. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung sifat antioksidan dan antibakteri.

7. Lidah Mertua

Air: Tanaman ini tidak perlu banyak disiram, terutama saat cuaca dingin. Dalam kondisi ini, lidah mertua bisa disiram sebulan sekali dan biarkan tanah mengering sebelum disiram lagi.

Cahaya: Lidah mertua sebaiknya ditaruh di bawah sinar matahari tidak langsung.

Suhu: Sebaiknya dijaga pada suhu antara 20 °C hingga 30 °C.

Kekuatan Super: Lidah mertua dikenal bisa menghilangkan racun dari udara, seperti formaldehida dan benzena, yang tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan tanaman lainnya!

8. Monstera

Air: Monstera harus tetap lembap, jadi masukkan jarimu ke dalam tanah sesekali, lalu periksalah kondisinya. Sirami tanamanmu sampai sebagian air keluar melalui lubang pot.

Cahaya: Terang, sinar matahari tidak langsung.

Suhu: 15 °C hingga 29 °C

Kekuatan Super: Monstera dikenal karena daunnya yang unik dan berlubang. Karena lubang-lubang tersebut, tanaman ini sangat bagus dalam hal menyaring cahaya.

9. Pegagan

Air: Setelah ditanam, pegagan perlu disiram secara konsisten karena tanah harus selalu dalam keadaan lembap.

Cahaya: Bisa tumbuh di mana saja, bahkan di tempat yang teduh sekalipun.

Suhu: Pegagan harus dijauhkan dari daerah yang hangat maupun lembap.

Kekuatan Super: Tanaman kecil ini memiliki berbagai khasiat, terutama berkaitan dengan memori. Di antara beberapa klaim, tanaman ini dikatakan bisa mengobati: penyakit Alzheimer, kecemasan, stres, sirkulasi, pembengkakan, insomnia, dll.

10. Kava

Air: Tanaman ini tumbuh subur di iklim dengan curah hujan yang tinggi sehingga harus banyak disiram.

Cahaya: Disarankan di tempat yang teduh.

Suhu: Suhu hangat merupakan lingkungan yang baik untuk tanaman kava.

Kekuatan Super: Sama halnya dengan pegagan, kava berkhasiat untuk menangani masalah pikiran dan tubuh. Tanaman ini telah terbukti secara medis bisa membantu mengatasi migrain, depresi, psikosis, nyeri otot, dll. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk mencegah kanker.

11. Jahe

Air: Jahe harus disiram sedikit setelah ditanam. Jangan biarkan tanah benar-benar kering, dan siram secara teratur.

Cahaya: Jahe seringnya berada di dalam tanah, tetapi juga membutuhkan sedikit paparan sinar matahari setiap hari.

Suhu: Sekitar 22 °C hingga 25 ºC.

Kekuatan Super: Jahe sangat bagus untuk pencernaan. Selain itu, jahe bisa membantu mengatasi mual, nyeri haid, menurunkan kadar kolesterol, dan masih banyak lagi.

12. Kamomil

Air: Kamomil muda harus disiram seminggu sekali. Seiring bertambahnya usia, tanaman ini tidak apa-apa jika tidak disiram dengan teratur karena tanaman ini bisa bertahan dalam kondisi kering sekalipun.

Cahaya: Kamomil sebaiknya ditanam di area teduh, tetapi juga bisa di bawah sinar matahari penuh.

Suhu: Sekitar 15 °C hingga hingga 20 °C.

Kekuatan Super: Kamomil terkenal karena bisa diolah untuk membuat teh luar biasa yang berkhasiat untuk menyembuhkan gangguan pencernaan. Selain itu, tanaman ini juga membantu relaksasi.

Apakah kamu memiliki tanaman yang punya kekuatan super? Apakah ada lagi yang kami lewatkan?

Sisi Terang/Rumah/10+ Tanaman Hias Berkekuatan Super yang Bisa Memperindah Rumahmu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya