Sisi Terang
Sisi Terang

10 Tips Terbaik dalam Memilih Gorden yang Sempurna untuk Rumahmu

Kita semua ingin kamar atau ruangan lain di rumah kita terlihat bagus. Supaya hal ini bisa tercapai, mungkin saja kita berpikir kalau kita harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membeli perabot mahal atau bahkan membayar para profesional. Tapi ternyata, malah detail kecil yang memberikan perbedaan. Dalam hal ini, gorden bisa menciptakan nuansa ’sebelum dan sesudah’ di rumah kita. Hal penting yang harus diketahui adalah cara memilihnya.

Itulah sebabnya kami di Sisi Terang ingin memberi beberapa tips bagus untuk membantumu memilih gorden yang ideal.

1. Pastikan kamu memilih panjang yang sesuai dengan gayamu.

Hal pertama yang harus diputuskan adalah panjang gorden yang akan dipasang: panjang atau pendek. Hal ini tergantung kepada bentuk jendela juga tinggi dan ukuran ruangan. Meskipun demikian, mengetahui gaya yang kamu pilih, klasik atau modern, bisa sangat membantu.

Gorden pendek merupakan opsi yang sempurna untuk memberi atmosfer modern. Kamu juga bisa melengkapinya dengan kerai. Sebaliknya, jika kamu lebih menyukai gaya klasik, gorden panjang menambah keanggunan dan sentuhan sempurna ke ruangan apa pun.

2. Pilih ukuran yang tepat.

Menurut desainer Suysel dePedro Cunningham, sebelum mengukur gorden, kita harus memutuskan di mana ujung bagian atasnya. Menggantungnya lebih tinggi dibanding kerangka jendela akan memberi ruangan kesan lebih tinggi. Selain itu, gorden pun terhindar dari menyentuh lantai dan menjadi kotor.

Hal lain yang harus diingat adalah saat mengukur lebar jendela, kamu harus menambah 10 sampai 20 sentimeter pada kedua sisinya. Kain tambahan ini akan membantu mencegah cahaya apa pun masuk ke dalam ruangan.

3. Tentukan jenis pencucian gorden sejak awal.

Saat membeli gorden, mengetahui di awal jenis pencucian apa yang kita inginkan akan menghemat waktu dan uang. Kita bisa memilih antara menggunakan mesin cuci, cuci dengan tangan, atau dry clean. Meskipun opsi yang pertama terdengar lebih cepat, kita harus lebih hati-hati, karena lipatan dan jahitannya bisa menyusut saat dicuci.

Kalau ragu, ambil amannya saja dan pilih untuk mengirimkan gorden dan dekorasi lainnya ke penatu. Jika gorden harus dicuci dengan tangan, gunakan air panas atau dingin dan detergen cair yang lembut.

4. Putuskan fungsi utama dari gorden.

Jika privasi adalah hal yang terpenting, kita bisa memilih gorden dalam warna yang gelap atau pekat. Gorden opaque juga bisa membantu tidur nyenyak, karena gorden ini mengurangi cahaya dari luar. Namun, bahan yang tipis menjadi pilihan yang lebih baik jika kita ingin ruangan sejuk yang memberi banyak cahaya alami.

5. Pakailah warna aksen dalam memilih gorden.

Aksen warna digunakan untuk menonjolkan suatu area di ruangan atau aspek dekorasi. Misalnya, sofa di ruang makan atau kepala tempat tidur. Salah satu cara terbaik untuk mencocokkan warna kain dengan ruangan tertentu adalah dengan menggunakan salah satu warna aksen dalam dekorasi. Kita bisa memilih warna aksen suatu objek besar di rumah, seperti furnitur atau karpet, atau bahkan warna dinding, dan mengambil inspirasi dari salah satunya untuk memilih warna gorden.

6. Warna-warna dingin dan hangat yang kontras

Opsi lain untuk memilih warna gorden adalah melihat nada warna yang menonjol di ruanganmu. Warna-warna dingin termasuk biru, hijau, dan violet, memberikan kesan menenangkan dan terlihat intelek. Sebaliknya, warna-warna hangat termasuk kuning, oranye, dan merah, menstimulasi dan memicu perasaan.

Jika warna hangat menonjol di suatu ruangan, pilihlah gorden berwarna dingin, atau sebaliknya. Hal ini bisa meningkatkan suasana hati dan rasa nyaman. Kuncinya adalah keseimbangan.

7. Perhatikan pola kainnya.

Jika kamar memiliki corak berani, lebih baik memilih gorden polos, karena ruangan yang terlalu ramai bisa memberi efek mengalihkan atau tabrakan. Sebaliknya, jika ruangan polos, gorden yang memiliki pola dan corak menambahkan sentuhan gaya dan mengubah jendela menjadi pusat perhatian.

8. Jangan lupakan aksesori.

Sebagai tambahan dari gorden, kita harus memikirkan aksesori yang kita perlukan. Kawat atau tali pengikat gorden merupakan cara bagus untuk menambahkan warna ke ruangan dan membuatnya tetap rapi. Jika kita menginginkan desain yang mempercantik seluruh ruangan, kita akan memberi perhatian lebih kepada gorden dalam ruangan. Kita juga bisa memilih gorden yang punya ekstra dekorasi, seperti tali atau detail lainnya.

9. Pertimbangkan untuk memakai kerai.

Jika jendela yang ingin kita dekorasi memiliki furnitur di bawahnya, seperti tempat tidur atau sofa, kerai mungkin menjadi pilihan yang sempurna. Keuntungan terbesar dalam memilih kerai adalah benda ini memberi penampilan yang lebih bersih dan rapi terhadap ruangan; dan juga memberikan lebih banyak cahaya. Kita bisa memilih yang terbuat dari kayu atau bahkan kain yang sesuai dengan ruangannya.

10. Pertimbangkan penampilan gorden dari luar.

Yang menjadi fokus utama dalam memilih gorden tidak diragukan lagi adalah interior ruangannya. Namun, bukan ide yang buruk untuk mempertimbangkan bagaimana gorden terlihat dari luar. Kita bisa melihat apa warnanya mempercantik eksterior rumah kita dan apa gorden tersebut memberi privasi yang kita perlukan.

Bagaimana gorden di rumahmu? Apa tips desain lain yang selalu berhasil untukmu?

Harap diingat: Artikel ini diupdate pada Desember 2021 untuk memperbaiki materi sumber dan ketidakakuratan faktual.
Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, mariac5353 / Reddit
Sisi Terang/Rumah/10 Tips Terbaik dalam Memilih Gorden yang Sempurna untuk Rumahmu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya