Sisi Terang
Sisi Terang

10 Tanaman yang Harus Kita Punya di Rumah untuk Meningkatkan Kesehatan Kita

Tumbuhan sangat penting untuk kehidupan di planet kita karena, melalui fotosintesis, tumbuhan menghasilkan banyak oksigen yang kita gunakan untuk bernapas. Namun, itu bukan satu-satunya fungsi makhluk hidup menakjubkan ini. Sebagian tumbuhan juga mampu membersihkan udara, mengusir serangga, mengobati masalah pernapasan, dan bahkan memperbaiki suasana hati kita.

Orang-orang di Sisi Terang adalah pencinta tanaman. Oleh karena itu, kami menyiapkan artikel ini untuk memberitahumu tanaman mana yang harus ada di rumahmu untuk meningkatkan kesehatanmu.

1. Houseleek

Selain menjadi pajangan untuk mendekorasi rumah, houseleek memiliki khasiat pengobatan yang luar biasa. Zat aktifnya bisa membantu mengatasi diare, mengobati radang di mulut dan di kulit, serta mengobati gatal akibat gigitan serangga.

2. Geranio citronela

Kamu hanya butuh cahaya, tanah bernutrisi, dan saluran air bagus untuk bisa menanam citronella di rumah. Jadi, jika kamu berpikir tidak bisa bercocok tanam, itu tidak akan menjadi alasan di sini, karena tanaman ini sangat mudah dirawat.

Bukan hanya itu, citronella mengeluarkan aroma seperti lemon yang menurut kita harum, tapi menurut serangga tidak. Oleh karena itu, ini bagus untuk mengusir nyamuk, lalat, dan tawon. Letakkan di dalam rumah atau di kebun dan kamu akan terbebas dari gigitan serangga menyebalkan.

3. Dracaena

Kita mungkin berpikir setelah membersihkan rumah secara menyeluruh, rumah kita akan terbebas dari kontaminasi dan kotoran. Namun, ada beberapa produk sehari-hari yang mengeluarkan zat beracun tanpa kita sadari. Misalnya, cat dinding mungkin mengandung benzena, kosmetik bisa dibuat dengan bahan kimia berbahaya, dan sama halnya dengan produk pembersih. Dracaena dianggap tanaman pembersih karena sangat efektif menyerap karbon monoksida dari udara dan menghilangkan benzena.

Letakkan dracaena di ruangan yang sering kamu tempati di rumah atau di tempat yang udaranya perlu dibersihkan. Pastikan ruangan itu hangat dan lembap.

4. Echinacea

Selain cocok untuk menghias rumahmu, echinacea memiliki beberapa manfaat kesehatan. Misalnya, mempercepat penyembuhan luka dan meredakan peradangan. Tanaman ini juga terbukti mengatasi pilek.

5. Lili paris

Kamu mungkin pernah melihat tanaman pita atau malamadre ini di rumah nenekmu. Namun, ini adalah salah satu tanaman yang paling mudah beradaptasi di dunia. Tanaman ini cocok untuk pemula karena mudah dirawat. Namun, ternyata tanaman ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatanmu karena menurunkan tingkat stres dan membersihkan udara.

6. Gardenia

Bunga gardenia sangat cantik sehingga bisa menghias ruangan apa pun di rumah. Ini tanaman yang kebanyakan diletakkan di dalam ruangan dan memberikan aroma harum. Tanaman ini juga memiliki khasiat penenang yang membantu meredakan insomnia, mudah marah, kecemasan, dan mengobati luka, terkilir, serta nyeri otot.

7. Purple queen

Kalau kamu ingin meningkatkan kualitas udara di rumah, tanaman purple queen bisa sangat membantu. Tanaman ini cocok untuk membersihkan udara di dalam rumah karena terbukti menghilangkan partikel berbahaya yang berasal dari berbagai zat kimia. Selain itu, tanaman ini sangat cantik dan dekoratif untuk menambah sentuhan kehidupan dan warna pada area rumahmu.

8. Arnica

Tanaman ini bisa dibilang ajaib. Arnica mengandung banyak manfaat untuk kesehatan kita. Tanaman ini memiliki zat analgesik, antiperadangan, dan antibakteri, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri otot, mencegah memar, dan menghindari infeksi.

9. Anthurium

Tanaman dalam ruangan ini membutuhkan beberapa perawatan untuk tumbuh sehat, tapi tidak sulit dijaga sama sekali. Pastikan tanaman ini mendapat cukup cahaya (tapi jangan cahaya matahari langsung), mendapat kelembapan yang pas di ruangan itu, dan terlindung dari aliran udara. Sebagai gantinya, anthurium akan membantumu membersihkan dan mensterilkan rumahmu karena tanaman ini mampu menyerap zat kimia yang dihasilkan beberapa produk pembersih. Oleh karena itu, anthurium cocok untuk diletakkan di kamar mandi atau di dapur.

10. Hypericum

Hal yang menarik dari hypericum adalah tanaman ini digunakan pada Abad Pertengahan atas kemampuannya menyembuhkan luka. Selain itu, tanaman ini memiliki banyak manfaat lain: memperbaiki suasana hati dan bisa meredakan gejala depresi, serta membantu mengatasi kecemasan, gejala yang berkaitan dengan menopause, dan infeksi virus. Jadi, kalau kamu tidak tahu tanaman mana yang harus kamu tanam lebih dulu di kebunmu, ini adalah pilihan bagus.

Kamu tahu tanaman lain yang punya kekuatan super? Bagaimana cara menggunakannya? Beri tahu kami di kolom komentar.

Sisi Terang/Rumah/10 Tanaman yang Harus Kita Punya di Rumah untuk Meningkatkan Kesehatan Kita
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya